Minuman Herbal Penghangat Badan untuk Sambut Musim Hujan


Beberapa minuman herbal berguna untuk menghangatkan badan dan berguna saat masuk musim hujan, beberapa di antaranya seperti jahe, beras kencur, dan wedang uwuh.

0,0
24 Sep 2021|Nina Hertiwi Putri
Minuman herbal untuk cegah penyakit saat musim hujan antara lain beras kencur dan wedang uwuhMinuman herbal yang baik untuk daya tahan tubuh antara lain beras kencur dan wedang uwuh
Memasuki musim hujan, minuman yang hangat dapat membantu tubuh lebih nyaman sekaligus menjaga daya tahan tubuh. Anda bisa menikmati minuman hangat yang terbuat dari bahan-bahan herbal berkhasiat, seperti wedang uwuh atau jamu beras kencur.Minuman herbal biasanya jadi andalan untuk menghalau pilek dan flu yang sering mampir di musim pancaroba. Untuk Anda yang punya banyak kesibukan, mengonsumsi minuman ini juga akan membantu tubuh tetap sehat, sehingga produktivitas tidak terganggu.Saat tubuh terasa hangat, Anda pun akan bisa beristirahat dengan lebih nyaman. Istirahat adalah tahap penting yang tak boleh terlewatkan jika Anda ingin meningkatkan imun tubuh yang rentan turun, apalagi saat pergantian musim.

Minuman herbal untuk menghangatkan badan di musim hujan

Minuman herbal sudah sejak lama jadi bagian yang berperan besar dalam menjaga kesehatan masyarakat Indonesia. Khasiatnya juga bukan mitos belaka sebab ada berbagai penelitian yang telah membuktikannya secara ilmiah.
Berikut ini beberapa jenis minuman herbal yang baik untuk menghangatkan sekaligus menjaga tubuh:

1. Wedang jahe

Minuman herbal wedang jahe baik untuk tubuh
Wedang jahe jenis minuman herbal yang baik untuk tubuh
Wedang jahe atau teh jahe adalah minuman herbal yang baik dinikmati saat musim hujan. Selain bisa menghangatkan tubuh, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya.Teh jahe juga akan membantu menenangkan pikiran dan meredakan stres. Stres sendiri merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan pertahanan tubuh Anda.

2. Wedang sereh

Wedang sereh minuman herbal untuk hangatkan badan
Wedang sereh bisa membuat nyaman kala musim hujan
Wedang sereh yang dibuat dengan campuran jahe dan gula merah tak hanya akan memberikan rasa hangat dan manis yang nyaman kala cuaca sedang dingin.Sereh dan jahe adalah rempah yang sama-sama kaya antioksidan. Dengan demikian, minuman herbal ini dapat menurunkan risiko tubuh terkena berbagai penyakit berbahaya, termasuk penyakit jantung dan kanker.Kedua rempah ini juga memiliki sifat antiperadangan, sehingga bisa meredakan penyakit yang disebabkan oleh alergi, infeksi, hingga pola makan yang sehat.

3. Lemon madu

Lemon madu adalah minuman herbal untuk tingkatkan daya tahan tubuh
Lemon dan madu bisa tingkatkan daya tahan tubuh
Minum air perasan lemon yang diseduh dengan air hangat dan dicampur madu adalah salah satu cara alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh.Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon akan meningkatkan sistem imun. Sementara itu, madu merupakan salah satu bahan antibakteri alami yang efektif untuk singkirkan penyebab penyakit di tubuh.

4. Wedang uwuh

Herbadrink wedang uwuh menyehatkan untuk tubuh
Herbadrink wedang uwuh telah bisa meningkatkan daya tahan tubuh
Wedang uwuh adalah salah satu jenis minuman herbal yang sejak lama dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Minuman ini terbuat berbagai macam rempah, seperti jahe, cengkeh, pala dan daun pala, daun secang serta kayu manis.Rasa manisnya didapat dari gula batu yang selalu jadi pendamping. Sementara warna merahnya yang khas, muncul dari sari daun secang.Manfaat wedang uwuh untuk kesehatan didapat dari berbagai rempah yang ada di dalamnya. Jahe, misalnya, telah terbukti secara ilmiah bisa meredakan mual dan nyeri akibat menstruasi. Sementara itu cengkeh memiliki sifat antiperadangan dan dapat meredakan nyeri di tubuh.Anda juga bisa minum wedang uwuh untuk menghangatkan badan dan meredakan gejala masuk angin.Melihat bahan-bahannya yang banyak Anda mungkin berpikir dua kali untuk meminumnya. Namun, Anda tak perlu lagi khawatir.Kini banyak wedang uwuh yang tinggal seduh, seperti Herbadrink Wedang Uwuh. Cukup mencampurnya dengan air hangat, Anda sudah bisa menikmati hangat dan manisnya manfaat minuman herbal ini.

5. Jamu beras kencur

Herbadrink beras kencur baik untuk kebugaran
Herbadrink beras kencur bisa membantu tubuh lebih bugar
Jamu beras kencur adalah salah satu jenis jamu yang paling populer. Tak seperti jamu lain yang cenderung pahit dan kuat, beras kencur punya rasa manis yang lembut di lidah.Jamu beras kencur bisa dinikmati hangat maupun dingin. Namun kalau sedang musim hujan, menikmati segelas jamu beras kencur hangat dapat memberikan rasa nyaman untuk tubuh.Jamu ini dipercaya bisa membuat badan lebih bugar, meredakan nyeri atau linu, dan membuat kulit terlihat lebih kencang.Kini, dengan hadirnya jamu modern Herbadrink Beras Kencur, Anda bisa menikmati beras kencur kapan pun dan di mana pun. Cukup seduh dengan air panas, maka segelas minuman menyehatkan sudah bisa tersaji di depan mata.Meski dikemas dalam bentuk instan yang praktis, minuman herbal dari Herbadrink dibuat dari bahan alami dan tanpa bahan pengawet.Larutannya pun diproses secara khusus menggunakan teknologi modern, sehingga tidak menghasilkan endapan dan lebih nyaman ketika dikonsumsi.

Cara lain meningkatkan daya tahan tubuh saat musim hujan

Selain mengonsumsi minuman herbal yang menyehatkan, Anda juga dapat melakukan langkah lain untuk menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan saat musim hujan, seperti di bawah ini:

1. Konsumsi makanan sehat

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, cara utama yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan sehat yang kaya serat, rendah lemak jahat, serta rendah gula dan garam.Sayuran dan buah adalah jenis makanan yang ideal untuk meningkatkan imun, karena bisa jadi sumber vitamin dan mineral alami.

2. Istirahat yang cukup

Orang dewasa idealnya tidur selama 7 jam per hari. Kurang tidur akan membuat Anda lebih gampang sakit.

3. Olahraga teratur

Olahraga teratur akan meningkatkan daya tahan tubuh karena bisa menurunkan tingkat peradangan di tubuh.Cukup berolahraga ringan selama 30 menit per hari atau 150 menit total dalam seminggu, maka daya tahan tubuh perlahan akan meningkat.

4. Jauhi hal yang membuat stres

Stres bisa membuat tubuh rentan terkena penyakit. Pasalnya, stres dapat memicu terjadinya peradangan di tubuh. Saat tingkat peradangan meningkat, maka kadar imun di tubuh menjadi tidak seimbang.Mengelola stres adalah salah satu kunci penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Saat stres dari pekerjaan maupun kegiatan lain mulai melanda, mulailah lakukan langkah-langkah yang bisa meredakannya, seperti meditasi, melakukan hobi, atau yoga.

5. Banyak minum air putih

Minum air putih memang tidak secara langsung bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, kalau Anda sampai kekurangan cairan dan dehidrasi, ada banyak gejala yang bisa terjadi seperti lemas, gangguan pencernaan, hingga kerusakan ginjal.Gejala-gejala tersebut bisa menurunkan fokus, mood, hingga kebugaran fisik, membuat Anda jadi lebih mudah terkena penyakit.Minuman herbal bisa menjadi solusi untuk Anda yang mengedepankan gaya hidup alami dalam menjaga daya tahan tubuh. Jika konsumsi jamu dan minuman rempah dilakukan rutin dan dijalani bersama dengan pola makan yang sehat dan olahraga teratur, maka musim hujan bisa dilalui tanpa khawatir penyakit mampir.
herbaljamujaheadv herbadrink
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-boost-immune-health
Diakses pada 20 September 2021
Biofarmaka Institut Pertanian Bogor. http://biofarmaka.ipb.ac.id/biofarmaka/2014/33%20Manfaat%20Jamu%20Dan%20Kiat%20Melestarikan%20Jamu%20_%20Diary%20Of%20New%20Mom.pdf
Diakses pada 20 September 2021
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/health-benefits-of-cloves.html
Diakses pada 20 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-ginger#7.-May-significantly-reduce-menstrual-pain
Diakses pada 20 September 2021
Jurnal Riset Daerah Kabupaten Bantul. https://jrd.bantulkab.go.id/wp-content/uploads/2017/11/INOVASI-WEDANG-UWUH-YANG-MEMILIKI-KHASIAT.pdf
Diakses pada 20 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait