Ingin Turunkan Berat Badan? Coba 7 Jenis Minuman Penurun Berat Badan Ini

(15)
Air putih hingga jus sayuran adalah jenis-jenis minuman penurun berat badanBeberapa jenis minuman dianggap sebagai penurun berat badan lantaran manfaat yang dimilikinya 
Orang-orang yang ingin menurunkan berat badan umumnya akan memantau konsumsi makanan yang akan dimakan. Namun, upaya penurunan berat badan tidak hanya memilih dan mengurangi apa yang Anda makan.
Pasalnya, minuman juga berperan penting dalam membantu mengendalikan berat badan. Bahkan, ada beberapa jenis minuman yang dianggap sebagai penurun berat badan lantaran manfaat yang dimilikinya. 

Berbagai minuman penurun berat badan yang bisa dicoba saat diet

Beberapa jenis minuman tertentu dapat membantu meningkatkan laju metabolisme, menimbulkan rasa kenyang, dan mencegah rasa lapar sehingga memicu penurunan berat badan. Berikut adalah minuman penurun berat badan yang bisa Anda coba.

1. Air putih

Air putih adalah jenis minuman menyehatkan yang dapat membantu mengurangi asupan minuman tinggi kalori, mengendalikan nafsu makan, meningkatkan pembakaran lemak dan kalori, hingga melancarkan sistem pencernaan. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa minum air putih sebelum makan dapat membantu mengurangi kalori yang masuk dalam tubuh sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan minum air putih sebelum makan, kapasitas lambung untuk mengonsumsi makanan lain dalam jumlah banyak akan menurun.Penelitian tersebut melibatkan 48 orang dewasa dengan kelebihan berat badan yang minum 500 ml air putih 30 menit sebelum makan. Hasilnya mereka mengalami penurunan berat badan hingga sebesar 44 persen dibandingkan dengan orang yang tidak melakukannya. Itulah sebabnya air putih merupakan salah satu minuman penurun berat badan yang disarankan oleh Anda yang sedang melakukan diet. 

2. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan bernama katekin yang berperan dalam meningkatkan pembakaran lemak sekaligus meningkatkan laju metabolisme tubuh. Guna mendapatkan manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan yang optimal, Anda bisa minum teh hijau berbentuk bubuk yang dikenal dengan matcha. Ini karena matcha memiliki kandungan katekin yang lebih tinggi. Tidak hanya menjadi salah satu minuman penurun berat badan yang diandalkan, teh hijau juga menawarkan sederet manfaat bagi kesehatan. Minum teh hijau secara rutin bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, hingga beberapa jenis penyakit kanker.

3. Teh hitam

Sama seperti teh hijau, teh hitam mengandung senyawa yang dapat membantu penurunan berat badan. Teh hitam adalah jenis teh yang telah melewati serangkaian proses oksidasi lebih banyak sehingga menyebabkan warnanya menjadi lebih gelap dan memiliki cita rasa yang lebih kuat. Jenis minuman ini kaya akan polifenol, yakni senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa polifenol dalam teh hitam dapat mengurangi asupan kalori, menstimulasi proses pemecahan lemak, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.Sebuah hasil studi yang melibatkan 111 orang menunjukkan bahwa partisipan yang minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan berturut-turut mengalami kehilangan lebih banyak berat badan dan ukuran lingkar pinggang yang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang tidak melakukannya. 

4. Teh jahe

Jahe telah lama menjadi jenis rempah-rempah yang bermanfaat dalam menyehatkan sistem pencernaan. Hal ini tak terlepas dari sifat antiradang yang terkandung di dalamnya. Sebuah hasil studi kecil membuktikan bahwa minum teh panas yang dicampur dengan bubuk jahe dapat membantu mengurangi rasa lapar, menimbulkan rasa kenyang, dan meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Kendati demikian, manfaat teh jahe sebagai minuman penurun berat badan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Terlebih ada beberapa jenis minuman jahe mengandung gula yang justru dapat meningkatkan peradangan dan menambah berat badan. 

5. Kopi hitam

Kopi banyak dikonsumsi oleh banyak orang karena dianggap dapat meningkatkan stamina tubuh dan suasana hati. Namun, tahukah Anda bahwa kopi hitam ternyata dapat membantu menurunkan berat badan? Ya, kopi hitam sebenarnya memiliki kalori yang rendah sehingga dapat dikonsumsi sebagai pilihan minuman penurun berat badan. Kopi mengandung kafein yang bersifat sebagai stimulan pada tubuh. Kandungan kafein pada kopi juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi asupan kalori dan meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh. Akan tetapi, kalori di dalam kopi hitam bisa menjadi tinggi apabila Anda minum kopi yang telah ditambahkan sirup, whipped cream, susu tinggi lemak, gula, atau jenis pemanis buatan lainnya. 

6. Jus sayur-sayuran

Sebuah penelitian melibatkan partisipan orang dewasa yang minum 16 ons jus sayuran rendah natrium disertai makan makanan rendah kalori terbukti mengalami penurunan berat badan secara signifikan lebih banyak dibandingkan orang-orang yang tidak melakukannya. Selain itu, pada penelitian lainnya disebutkan bahwa orang yang rutin minum jus sayuran dapat mengalami penurunan berat badan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat. 

7. Susu skim dan susu kedelai

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, minuman rendah kalori dengan  banyak nutrisi adalah jawabannya. Salah satu pilihannya adalah susu skim dan susu kedelai. Susu berbahan dasar nabati umumnya memiliki lebih sedikit kalori dibandingkan susu sapi sehingga dapat membantu menurunkan berat badan Anda. 

Catatan dari SehatQ

Selain minuman penurun berat badan, jangan lupa lengkapi rutinitas diet Anda dengan makanan bergizi serta aktivitas fisik yang cukup agar kesehatan tubuh tetap terjaga meski sedang menurunkan berat badan. Namun, jika Anda merasa ragu untuk minum minuman penurun berat badan sebagai salah satu cara untuk mengurangi kalori dalam tubuh, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
berat badan idealmenurunkan berat badanhidup sehatpola hidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326312.php
Diakses pada 16 Desember 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322296.php#six-reasons-why-drinking-water-may-help-you-lose-weight
Diakses pada 16 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coffee-and-weight-gain#weight-loss
Diakses pada 16 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-drinks#section2
Diakses pada 16 Desember 2019
Web Md. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-best-worst-drinks-weight
Diakses pada 16 Desember 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3408800/
Diakses pada 16 Desember 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2841082/
Diakses pada 16 Desember 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27941615
Diakses pada 16 Desember 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2859815/
Diakses pada 16 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

7 Cara Menaklukkan Pasangan yang Moody

Ketika pasangan cenderung moody, hal ini sangat merusak seluruh suasana. Tapi awas jangan sampai terjebak, hadapi dengan mencari tahu alasan dan selipkan humor di dalamnya. Tidak melakukan konfrontasi juga menjadi cara yang amph menghadapi Si Dia
14 Jun 2020|Azelia Trifiana
Baca selengkapnya
7 Cara Menaklukkan Pasangan yang Moody

Mengenal Halusinogen, Zat Pembuat Halusinasi

Magic mushroom dan LSD adalah beberapa contoh halusinogen yang sering dikonsumsi. Halusinogen merupakan salah satu golongan narkotika yang dapat memicu halusinasi pada penggunanya. Meskipun terdengar menyenangkan, ada efek samping berbahaya yang bisa didapatkan saat mengonsumsi senyawa ini, seperti mengalami psikosis dan bahkan kematian.
09 Mar 2020|Anita Djie
Baca selengkapnya
Mengenal Halusinogen, Zat Pembuat Halusinasi

Cara Merawat Rambut Rusak, Kenali Dulu Apa Pemicunya

Cara merawat rambut rusak tidaklah sesederhana memotongnya lebih pendek saja. Pada kasus yang lebih parah, kerusakan rambut bersifat permanen karena terdiri dari sel kulit mati. Kenali penyebabnya sebelum menentuka cara merawatnya.
06 Jul 2020|Azelia Trifiana
Baca selengkapnya
Cara Merawat Rambut Rusak, Kenali Dulu Apa Pemicunya