10 Minuman Sehat untuk Jantung Ini yang Patut Anda Coba

(0)
04 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Air putih termasuk dalam daftar minuman sehat untuk jantung.Jangan salah, air putih pun masuk dalam daftar panjang minuman sehat untuk jantung.
Memiliki jantung yang kuat merupakan salah satu kunci dari hidup sehat. Selain mengonsumsi buah dan sayuran, ada banyak cara lain yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat organ vital ini, salah satunya mengonsumsi minuman sehat untuk jantung. Minuman apa saja yang dapat membawa manfaat bagi jantung?

Beraneka minuman sehat untuk jantung yang kuat

Menjaga kesehatan jantung harus masuk ke dalam daftar prioritas hidup Anda. Sebab, organ penting ini terus bekerja untuk menyuplai oksigen dan darah kepada jaringan serta organ di seluruh tubuh.Sebagai salah satu upaya untuk memperkuat jantung, cobalah konsumsi berbagai minuman sehat untuk jantung di bawah ini.

1. Air sitrus

Air sitrus adalah air putih yang dicampur dengan potongan buah-buahan sitrus, seperti jeruk dan lemon. Berbagai buah-buahan ini mengandung nutrisi dan senyawa tumbuhan yang baik untuk jantung.Sejumlah studi telah membuktikan, mengonsumsi air perasan buah-buahan sitrus dapat menurunkan tekanan darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Air putih

Air putih adalah minuman sehat untuk jantung yang sering kali dilupakan. Padahal, air putih mampu menghidrasi tubuh dengan baik sehingga fungsi jantung dapat terjaga.Usahakan untuk selalu minum air putih secara rutin untuk menghindari dehidrasi. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kardiovaskuler, contohnya stroke.

3. Teh hibiscus

Teh hibiscus atau teh kembang sepatu terbuat dari dedaunan Hibiscus sabdariffa. Ternyata, minuman ini juga baik untuk jantung karena mengandung antioksidan polifenol. Ekstrak hibiscus bahkan juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol di dalam tubuh.Sebuah riset juga mengungkapkan, 25 partisipan pria yang rutin meminum teh ekstrak hibiscus sebanyak 250 mililiter mengalami peningkatan aliran darah dan tekanan darahnya menurun, dibandingkan hanya mengonsumsi air putih saja.

4. Cokelat hitam

Minuman cokelat hitam hangat yang mengandung kakao juga diyakini baik untuk jantung. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi produk yang mengandung biji kakao dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, serta menurunkan penyakit jantung.Jika Anda ingin membeli minuman cokelat yang mengandung kakao, usahakan cari yang tidak mengandung gula tambahan.

5. Kopi

Kopi adalah minuman sehat untuk jantung
Kopi dipercaya sebagai minuman sehat untuk jantung
Jika Anda pecinta kopi, berbahagialah, karena minuman ini termasuk ke dalam daftar minuman sehat untuk jantung.Sebuah studi berskala besar menyatakan, partisipan yang mengonsumsi 3 cangkir kopi setiap harinya terhindar dari kematian akibat penyakit jantung sebanyak 19 persen, dibandingkan mereka yang tak minum kopi. Namun ingat, usahakan untuk minum kopi yang tidak mengandung tambahan gula.

6. Teh matcha

Tidak hanya lezat, ternyata teh matcha juga baik untuk kesehatan jantung. Sebab, matcha kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), yakni senyawa polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang.Sebuah riset juga menjelaskan, EGCG mampu mencegah aterosklerosis (menumpuknya lemak pada dinding arteri) dan bisa meredakan peradangan serta kerusakan sel.

7. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak merupakan minuman sehat untuk jantung karena kandungan kalsiumnya. Kalsium adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meregulasi kontraksi otot, termasuk detak jantung. Selain itu, kalsium pun juga menstabilkan tekanan darah dan dibutuhkan untuk proses pembekuan darah.

8. Jus pepaya

Meminum jus pepaya atau buahnya secara keseluruhan merupakan salah satu cara untuk menyehatkan jantung Anda. Alasannya, pepaya mengandung likopen, yaitu karotenoid yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.Ditambah lagi, likopen memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang bisa mencegah aterosklerosis dan meningkatkan aliran darah.Berbagai penelitian juga membuktikan, mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kematian akibat penyakit jantung secara signifikan.

9. Jus alpukat

Selain pepaya, jus alpukat juga termasuk dalam minuman sehat untuk jantung. Sebab, buah yang mengandung lemak baik ini bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL), yang merupakan salah satu faktor penyakit jantung.Alpukat juga mengandung kalium, yakni mineral yang baik untuk kesehatan jantung. Faktanya, sebuah alpukat mengandung 975 miligram kalium atau setara dengan 28 persen angka kecukupan gizi (AKG) harian Anda.

10. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman sehat untuk jantung
Teh hijau, si minuman sehat untuk jantung
Teh hijau dipercaya sebagai minuman sehat untuk jantung karena mengandung polifenol dan katekin. Keduanya dapat bertindak sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel, menurunkan peradangan, dan menjaga kesehatan jantung.

Catatan dari SehatQ

Tidak ada salahnya untuk mulai membiasakan konsumsi berbagai minuman sehat untuk jantung di atas secara rutin. Selain itu, lakukan juga pola hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga dan istirahat teratur sehingga kesehatan jantung Anda akan terjaga.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar jantung, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
penyakit jantungsakit jantunghidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-snacks-and-drinks#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 17 Februari 2021
Health Central. https://www.healthcentral.com/article/drink-to-your-heart-top-10-beverages-to-keep-your-heart-healthy
Diakses pada 17 Februari 2021
Economic Times. https://economictimes.indiatimes.com/magazines/panache/not-just-for-bones-calcium-is-crucial-for-cardiac-functioning-too-heres-how-to-ensure-youre-never-deficient/articleshow/64272449.cms?from=mdr#:~:text=%E2%80%9CApart%20from%20being%20responsible%20for,blood%20clotting%2C%E2%80%9D%20she%20said.
Diakses pada 17 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods#TOC_TITLE_HDR_5
Diakses pada 17 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait