9 Minuman Alternatif Air Putih yang Bisa Jadi Minuman Kesehatan

(0)
16 Jul 2020|Azelia Trifiana
Setelah tidur selama 7-8 jam semalaman, apa minuman yang Anda konsumsi untuk memulai hari? Ada yang memanfaatkannya sebagai waktu terbaik minum kopi, segelas susu, teh hangat, atau air putih. Apapun itu, pilih jenis minuman kesehatan yang baik untuk kesehatan tubuh.Sebisa mungkin, pilih minuman tanpa pemanis tambahan yang bisa meningkatkan risiko menderita diabetes. Jika ingin rasa lebih manis, alternatif seperti madu bisa jadi pilihan sehat.

Minuman kesehatan yang baik untuk tubuh

Terlepas dari bagaimana pembagian asupan cairan sepanjang hari, penting untuk memastikan tubuh tidak mengalami dehidrasi. Beberapa jenis minuman kesehatan alami ini bisa menjadi pilihan, di antaranya

1. Infused water

Dengan hanya menambahkan lemon, stroberi, kiwi, daun mint dengan segelas air putih, Anda sudah punya perpaduan infused water yang menyehatkan. Tak hanya memastikan tubuh terhidrasi dengan baik, infused water juga bisa memperkuat kekebalan tubuh.

2. Air cuka apel

Jika ingin buang air besar lancar sekaligus memberi makan bakteri baik dalam pencernaan, buat air cuka apel di pagi hari. Cukup 2 sendok makan cuka apel dan segelas air yang bisa dikonsumsi hangat maupun dingin. Bonus lain dari mengonsumsi minuman kesehatan ini adalah menurunkan tekanan gula darah dan membantu menurunkan berat badan.

3. Air kelapa

Pilih air kelapa yang benar-benar murni dan tidak diberi pemanis tambahan. Tak hanya rasanya segar, di dalamnya juga mengandung banyak nutrisi, antioksidan, dan mineral yang diperlukan tubuh.Bahkan tak hanya untuk orang dewasa, air kelapa untuk bayi di atas 6 bulan menempati posisi nomor dua cairan terbaik setelah ASI. 

4. Teh hijau

Memulai hari atau menikmati senja dengan secangkir teh hijau juga bisa menjadi pilihan minuman kesehatan yang baik. Di dalamnya, ada kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk metabolisme tubuh. Tak hanya itu, teh hijau juga bisa membantu proses pembakaran lemak.https://sehatq.com/artikel/teh-hijau-untuk-diet-bisa-dicoba-untuk-menurunkan-berat-badan

5. Jus atau smoothies sayur dan buah

Padukan sayuran hijau beserta buah-buahan sebagai bahan jus atau smoothies di pagi hari. Tambahkan madu, air kelapa, atau susu untuk membuatnya semakin lezat. Nutrisi yang ada dalam sayuran hijau seperti kale dan bayam bisa menjadi penyuntik energi bagi tubuh. Tak hanya itu, sayuran juga kaya zat besi yang membantu disribusi oksigen ke sel-sel tubuh.

6. Jus goji berry

Pernah mencoba buah goji berry? Jika belum, jangan lewatkan buah yang mengandung begitu banyak nutrisi di dalamnya ini. Mulai dari 8 jenis asam amino esensial, vitamin, mineral, dan tentu saja antioksidan. Menurut studi, mengonsumsi jus goji berry bisa meningkatkan energi, lebih mudah fokus, mengurangi stres, bahkan mendukung aktivitas fisik lebih baik.

7. Jus lidah buaya

Tak hanya bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, lidah buaya juga baik untuk pencernaan. Kandungan anti-peradangan dalam lidah buaya bisa meredakan peradangan sistem pencernaan, bahkan meredakan gejala yang dialami penderita sindrom iritasi usus besar.

8. Kaldu

Kaldu mengandung nutrisi yang penuh dengan elektrolit, vitamin, dan juga mineral yang diperlukan tubuh. Terlebih, jika tubuh butuh pemulihan setelah aktivitas fisik atau terlalu banya konsumsi alkohol di malam sebelumnya.Kandungan elektrolit dalam kaldu berupa magnesium, potasium, dan juga kalsium. Semuanya sangat diperlukan tubuh agar kembali berenergi.

9. Jahe hangat

Konsumsi jahe hangat atau teh jahe sangat baik untuk sistem pencernaan. Aman dikonsumsi pagi hari saat perut kosong, bahkan jahe hangat bisa meredakan mual, muntah, dan juga diare. Jika ingin lebih manis, tambahkan madu sebagai penyeimbang rasa.

Catatan dari SehatQ

Sekarang, kembali lagi pada diri sendiri apa yang sedang dirasakan hari itu. Apakah ingin minuman yang berenergi, menenangkan, atau meredakan gejala kurang nyaman di pencernaan? Manapun yang dipilih, semuanya baik untuk tubuh sekaligus memastikan asupan cairan tercukupi.
hidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/what-do-drink-in-the-morning
Diakses pada 2 Juli 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3872617/
Diakses pada 2 Juli 2020
Bustle. https://www.bustle.com/p/the-8-best-alternatives-to-coffee-to-wake-you-up-according-to-experts-18555113 
Diakses pada 2 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait