logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Benarkah Buka Puasa Minum Es Berbahaya untuk Kesehatan?

open-summary

Buka puasa minum es tidak berbahaya selama yang dikonsumsi adalah air putih dingin. Sementara es yang mengandung pemanis tidak disarankan jadi menu buka puasa karena bisa memicu batuk dan sakit tenggorokan.


close-summary

7 Mei 2019

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Buka puasa minum es yang banyak mengandung pemanis tidak disarankan karena bisa membuat sakit tenggorokan

Buka puasa dengan es yang mengandung banyak pemanis bisa memicu batuk dan radang tenggorokan

Table of Content

  • Alasan buka puasa sebaiknya dengan minum air putih
  • Apakah benar buka puasa dengan minum es itu berbahaya?
  • Pilihan minuman berbuka puasa yang sehat

Berbuka puasa dengan air putih sangatlah dianjurkan. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah apakah semua jenis air putih baik untuk membatalkan puasa?

Advertisement

Pasalnya, tidak sedikit orang yang menganggap bahwa buka puasa dengan minum es tidaklah baik untuk kesehatan. Benarkah demikian?

Namun sebelum mencermati penjelasan tentang bahaya atau tidaknya minum air es saat berbuka, Anda perlu mengenali dulu alasan air putih disebut sebagai minuman paling baik untuk membatalkan puasa.

Alasan buka puasa sebaiknya dengan minum air putih

Buka puasa sebaiknya dengan minum air putih
Buka puasa sebaiknya dengan minum air putih

Saat puasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan karena harus menahan haus selama belasan jam. Padahal, tubuh manusia terdiri dari 60-70% cairan yang dibutuhkan agar sel tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Maka dari itu, ketika tiba waktunya berbuka, langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah memenuhi kebutuhan cairan tersebut dengan minum air putih.

Tubuh memerlukan setidaknya delapan gelas air per hari. Untuk memenuhinya, Anda perlu cukup minum air saat sahur maupun berbuka.  

Kebutuhan cairan juga bisa terpenuhi oleh konsumsi buah dan sayuran segar yang mengandung banyak air serta serat. Jadi selain bisa mencegah dehidrasi, kebugaran tubuh saat puasa juga akan tetap terjaga.

Saat berbuka puasa, Anda tidak disarankan untuk minum soda ataupun kopi. Pasalnya, minuman ini dapat memberi dampak buruk terhadap tubuh yang sedang berpuasa.

Apakah benar buka puasa dengan minum es itu berbahaya?

Buka puasa dengan air putih dingin tidak membahayakan kesehatan
Buka puasa dengan air es tidak berbahaya

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa bahaya minum air es saat berbuka puasa itu nyata adanya. Namun klaim ini umumnya masih merupakan anekdot yang belum terbukti kebenarannya secara ilmiah.

Menjawab hal tersebut, dr. Karlina Lestari, medical editor dari SehatQ menyebutkan bahwa minum air es saat berbuka sebenarnya tidak memicu permasalahan yang terlalu parah. Air dingin juga bisa meredakan rasa haus lebih baik daripada air hangat.

Hanya saja, jika es yang diminum saat berbuka puasa bukan hanya air dingin, tapi dicampur dengan berbagai macam bahan dan pemanis (seperti sirup, kental manis, serta pewarna maupun perasa buatan lainnya), inilah yang bisa memicu bahaya minum es saat puasa.

Efek minum es yang banyak mengandung pemanis saat berbuka adalah menumpuknya lendir di tenggorokan, apalagi bila dilakukan setiap hari. Ini yang membuat Anda bisa batuk dan terkena radang tenggorokan. Karena itu, Anda tidak disarankan untuk buka puasa dengan minum es.

“Minum air putih dingin ketika berbuka puasa tidak terlalu berbahaya. Karena pada dasarnya berapapun suhu air putih yang kita minum, suhu ini akan disesuaikan lagi di dalam tubuh. Selama tidak terlalu panas atau terlalu dingin, air putih aman dan baik untuk buka puasa,” tutup dr. Karlina.

Baca Juga: Bolehkah Buka Puasa dengan Teh Manis? Ini Penjelasannya

Pilihan minuman berbuka puasa yang sehat

Infused water bisa jadi pilihan minuman buka puasa yang sehat
Infused water bisa jadi pilihan minuman buka puasa yang sehat

Ada beberapa pilihan minuman berbuka puasa sehat yang bisa Anda gunakan untuk melepas dahaga. Apa sajakah itu?

1. Air putih

Air putih adalah minuman berbuka puasa yang paling dianjurkan. Air putih, baik yang hangat ataupun dingin, bisa membantu melepas dahaga dan memenuhi kebutuhan cairan yang tidak bisa dicapai selama puasa.

Meski begitu, Anda tidak disarankan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak air dalam sekali minum. Anda bisa memenuhinya dengan minum perlahan-lahan sepanjang malam setelah berbuka puasa.

2. Infused water

Infused water adalah salah satu minuman untuk membatalkan puasa yang disarankan. Pasalnya, air ini tak cuma bisa menghilangkan dahaga dan memenuhi kebutuhan cairan, tapi juga memberikan nutrisi dari buah-buahan yang dipakai.

Selain karena kaya cairan dan nutrisi, WHO juga merekomendasikan infused water sebagai salah satu menu berbuka puasa karena buah yang digunakan bisa membantu dalam memenuhi keinginan Anda untuk mengonsumsi sesuatu yang manis secara lebih sehat. Contohnya, infused water dengan semangka atau melon.

Anda juga bisa membuat infused water dengan kurma yang sering juga disebut sebagai air nabeez. Kurma dalam air nabeez bisa memberikan berbagai manfaat, termasuk menjaga energi untuk menunjang aktivitas selama puasa.

3. Susu

Susu juga bisa menjadi pilihan minuman yang baik untuk membatalkan puasa. Anda bisa menikmatinya dalam kondisi hangat atau dingin, dan disarankan untuk mengonsumsi susu segar tanpa tambahan pemanis.

Susu mengandung protein yang bisa membantu dalam membangun dan mempertahankan massa otot selama berpuasa.

4. Yoghurt

Yoghurt termasuk minuman padat nutrisi yang baik dipilih sebagai minuman buka puasa. Selain mengandung probiotik yang menyehatkan pencernaan, yoghurt juga merupakan salah satu sumber protein yang dapat mengembalikan energi yang hilang selama puasa.

5. Smoothies

Smoothies yang terbuat dari buah dan sayur mentah segar tanpa pemanis buatan adalah salah satu minuman berbuka puasa yang sehat.

Selama puasa, Anda mungkin punya lebih sedikit waktu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Minum smoothies bisa jadi salah satu cara dalam menyelesaikan masalah ini tanpa harus membuat perut “kaget” karena minuman ini lebih mudah dicerna.

Baca Juga

  • Beragam Lauk Berbuka Puasa yang Bisa Dicoba agar Tidak Bosan
  • 5 Jenis Makanan Berbuka yang Berdampak Buruk Bagi Tubuh (Patut Dihindari!)
  • Menu Sahur dan Berbuka yang Sehat untuk Diet

Terlepas dari air dingin atau air hangat, hal terpenting saat berbuka adalah memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Jangan biarkan tubuh kekurangan cairan karena berdampak buruk bagi kesehatan.

Hal yang perlu diingat adalah kurangi konsumsi air dengan tambahan pemanis atau gula maupun bahan lain, yang bisa membahayakan tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Bila Anda masih punya pertanyaan seputar bahaya minum es untuk buka puasa, konsultasikan langsung dengan dokter lewat fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi SehatQ. Unduh gratis di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips puasaair putihkekurangan cairanramadan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved