10 Minuman Pereda Sakit Kepala Alami yang Ampuh


Terdapat berbagai macam minuman pereda sakit kepala alami yang dipercaya ampuh dan patut untuk Anda coba, mulai dari air putih, jus jeruk, teh jahe, hingga teh peppermint.

0,0
12 Jul 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
minuman pereda sakit kepalaAir putih menjadi salah satu minuman pereda sakit kepala yang penting untuk kesehatan tubuh kita.
Sakit kepala adalah kondisi medis yang sering terjadi. Gangguan emosional, tekanan darah tinggi, cedera fisik, hingga faktor cuaca, termasuk beberapa faktor yang bisa jadi penyebabnya. Selain minum obat resep dari dokter, ada beberapa minuman pereda sakit kepala alami yang dapat Anda coba. Apa saja?

10 minuman pereda sakit kepala alami

Mulai dari air putih hingga teh peppermint, berikut adalah berbagai minuman penghilang sakit kepala alami yang bisa Anda coba.

1. Teh feverfew

Feverfew adalah tanaman herbal yang menurut National Center for Complementary and Integrative Health mampu meredakan gejala sakit kepala migrain, seperti rasa nyeri, sensitif terhadap cahaya, hingga mual.Kabar baiknya, kamu tidak perlu memakan feverfew karena tanaman ini dapat diolah menjadi minuman teh.Akan tetapi, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengonsumsi minuman pereda sakit kepala ini, terutama jika Anda memiliki riwayat alergi. Selain itu, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk tidak meminumnya.

2. Teh peppermint

Teh peppermint dianggap sebagai minuman untuk sakit kepala yang ampuh, terutama jika Anda mengalami rasa nyeri yang tajam di kepala.Manfaat teh peppermint dalam meredakan sakit kepala dapat Anda rasakan dengan cara meminumnya sambil menghirup aromanya yang menenangkan.Sebuah riset yang dirilis dalam jurnal Phytotherapy Research menyebutkan bahwa teh peppermint mampu menunjukkan efek pereda nyeri pada hewan uji. Namun, riset lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikan klaim tersebut.

3. Teh jahe

Selain mampu menghangatkan tubuh, teh jahe juga dipercaya sebagai minuman yang menghilangkan sakit kepala.Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, teh jahe mampu meredakan berbagai serangan sakit kepala migrain, seperti mual dan muntah-muntah.

4. Air putih

Air putih juga masuk dalam daftar minuman penghilang sakit kepala. Dilansir dari Healthline, air putih mampu mencegah dehidrasi yang sering kali mengundang sakit kepala migrain.Cobalah untuk minum air putih secara rutin agar tubuh tetap terhidrasi dan sakit kepala migrain bisa dicegah.

5. Infused water

Sebagian orang mungkin tidak suka dengan rasa air putih. Jika Anda salah satunya, infused water bisa jadi solusi yang tepat.Infused water dianggap dapat membantu Anda dalam mencegah dehidrasi sehingga serangan sakit kepala migrain dapat dicegah.Untuk membuatnya, kamu hanya perlu memotong buah menjadi bagian kecil dan memasukkannya ke dalam air putih. Selain menambah kandungan nutrisinya, rasanya pun menjadi lebih menyegarkan.

6. Susu almond

Susu almond dipercaya sebagai minuman pereda sakit kepala karena mengandung magnesium dan berbagai mineral lainnya.Tidak hanya itu, susu yang rasanya lezat ini juga mengandung salisin yang dapat diubah menjadi asam salisilat dan dianggap mampu meredakan sakit kepala.Jika Anda tidak suka dengan rasa susu almond, Anda juga bisa mengonsumsi kacang almond sebagai alternatifnya.

7. Jus anggur

Kandungan magnesium yang dimiliki jus anggur dipercaya bisa membantu Anda meredakan sakit kepala migrain. Setengah cangkir jus anggur mengandung sekitar 10 miligram magnesium.Magnesium diyakini ampuh dalam meredakan gejala sakit kepala migrain. Saat tubuh kekurangan magnesium, transmisi saraf menjadi tidak teratur sehingga dapat memicu serangan migrain.

8. Jus jeruk

Sama seperti jus anggur, jus jeruk juga mengandung magnesium yang mampu meredakan sakit kepala. Setengah cangkir jus jeruk bahkan mengandung 11 miligram magnesium.Akan tetapi, jika Anda sering mengalami migrain setelah mengonsumsi buah sitrus, ada baiknya hindari jus jeruk.

9. Jus grapefruit

Grapefruit merupakan buah jeruk berukuran besar yang mirip jeruk bali. Ternyata, jus buah grapefruit dipercaya bisa meredakan sakit kepala karena mengandung magnesium.Dibandingkan dengan jeruk biasa, dalam setengah cankir jus grapefruit memiliki kandungan magnesium yang lebih tinggi, yakni 13 miligram.Lagi-lagi, jika Anda pernah mengalami migrain setelah mengonsumsi buah sitrus, ada baiknya hindari jus grapefruit.

10. Smoothie sayuran hijau

Sayur-mayur hijau, seperti bayam, kale, hingga kubis, mengandung vitamin B9 atau folat yang bisa mencegah serangan sakit kepala migrain.Sebuah studi yang dirilis dalam National Library of Medicine menyatakan, folat mampu meredakan migrain.Selain mengonsumsi sayuran hijau secara utuh, Anda juga bisa mengolahnya menjadi smoothie yang lezat.

Catatan dari SehatQ

Meskipun berbagai minuman pereda sakit kepala di atas dianggap ampuh, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat dan benar.Jika Anda ingin bertanya tentang obat-obatan sakit kepala, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
sakit kepalasakit kepala sebelahhidup sehatbuah dan sayuran
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/73936
Diakses pada 27 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/migraine/drinks-for-headaches-and-migraine#feverfew-tea
Diakses pada 27 Juni 2021
The Daily Meal. https://www.thedailymeal.com/drink/11-drinks-will-cure-your-headache/slide-4
Diakses pada 27 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait