8 Minuman Pembersih Paru-paru yang Berpotensi Usir Penyakit

(0)
18 Sep 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Air jahe adalah minuman pembersih paru-paru yang ampuhAir jahe, salah satu minuman pembersih paru-paru yang efektif
Menjaga kesehatan paru-paru bukan hanya soal tidak merokok. Mengonsumsi minuman pembersih paru-paru juga menjadi porsi yang tak bisa dipisahkan dari usaha tersebut.Bahan-bahan alami yang baik untuk paru, jika diminum secara rutin akan membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit di organ pernapasan ini. Apalagi di kala wabah Covid-19 semakin merajalela.

Minuman pembersih paru-paru yang baik dikonsumsi

Minuman pembersih paru-paru memang tidak bisa dijadikan satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan organ yang satu ini. Mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, serta menjalani perilaku hidup bersih dan sehat tetaplah harus dilakukan.Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba mengonsumsi minuman pembersih paru-paru di bawah ini. Sebab selain alami, bahan-bahan di bawah ini juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan yang cukup berlimpah.
Minuman pembersih paru-paru yang ampuh: teh hijau
Teh hijau mengandung katekin yang baik untuk paru-paru

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin yang dapat berperan sebagai komponen antiperadangan serta antioksidan. Kedua peran tersebutlah yang akan membuat paru-paru lebih sehat dan bersih dari berbagai patogen penyebab penyakit.Sebuah penelitian yang dilakukan pada 13.570 orang di Korea Selatan membuktikan bahwa konsumsi teh hijau dua kali sehari, dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) pada subjek yang berusia 40 tahun ke atas.

2. Kopi

Belum banyak yang tahu bahwa kopi termasuk sebagai salah satu minuman pembersih paru-paru. Selain bisa memberikan asupan energi di pagi hari, kopi rupanya juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan paru-paru.Mengonsumsi kopi dinilai dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena penyakit paru-paru.Kopi juga dapat berperan sebagai vasodilasator. Artinya, minuman ini dapat melebarkan pembuluh darah di paru-paru dan meredakan gejala sesak pada penderita asma, setidaknya dalam jangka pendek.
Air putih minuman pembersih paru-paru paling mudah didapat
Air putih bisa menjaga paru-paru tetap bersih

3. Air putih

Minuman pembersih paru-paru selanjutnya adalah air putih. Mengonsumsi air putih tidak hanya mencegah dehidrasi, tapi juga membantu menjaga paru-paru tetap sehat.Air putih akan membuat lendir atau mukus yang terdapat di sepanjang jalur napas, tetap encer, sehingga tidak menyumbat pernapasan. Semakin encer mukus, maka fungsi paru-paru pun akan berjalan semakin baik.

4. Air jahe

Rempah yang satu ini memang sudah terbukti memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dalam hal membersihkan paru-paru. Jahe memiliki sifat antiperadangan yang mampu melindungi organ ini dari berbagai penyebab infeksi pernapasan.Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk air jahe maupun teh jahe. Namun ingat, jangan terlalu banyak menambahkan gula, ya.
Minuman pembersih paru-paru adalah kunyit
Kunyit bisa bantu jaga kesehatan paru-paru

5. Air kunyit

Sama seperti jahe, kunyi juga memiliki sifat antiperadangan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.Rempah ini juga dapat berperan sebagai antioksidan yang bisa menjaga paru-paru agar tetap bersih dan terhindar dari berbagai bakteri maupun virus penyebab penyakit. Antioksidan dalam kunyit juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.Untuk mendapatkan berbagai manfaat kunyit ini, Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkan rempah ini ke dalam makanan. Anda juga bisa membuat air rebusan kunyit yang dicampur dengan sedikit madu untuk menambah rasa.

6. Yogurt

Kandungan kalsium, kalium, fosfor dan selenium dalam yogurt dinilai dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan risiko terjadinya PPOK.Agar dapat menikmati manfaat ini secara maksimal, dengan memilih yogurt tanpa banyak gula tambahan. Anda juga bisa menambahkan yogurt dan mengonsumsinya dengan makanan pembersih paru-paru seperti apel dan blueberry.
Jus selada air minuman pembersih paru-paru
Jus selada air bisa membersihkan paru-paru

7. Jus selada air

Selada air dipercaya dapat membantu meredakan pembengkakan di saluran pernapasan, sekaligus berperan melumasi saluran tersebut agar tetap licin dan tidak tersumbat oleh dahak maupun lendir.Untuk memaksimalkan peran jus selada air sebagai minuman pembersih paru-paru, Anda dapat menambahkan berbagai bahan lain ke dalamnya. Berikut ini resep jus selada air yang dinilai baik untuk kesehatan paru-paru.

• Bahan:

  • 1 genggam selada air
  • 1 buah timun
  • 1 buah lobak turnip
  • 3 batang wortel
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah lemon, diperas

• Cara membuat:

Campurkan semua bahan ke dalam juicer atau blender dan haluskan. Sebelum disajikan ke dalam gelas, saring terlebih dahulu.

8. Jus jeruk dan lemon

Baik jeruk maupun lemon, kaya akan kandungan vitamin C yang bisa bertindak sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh, termasuk paru-paru dari paparan radikal bebas berlebih yang bisa merusak jaringan.Buah-buahan ini juga bisa membantu mengurangi lendir di saluran napas, sehingga membuat Anda jadi lebih mudah bernapas.

Catatan dari SehatQ

Menjaga kebersihan paru-paru adalah hal yang penting untuk mengurangi risiko Anda terkena berbagai penyakit pernapasan. Setelah mengetahui jenis minuman pembersih paru-paru dan cara lain untuk mencapai tujuan ini, Anda pun bisa segera mencobanya.
penyakit paru-parumakanan sehatherbaltanaman obatminum obat
Rush. https://www.rush.edu/health-wellness/discover-health/8-tips-healthy-lungs
Diakses pada 8 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/lung-cleansing-foods
Diakses pada 8 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/ways-to-cleanse-your-lungs
Diakses pada 8 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bronchitis
Diakses pada 8 September 2020
Lung Institute. https://lunginstitute.com/blog/recipes-for-lung-detox/
Diakses pada 8 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait