Ini Minuman dan Makanan Sehat, untuk Mencegah Kanker Paru-Paru

Makanan untuk mencegah kanker paru-paru, bisa Anda sajikan untuk sajian keluarga
Makanan untuk mencegah kanker paru-paru, bisa Anda sajikan untuk sajian keluarga

Topik mengenai kanker paru-paru kembali menghangat, pascaberpulangnya Bapak Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sepekan yang lalu. Pak Sutopo mengidap kanker paru-paru stadium 4, walau ia bukan seorang perokok.

Penyebab kanker paru-paru memang tak hanya rokok, namun juga beberapa faktor lain, yang dekat dengan kehidupan Anda sehari-hari. Sebut saja, asbes yang sering digunakan sebagai atap rumah, asap dari masakan, dan tentu saja asap dari perokok lain.

[[artikel-terkait]]

Makanan sehat untuk mencegah kanker paru-paru

Menurunkan faktor risiko kanker paru-paru perlu dilakukan, karena mengobatinya sangatlah sulit. Selain dengan berhenti merokok, Anda juga harus menghindari faktor risiko yang telah disebutkan di atas.

Gaya hidup sehat, juga sangat disarankan untuk Anda terapkan. Konsumsi makanan sehat yang dapat menangkal kanker paru-paru, menjadi salah satunya. Berikut beberapa makanan sehat untuk mencegah kanker paru-paru.

  • Bawang putih mentah

Anda juga dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru, dengan konsumsi bawang putih yang mentah. Dalam bawang putih yang belum dimasak, kandungan dialil sulfida, yang menjadi kunci untuk khasiat ini, masih utuh.

Bawang putih memang dikenal sebagai superfood, karena khasiatnya tak hanya untuk kanker paru-paru, namun juga disebutkan dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah, serta meredakan pilek.

  • Sayur brokoli

Sayuran silangan ini memang dikenal memiliki banyak khasiat, dan salah satunya adalah menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Brokoli, seperti layaknya sayur silangan lain, memiliki kandungan glukosinolat, senyawa belerang yang dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru hingga 32%.

Ada beberapa alternatif sayur silangan lain, jika Anda tidak menyukai brokoli, seperti kembang kol, sayur kale, kubis, maupun lobak.

  • Buah apel

Buah yang manis ini kaya akan senyawa flavonoid, yang dapat menangkal risiko kanker paru-paru. Flavonoid, dan kandungan sehat lain di apel, banyak tersimpan pada kulitnya. Sehingga Anda disarankan untuk makan apel, langsung dengan kulitnya.

  • Teh hijau

Khasiat dan manfaat teh hijau memang tak diragukan lagi, sehingga teh ini dikenal sebagai minuman paling sehat di muka bumi. Teh hijau disebutkan dapat menangkal berbagai macam kanker, termasuk kanker paru-paru.

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga dapat mengurangi potensi peradangan pada organ paru-paru. Dengan konsumsi teh hijau dengan rutin, paru-paru Anda dapat bekerja lebih baik dibanding yang tidak.

  • Sayur Bayam

Folat merupakan kandungan sayur bayam, yang disebutkan dapat mencegah kanker paru-paru. Khasiat ini tak hanya bagi Anda yang tidak pernah merokok, namun juga bagi Anda yang dahulunya sering menghisap batang rokok.

Selain folat, sayur bayam juga mengandung lutein. Lutein juga merupakan antioksidan, sehingga dapat menghambat munculnya sel kanker akibat radikal bebas.

  • Ikan

Anda mungkin sudah tak asing lagi, bahwa ikan mengandung omega-3. Asam lemak baik ini sangat baik untuk kesehatan, termasuk menangkal risiko kanker paru-paru. Konsumsi rutin ikan dapat mengurangi risiko kanker paru-paru hingga 21%.

Selain konsumsi makanan sehat, lakukan ini untuk cegah kanker paru-paru

Gaya hidup sehat, untuk menangkal kanker, termasuk kanker paru-paru, tak hanya dengan konsumsi makanan di atas. Beberapa tips berikut, juga bisa Anda terapkan, untuk menurunkan risiko penyakit yang berbahaya ini.

  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Berolahraga teratur, setidaknya 30 menit dalam satu hari
  • Mengurangi asupan garam
  • Menghindari alkohol
  • Tidak mengonsumsi suplemen anti-kanker, karena disebutkan bahwa suplemen vitamin D sebenarnya meningkatkan risiko kanker paru-paru
  • Mengurangi takaran gula dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi
  • Membatasi konsumsi daging merah, seperti daging sapi dan daging babi
  • Menghindari asap rokok, selalu tegas untuk membiarkan orang merokok di dekat Anda
  • Melakukan tes gas radon di rumah, karena gas radon menjadi salah satu pemicu kanker bagi orang yang tidak merokok
  • Menggunakan masker saat keluar rumah, karena dampak pencemaran udara sangat berbahaya, termasuk memicu kanker paru-paru
  • Berhati-hati dengan zat kimia di tempat kerja, terlebih bagi Anda yang berkutat dengan pekerjaan yang dekat penyakit paru-paru

Konsumsi makanan di atas dengan cukup, serta menerapkan tips seperti berolahraga, tentu tak hanya membantu Anda terhindar dari kanker paru-paru. Anda juga dapat menangkal berbagai gangguan medis lain, serta meningkatkan kualitas kesehatan Anda secara keseluruhan.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324483.php
Diakses pada 16 Juli 2019

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/diet-and-lung-cancer-prevention-2249283
Diakses pada 16 Juli 2019

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/superfoods-to-lower-lung-cancer-risk-2249269
Diakses pada 16 Juli 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed