logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Manfaat Minyak Esensial untuk Rambut Lebat dan Cara Aman Pakainya

open-summary

Manfaat minyak esensial untuk rambut dipercaya bisa membuat rambut lebih sehat dan lebat. Berbagai jenis minyak esensial untuk memanjangkan rambut, yakni lavender, peppermint, rosemary, hingga jojoba. Pastikan Anda memakainya dengan aman.


close-summary

5

(2)

16 Des 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Daftar minyak esensial untuk rambut

Beragam jenis minyak esensial yang baik untuk rambut

Table of Content

  • Ragam minyak esensial untuk memanjangkan rambut
  • Tips memakai minyak esensial untuk rambut yang aman

Manfaat minyak esensial semakin dikenal oleh banyak orang. Ya, minyak satu ini kerap digunakan sebagai alternatif pengobatan alami. Dari sekian banyak khasiatnya, manfaat minyak esensial untuk rambut dipercaya bisa membuat rambut lebih sehat dan lebat. 

Advertisement

Apa saja jenis-jenis minyak esensial untuk rambut dan manfaatnya? Bagaimana cara menggunakannya dengan aman? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Ragam minyak esensial untuk memanjangkan rambut

Ada berbagai jenis minyak esensial untuk rambut yang dikenal mampu menumbuhkan rambut. Umumnya, ragam minyak ini digunakan dalam sejumlah produk perawatan rambut. Berikut adalah jenis-jenis minyak esensial untuk rambut lengkap dengan manfaatnya. 

1. Minyak lavender

Salah satu jenis minyak esensial untuk rambut yang umum digunakan, yakni minyak lavender. 

Manfaat minyak lavender dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi pada hewan uji yang dimuat dalam Toxicological Research.

Tak hanya itu, minyak lavender mengandung zat antimikroba dan antibakteri yang dapat menjaga kesehatan kulit kepala.  

Minyak esensial untuk rambut panjang
Gunakan minyak lavender dengan minyak pelarut

Jika tertarik menggunakan minyak esensial untuk memanjangkan rambut ini, pastikan Anda mencampurkan beberapa tetes minyak lavender dengan 3 sendok makan carrier oil atau minyak pelarut, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. 

Aduk campuran minyak tersebut sampai merata. Kemudian, oleskan langsung pada kulit kepala. Diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air. 

Untuk hasil yang maksimal, coba lakukan langkah ini secara berulang dalam sepekan.

2. Minyak peppermint

Minyak peppermint juga dapat merangsang rambut tumbuh lebih lebat selama fase anagen (pertumbuhan) dengan cara meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. 

Pada hasil studi pada hewan uji yang dimuat dalam jurnal Toxicological Research membuktikan bahwa minyak peppermint dapat meningkatkan jumlah dan kedalaman folikel rambut, serta menumbuhkan rambut.

minyak esensial untuk rambut
Minyak peppermint untuk rambut panjang

Jika ingin menggunakan minyak peppermint untuk rambut, cukup campurkan 2 tetes minyak ini dengan minyak pelarut, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Kemudian, aduk merata. 

Oleskan pada kulit kepala seraya memijatnya perlahan. Diamkan selama 5 menit sebelum membersihkannya dengan sampo dan kondisioner.

Namun, menurut National Association for Holistic Aromatherapy, minyak peppermint tidak boleh digunakan saat hamil dan menyusui.

3. Minyak rosemary

Apabila ingin membuat rambut tumbuh lebih lebat, manfaat minyak rosemary bisa Anda coba. Minyak rosemary untuk rambut dapat merangsang rambut berkat kemampuannya dalam meregenerasi sel-sel kulit kepala. 

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam National Library of Medicine, manfaat minyak rosemary untuk rambut tersebut mirip dengan minoxidil yang umum ditemui dalam sejumlah produk penumbuh rambut. Namun, risiko efek samping, seperti kulit kepala gatal, cenderung lebih rendah.

Minyak esensial untuk memanjangkan rambut
Manfaat minyak rosemary bisa cegah rambut rontok

Khasiat minyak rosemary untuk rambut tebal juga bekerja dengan cara merangsang sirkulasi darah sehingga rambut sehat dan lebat bisa tumbuh sekaligus mencegahnya dari kerontokan. 

Tertarik menggunakan minyak rosemary untuk rambut? Coba campurkan beberapa tetes minyak esensial ini dengan carrier oil, seperti minyak zaitun atau minyak pelarut. Aduk merata. 

Lalu, oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan sampo. Lakukan 2 kali sepekan untuk hasil terbaik.

4. Minyak cedarwood

Minyak cedarwood diyakini dapat mempercepat pertumbuhan rambut serta mengurangi masalah rambut rontok dengan cara mengendalikan produksi kelenjar minyak pada kulit kepala.

Tak hanya itu, minyak cedarwood mengandung zat antijamur dan antibakteri yang dapat mengatasi masalah rambut dan kulit kepala lainnya, seperti ketombe. 

Jika penggunaannya dicampurkan dengan minyak lavender dan rosemary, ekstrak cedarwood disebut dapat mengurangi kerontokan rambut pada orang dengan kondisi alopecia areata.

Cukup campurkan beberapa tetes minyak cedarwood dengan 2 sendok makan minyak pelarut. Aduk merata, lalu pijat ke permukaan kulit kepala secara perlahan. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas menggunakan air.

5. Minyak lemongrass

Kondisi rambut yang sehat ditandai dengan tidak adanya masalah ketombe. Nah, sebuah studi yang dimuat dalam Complementary Medicine Research menyebutkan manfaat minyak lemongrass untuk rambut dalam mengusir ketombe secara efektif setelah digunakan selama 7 hari.

Untuk mengurangi ketombe dengan minyak lemongrass, cukup campurkan beberapa tetesnya dengan sampo atau kondisioner. Pijat-pijat kulit kepala Anda. Kemudian, bilas rambut seperti biasa.

6. Tea tree oil

Tahukah Anda jika tea tree oil bermanfaat untuk menumbuhkan rambut lebat? Ya, hal ini tak terlepas dari senyawa antibakteri dan antimikroba di dalamnya.

Saat dioleskan secara langsung pada kulit kepala, minyak ini dapat membuka sumbatan pada folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Anda bisa mencampurkan 10 tetes tea tree oil dengan sampo dan kondisioner yang biasa dipakai. 

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan 3 tetes tea tree oil dengan 2 sendok makan carrier oil. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

7. Minyak ylang-ylang

Bagi Anda yang mengeluhkan masalah kulit kepala kering, tak ada salahnya menggunakan minyak ylang-ylang.

Jenis minyak esensial untuk rambut ini disebut mampu merangsang produksi sebum. Pasalnya, kurangnya produksi minyak alami pada kulit kepala bisa membuat rambut kering dan kusut. 

Nah, penggunaannya secara rutin dapat memperbaiki kondisi rambut sekaligus mengurangi rambut patah.

Anda dapat mencampurkan 5 tetes minyak ylang-ylang dengan 2 sendok makan air hangat, aduk merata. Kemudian, pijat kulit kepala secara perlahan.

Bungkus kepala menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih.

8. Minyak bergamot

Sebuah hasil studi yang dimuat dalam Phytotherapy Research mengemukakan manfaat minyak bergamot dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, menyehatkan kulit kepala, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan pada kulit kepala. 

Pada studi lainnya pada Food Research International disebutkan bahwa minyak bergamot dapat berperan sebagai antibakteri bila dioleskan pada kulit kepala.

9. Minyak jojoba

Manfaat minyak esensial untuk rambut
Minyak jojoba bisa mempercepat tumbuhnya rambut

Manfaat minyak jojoba untuk rambut dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak jojoba merupakan jenis minyak esensial yang berasal dari biji tanaman Zizyphus jujube.

Tips memakai minyak esensial untuk rambut yang aman

Manfaat minyak esensial untuk rambut memang bisa Anda dapatkan. Namun, penting untuk mengetahui cara memakainya dengan aman. Dengan demikian, risiko efek samping penggunaannya dapat diminimalisir. 

Jika ragu-ragu memakainya, Anda bisa mengecek apakah kulit Anda memiliki alergi terhadap salah satu minyak esensial atau tidak terlebih dulu. 

Anda bisa mengoleskan minyak esensial ini pada kulit punggung tangan atau belakang telinga, kemudian tunggu reaksinya selama 2 jam.

Apabila tidak ada reaksi apa-apa pada kulit yang diolesi minyak esensial, maka Anda aman untuk menggunakannya pada rambut.

Cara memakai minyak esensial untuk rambut yang aman, yakni sebagai berikut:

  • Pastikan Anda memilih minyak esensial untuk rambut sesuai jenis kulit. Bagi kamu yang memiliki rambut kering, Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak alpukat untuk melembapkan kulit kepala. Jika rambut berminyak, pilih minyak grapeseed atau minyak almond
  • Setelah memilih salah satu jenis minyak esensial untuk rambut yang akan digunakan, tuang 2-3 tetes minyak dengan 1 sendok makan minyak pelarut. Aduk merata.
  • Oleskan pada kulit kepala seraya memijatnya selama 2-3 menit.
  • Pijat merata ke seluruh bagian rambut di kepala, mulai dari depan samping, tengah, depan, dan belakang.
  • Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air. Anda juga dapat mendiamkannya selama semalaman.

Baca Juga

  • Manfaat Face Mist untuk Wajah dan Pilihan Cara Menggunakannya
  • Mengenal Struktur Kulit Manusia dan Masing-Masing Fungsinya yang Penting
  • Kulit Kepala Gatal? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jika muncul reaksi alergi, seperti kulit kemerahan, gatal, dan perih, segera hentikan penggunaan dan bilas kulit sampai bersih. 

Untuk lebih amannya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakannya. 

Dokter spesialis kulit bisa membantu Anda dalam menentukan apakah Anda cocok memakai minyak esensial untuk rambut atau tidak. Dengan begitu, manfaatnya bisa didapatkan secara aman dan optimal.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat minyak esensial untuk memanjangkan rambut, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

rambut rontokkesehatan kulit kepalakesehatan rambutkulit dan kecantikanpertumbuhan rambut kepalarambut kering

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved