Minyak Atsiri adalah Cairan dari Tumbuhan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

(0)
25 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Minyak atsiri adalah ekstrak dari tumbuhan yang memiliki aroma harum.Minyak atsiri adalah cairan yang berasal dari ekstrak tumbuhan dengan berbagai manfaat.
Minyak atsiri adalah ekstrak dari berbagai macam tumbuhan, yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan.Dikenal juga dengan istilah essential oil, minyak atsiri adalah salah satu bahan utama dalam pengobatan alternatif.Dalam dunia medis, minyak atsiri seringkali diperlakukan sebagai bahan utama dalam metode pengobatan aromaterapi maupun naturopati.Mari mengenal minyak atsiri dan berbagai macam kegunaannya, sebelum merasakan manfaatnya.

Minyak atsiri adalah ekstrak tumbuhan yang bermanfaat

Minyak atsiri
Minyak atsiri adalah cairan ekstrak tumbuhan
Minyak atsiri adalah cairan yang terbuat dari ekstrak berbagai macam tumbuhan. Umumnya, minyak atsiri memiliki aroma yang lebih wangi, dibandingkan tumbuhan dasarnya, karena memiliki bahan aktif yang lebih banyak.Ada dua metode pembuatan minyak atsiri yang populer, yakni melalui penguapan dan cold pressing.
  • Penguapan

Proses pembuatan minyak atsiri yang satu ini mengharuskan berbagai macam tumbuhan masuk ke dalam ruang penguapan. Hal ini bertujuan untuk membuat tumbuhan itu mengeluarkan komponen esensialnya, sehingga dapat dijadikan minyak atsiri.
  • Cold pressing

Cold pressing adalah metode pembuatan minyak atsiri dengan mesin. Tumbuhan yang akan diambil ekstraknya, akan diperas sampai mengeluarkan minyak.Berbagai produsen minyak atsiri biasanya akan mencampurkan ekstrak tumbuhan yang sudah melewati berbagai proses, dengan minyak lainnya , agar dapat digunakan dengan mudah oleh konsumen.Memahami metode pembuatan minyak atsiri sangatlah penting. Dengan begitu, Anda jadi bisa membedakan minyak atsiri murni dan mana yang sudah dicampur dengan bahan kimia lainnya.

Minyak atsiri dan cara kerjanya pada tubuh

Minyak atsiri adalah “obat” utama dalam metode pengobatan aromaterapi. Dalam metode pengobatan ini, minyak atsiri dan aromanya yang wangi akan dihirup oleh pasien, melalui berbagai macam metode.Dalam pengobatan aromaterapi, menghirup aroma minyak atsiri dipercaya dapat memberikan dampak baik bagi sistem limbik (bagian otak yang penting untuk mengingat, hingga mengatur emosi).Tidak hanya itu, sistem limbik juga dipercaya memiliki peran penting pada sistem pernapasan, detak jantung, sampai tekanan darah. Karena alasan inilah banyak orang yang peracaya kalau minyak atsiri bermanfaat untuk kesehatan fisik.Selain dihirup, minyak atsiri juga dapat dioleskan ke kulit. Sebab, beberapa komponen tumbuhan yang dikandung dalam minyak atsiri dapat diserap dengan baik oleh kulit. Namun sayang, berbagai klaim tentang minyak atsiri ini belum didukung dengan penelitian yang kuat.Perlu diingat, minyak atsiri tidak boleh diminum dengan alasan apapun. Sebab, akan ada efek samping berbahaya yang terjadi pada tubuh.

Minyak atsiri yang juga populer di dunia medis

Berbagai macam tumbuhan yang tumbuh di alam bebas, memiliki aroma dan komponen yang berbeda-beda. Itulah sebabnya ada banyak jenis minyak atsiri, dengan manfaat kesehatan yang khas.Meski begitu, ada beberapa minyak atsiri yang sangat populer di dunia kesehatan, di antaranya:
  • Peppermint: untuk meningkatkan energi dan melancarkan sistem pencernaan
  • Lavender: untuk menghilangkan stres
  • Cendana: untuk menenangkan saraf dan membantu lebih fokus
  • Bergamot: untuk mengurangi stres dan mengobati penyakit kulit seperti eksim
  • Mawar: untuk meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan
  • Tea tree: untuk melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh
  • Melati: untuk mengatasi depresi, meningkatkan libido, dan persalinan
  • Lemon: untuk melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan suasana hati, dan mengatasi sakit kepala
Dalam dunia medis, ada lebih dari 90 minyak atsiri yang digunakan untuk mengatasi penyakit. Namun, tentu saja penelitian lebih lanjut masih diperlukan, untuk membuktikan berbagai manfaat minyak atsiri ini.

Manfaat minyak atsiri

Minyak atsiri adalah bahan alami yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Walau demikian, jumlah penelitian yang bisa membuktikannya pun belum banyak.Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak atsiri yang sudah didukung penelitian dengan hasil menjanjikan:

1. Mengatasi stres dan gangguan cemas

Beberapa riset membuktikan, minyak atsiri yang digunakan dalam aromaterapi menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam mengatasi stres dan gangguan cemas.Menariknya, menjalani sesi pijat dengan minyak atsiri, terbukti ampuh dalam memberikan ketenangan. Sayangnya, ketenangan ini hanya dapat dirasakan sesaat.Namun, banyak hasil penelitian mengenai minyak atsiri yang belum menemukan kesimpulan kuat. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk tidak menjadikan minyak atsiri sebagai pengobatan utama untuk stres dan gangguan cemas.

2. Mengobati sakit kepala dan migrain

Minyak atsiri
Minyak atsiri adalah ekstrak tanaman yang bermanfaat
Dalam sebuah riset, mengoleskan minyak atsiri peppermint dan lavender ke kulit, terbukti mampu mengurangi gejala sakit kepala dan migrain.Terlebih lagi, mengoleskan minyak atsiri kamomil ke pelipis, dipercaya ampuh mengobati sakit kepala dan migrain. Metode ini sangat populer di negara Persia.Bagaimanapun juga, penelitian dengan kualitas lebih baik masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat minyak atsiri dalam mengatasi sakit kepala dan migrain.

3. Mengatasi gangguan tidur

Menghirup aroma minyak atsiri lavender terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur para partisipan wanita yang baru saja menjalani persalinan dan pasien penyakit jantung.Sebuah laporan dari 15 riset berbeda menunjukkan, menghirup aroma minyak atsiri lavender memiliki dampak yang sangat baik untuk kualitas tidur.

4. Mengurangi peradangan

Beberapa tes tabung menunjukkan bahwa minyak atsiri ampuh dalam mengatasi masalah peradangan dalam tubuh.Sebuah riset pada hewan uji membuktikan, minyak atsiri oregano dan timi ampuh mengatasi masalah kolitis (peradangan selaput usus besar).Bagaimanapun juga, penelitian pada manusia masih diperlukan untuk membuktikannya.

Efek samping menggunakan minyak atsiri

Hanya karena minyak atsiri terbuat dari bahan alami, bukan berarti tidak ada efek samping. Sebab, produk herbal dan tumbuhan memiliki komponen bioaktif yang bisa membahayakan kesehatan, tak terkecuali minyak atsiri.Saat dihirup atau dioleskan ke kulit, minyak atsiri memang dianggap aman. Namun, pastikan di sekeliling Anda tidak ada anak kecil, ibu hamil, atau hewan peliharaan. Sebab, aroma minyak atsiri mungkin bisa berbahaya bagi kesehatan mereka.Beberapa efek samping minyak atsiri yang perlu diwaspadai adalah:
  • Ruam kulit
  • Serangan asma
  • Sakit kepala
  • Reaksi alergi
Efek samping minyak atsiri yang paling umum adalah ruam kulit. Namun, minyak atsiri juga bisa menimbulkan efek samping lebih serius. Bahkan, ada satu kasus kematian yang diakibatkan oleh minyak atsiri.Selain itu, minyak atsiri yang kaya akan fenol, seperti kayu manis, bisa menimbulkan iritasi kulit. Oleh karena itu, minyak atsiri kayu manis tidak boleh langsung dioleskan ke kulit, tanpa dilarutkan dengan minyak carrier atau minyak tambahan.Belum ada penelitian kuat mengenai efek samping minyak atsiri pada ibu hamil. Maka dari itu, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan minyak atsiri selama Anda mengandung.

Catatan dari SehatQ:

Minyak atsiri adalah ekstrak tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Walau begitu, jangan pernah menggunakan minyak atsiri tanpa persetujuan dari dokter. Sebab, ada kemungkinan munculnya efek samping merugikan, bahkan fatal.
minyak atsirihidup sehataromaterapi
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326732
Diakses pada 11 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-are-essential-oils#what-they-are
Diakses pada 11 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait