logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Daftar Minuman Penambah Berat Badan yang Dapat Dicoba

open-summary

Minuman penambah berat badan umumnya merupakan minuman dengan kandungan kalori yang tinggi sehingga dapat memicu naiknya berat badan. Apakah mengonsumsi minuman penggemuk badan efektif?


close-summary

3.38

(21)

27 Jan 2020

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Protein shake minuman penambah berat badan

Protein shake merupakan salah satu contoh minuman penambah berat badan

Table of Content

  • Minuman penambah berat badan

Banyak orang mendambakan berat badan ideal, termasuk bagi orang yang kurus. Jika Anda adalah salah satunya, Anda dapat mencoba minum minuman penambah berat badan yang dipercaya ampuh menaikkan bobot tubuh secara signifikan.

Advertisement

Sama seperti kegemukan, memiliki tubuh yang terlalu kurus juga bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan. Orang dengan berat badan kurang dari ideal akan lebih rentan mengalami infertilitas, keterlambatan perkembangan, sistem imun yang lemah, osteoporosis, malnutrisi, hingga terkena komplikasi saat harus menjalani operasi.

Baca Juga

  • 7 Cara Menambah Berat Badan Saat Puasa yang Sehat dan Efektif
  • Ini Penyebab Berat Badan Naik Tiba-tiba, Haruskah Dikhawatirkan?
  • 10 Ciri-ciri Berat Badan Bertambah yang Bisa Anda Kenali

Minuman penambah berat badan

Sama halnya dengan menurunkan berat badan, menaikkan angka timbangan pada orang yang terlalu kurus juga tidak mudah. Meski demikian, tetap ada beberapa cara untuk meningkatkan berat badan, salah satunya lewat minuman.

Berikut daftar minuman penambah berat badan yang bisa dicoba agar tubuh cepat gemuk:

1. Minuman berprotein (protein shake)

Minuman berprotein dapat membantu Anda menaikkan berat badan dengan mudah dan efisien. Anda bisa membuatnya sendiri minuman penambah berat badan ini dalam bentuk smoothie dengan menggunakan buah-buahan.

Buah-buahan tersebut juga dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan lain, misalnya cokelat dan pisang, vanila dan berry, hazelnut dan cokelat, apel dan caramel, dan lain-lain. Minuman smoothie biasanya mengandung 400-600 kalori, plus mengandung protein, mineral, dan vitamin.

2. Susu

Minuman penambah berat badan yang satu ini merupakan sumber lemak, protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan kalsium. Kandungan protein dan lemak dalam susu dipercaya mampu menambah lemak dan otot di dalam tubuh. Minumlah susu satu sampai dua kali sehari, sebelum atau sesudah berolahraga.

3. Minuman yang mengandung sereal

Minuman penggemuk badan juga bisa didapatkan dari sereal. Sereal diperkaya vitamin dan mineral, juga mengandung gula dan karbohidrat yang sangat cocok untuk menaikkan berat badan. Pilih minuman sereal yang mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan karena memiliki kalori dan karbohidrat yang sehat, serta nutrisi seperti serat dan antioksidan.

4. Yogurt

Selain menyehatkan saluran cerna, yogurt juga dianggap sebagai minuman penambah berat badan karena mengandung penuh lemak dan protein. Yogurt bisa didapatkan dalam bentuk kemasan minuman dan sangat mudah ditemukan di supermarket hingga minimarket.

Baca juga: Ini Cara Menambah Berat Badan yang Alami dan Sehat

5. Minuman bersuplemen

Cara mudah untuk menambah berat badan adalah mengomsumsi minuman bersuplemen yang biasanya dijual di pasaran. Pasalnya, minuman yang satu ini mengandung vitamin, mineral, dan kaya akan kandungan kalori yang tinggi.

Kandungan gula dari minuman tersebut biasanya telah diatur sehingga tidak perlu khawatir dapat meningkatkan risiko diabetes atau penyakit lainnya. Di Indonesia, biasanya minuman ini berbentuk bubuk atau susu.

6. Jus alpukat

Minuman untuk menambah berat badan salah satunya adalah jus buah Alpukat. Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung lemak sehat. Tidak seperti buah lainnya, alpukat memiliki padat kalori sehingga dapat membantu Anda menambah berat badan.

Dalam satu buah alpukat, terkandung sekitar 322 kalori, 29 gram lemak dan 17 gram serat. Alpukat juga kaya vitamin dan mineral. Nah, Anda bisa membuat jus alpukat sendiri di rumah untuk mendapatkan manfaat ini.

7. Soda

Penelitian dari Harvard University dan Children's Hospital di Boston, dilakukan selama delapan tahun, dengan hampir 50.000 wanita menemukan bahwa wanita yang meningkatkan asupan minuman yang dimaniskan dengan gula, seperti soda atau fruit punch, setidaknya satu gelas per hari dengan jumlah 358 kalori dapat menambah berat badan secara signifikan.

8. Kopi

Minuman penambah berat badan yang satu ini adalah salah satu minuman paling favorit di dunia. Kopi ternyata dapat membantu menambah berat badan karena banyak mengandung kalori, apalagi bila ditambahkan krim di dalamnya.

Sebelum meminum minuman penambah berat badan, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Pasalnya, minuman tersebut biasanya mengandung kadar lemak tinggi yang memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: Jenis Makanan Penambah Berat Badan yang Sehat dan Lezat

Tips menambah berat badan yang sehat agar efektif

Penyebab badan kurus bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun, untuk bisa meningkatkan berat badan secara efektif, caranya yang paling ampuh adalah menambah asupan kalori lebih banyak daripada biasanya.

Cara paling mudah untuk menambah asupan kalori yang disarankan adalah dengan mengonsumsi lebih banyak karbohidrat. Mengonsumsi protein dan lemak sehat pun dapat Anda lakukan untuk menambah berat badan yang sehat.

Sementara itu, frekuensi makan juga perlu Anda sesuaikan. Anda dapat mencoba makan besar sebanyak tiga kali sehari. Namun, jika Anda tidak kuat untuk makan terlalu banyak, Anda bisa membagi porsi makan dengan menambah frekuensinya.

Perhatikan juga keseimbangan menu makanan Anda. Jangan hanya fokus pada jumlah kalori, tapi juga tambahkan serat serta nutrisi-nutrisi lain yang juga penting untuk tubuh.

Selain mengonsumsi minuman penggemuk badan, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk menambah berat badan. Untuk itu, minuman penambah berat badan ini sebaiknya dikonsumsi berbarengan dengan makanan atau diminum 30 menit setelah makan.

Jangan lupa juga untuk tetap aktif berolahraga, terutama olahraga untuk melatih kekuatan. Olahraga bukan hanya dilakukan untuk menguruskan badan, namun juga memastikan kenaikan berat badan yang Anda alami tidak dibarengi dengan meningkatnya risiko penyakit tertentu.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

berat badan idealtambah berat badan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved