Manfaat Minyak Cengkeh untuk Sakit Gigi dan Cara Membuatnya


Beberapa bahan alami diketahui dapat membantu mengatasi sakit gigi. Minyak cengkeh adalah salah satu yang berguna untuk mengobati sakit gigi karena kandungan senyawa mirip anestesi di dalamnya.

0,0
mengobati sakit gigi dengan mengoleskan minyak cengkehMinyak cengkeh menjadi salah satu cara pengobatan alami untuk sakit gigi
Tidak hanya sebagai bahan masakan, cengkeh ternyata dapat dijadikan sebagai obat pereda nyeri. Jenis rempah satu ini dapat diekstrak menjadi minyak cengkeh yang kerap digunakan untuk mengobati sakit gigi. Efektifkah penggunaan minyak cengkeh untuk sakit gigi?

Manfaat minyak cengkeh untuk sakit gigi

Minyak cengkeh dapat membantu untuk meredakan sakit gigi
Minyak cengkeh dapat membantu untuk meredakan sakit gigi
Beberapa orang kadang lebih memilih bahan alami terlebih dulu ketimbang obat sakit gigi untuk menyembuhkan nyeri yang muncul. Nah, minyak cengkeh disebut dapat berguna untuk menyembuhkan sakit gigi secara alami. Jenis rempah yang banyak ditemukan di kawasan Asia dan Amerika Selatan ini kerap digunakan sebagai obat untuk sakit gigi. Hal ini karena minyak cengkeh memiliki kandungan senyawa kimia aktif eugenol yang diketahui dapat mengurangi rasa sakit dan melawan infeksi. Eugenol merupakan anestesi (obat bius) alami yang membuat mati rasa sejenak dan membantu mengurangi rasa sakit, termasuk meredakan sakit gigi. Selain itu, eugenol juga bersifat antiinflamasi (anti-peradangan) yang dapat mengurangi pembengkakan dan iritasi. Melansir dari Journal of Dentistry, ramuan alami cengkeh terbukti dapat menggantikan benzokain sebagai obat bius. Benzokain sendiri merupakan obat penghilang rasa sakit untuk berbagai masalah mulut ringan, seperti sakit gigi, sariawan, dan sakit tenggorokan. Selain dijadikan minyak, dalam industri manufaktur cengkeh juga kerap digunakan dalam pasta gigi atau obat kumur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan cengkeh dalam pasta gigi dan obat kumur dapat mengurangi plak pada gigi.Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat keampuhan eugenol dalam cengkeh untuk sakit gigi. Pasalnya, Food and Drug Administration (FDA), badan pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat, juga meragukan keampuhan eugenol dalam cengkeh untuk mengatasi berbagai masalah gigi, gusi, dan mulut.  

Adakah efek samping penggunaan minyak cengkeh untuk sakit gigi?

Penggunaan minyak cengkeh sebagai obat luar untuk mengatasi sakit gigi kemungkinan aman digunakan dalam dosis tertentu. Namun, pada beberapa orang, penggunaan minyak cengkeh di gusi atau area mulut terkadang menyebabkan penyakit gusi, pulpa gigi, kulit, dan selaput lendir. Cara menggunakan minyak cengkeh yang dioleskan ke gusi juga memungkinkan risiko minyak tertelan. Jika tertelan, efek samping dari minyak cengkeh yang mungkin muncul, antara lain:
  • Reaksi alergi, seperti kulit kemerahan, bengkak, sulit bernapas
  • Rasa terbakar di hidung dan tenggorokan
  • Sakit perut
  • Diare
Untuk itu, Anda perlu hati-hati dalam menggunakannya. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter terkait penggunaan minyak cengkeh. Terlebih, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain. 

Cara membuat dan menggunakan minyak cengkeh untuk sakit gigi

Cara membuat minyak cengkeh untuk sakit gigi yakni dengan mencampurnya dengan minyak pelarut
Cara membuat minyak cengkeh untuk sakit gigi yakni dengan mencampurnya dengan minyak pelarut
And mungkin bisa mendapatkan minyak cengkeh di toko obat atau toko kosmetik. Dalam penggunaannya, Anda tidak boleh langsung menggunakannya begitu saja ke area mulut. Berikut langkah membuat dan menggunakan minyak cengkeh untuk sakit gigi:
  • Campurkan 2-3 tetes minyak cengkeh atau bubuk cengkeh dengan satu sendok teh minyak zaitun/minyak kelapa/minyak almon.
  • Gunakan kapas atau cotton bud untuk mengoleskan campuran minyak tersebut ke area gigi yang sakit.
  • Hindari mengambil minyak terlalu banyak agar tidak tertelan.
  • Anda dapat mengulangi olesan minyak setiap tiga jam atau sesuai kebutuhan. 

Adakah cara lain untuk mengobati sakit gigi?

Meski minyak cengkeh bisa untuk mengatasi sakit gigi, bukti ilmiah yang mendukungnya belum terlalu banyak. Itu sebabnya, lebih aman jika Anda menggunakan obat pereda nyeri.Namun, akan lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengetahui penyebabnya. Dengan begitu, sakit gigi tidak akan berulang. Selain menggunakan minyak cengkeh yang populer, Anda bisa mengikuti cara mengatasi sakit gigi secara alami, sebagai berikut:
  • Menggunakan minyak peppermint yang mengandung mentol.
  • Berkumur dengan air garam hangat.
  • Membersihkan mulut, jika perlu gunakan obat kumur yang bersifat antiseptik untuk menghilangkan infeksi dan mengurangi efek gigi sensitif.
  • Minum obat sakit gigi, seperti paracetamol atau ibuprofen.
Jika setelah menggunakan minyak cengkeh untuk sakit gigi atau cara lain di atas Anda masih merasakan nyeri dan gusi membengkak, segera hubungi dokter.Anda juga bisa menggunakan fitur chat dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk bertanya seputar cara mengatasi sakit gigi. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
kesehatan gigikesehatan mulutsakit gigigigi berlubang
Medline Plus. https://medlineplus.gov/druginfo/natural/251.html
Diakses pada 8 Juni 2021
Web MD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-8995/anbesol-benzocaine-maximum-strength-mucous-membrane/details
Diakses pada 8 Juni 2021
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/benzocaine-oral-route-oromucosal-route/proper-use/drg-20072824?p=1
Diakses pada 8 Juni 2021
Journal of Dentistry. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0300571206000248
Diakses pada 8 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/clove-oil-toothache#other-treatments
Diakses pada 8 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait