Minum Air Lebih Segar dengan Infused Water Timun yang Bermanfaat

(0)
18 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Infused water timun menjadi cara minum air yang menyegarkanCara membuat infiused water sangat mudah, yaitu dengan memasukkan timun ke dalam air kemudian disimpan di dalam lemari es
Kesegaran yang ditawarkan buah timun membuatnya amat populer di muka bumi. Buah ini kerap dinikmati dengan diolah menjadi infused water timun, yakni air yang diberi irisan buah timun dan ditambah buah atau sayuran lain. Menjadi cara minum air yang menyegarkan, apa saja manfaat infused water timun?

7 Manfaat infused water timun yang menyegarkan hari

Dengan cita rasanya yang menyegarkan, ini dia manfaat infused water mentimun:

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Infused water timun amat menyegarkan dan membuat tubuh terhidrasi
Infused water timun yang menyegarkan akan membantu menghidrasi tubuh
Tubuh memerlukan cairan yang cukup agar bisa beraktivitas dengan baik. Apabila air putih terasa membosankan bagi lidah Anda, mengapa tak coba membuat infused water timun? Rasanya yang menyegarkan tentu akan memberikan Anda pengalaman minum air yang lebih berbeda. 

2. Mengendalikan radikal bebas

Zat antioksidan adalah nutrisi yang membantu mengendalikan radikal bebas. Radikal bebas perlu dikendalikan untuk mencegah kondisi yang disebut stres oksidatif. Stres oksidatif menjadi salah satu penyebab kerusakan sel dan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker, penyakit jantung, dan diabetes.Timun merupakan salah satu gudangnya zat-zat antioksidan. Beberapa di antaranya, yaitu:Rutin meminum infused water timun pun menjadi cara menyenangkan untuk memberi tubuh asupan zat antioksidan di atas. 

3. Menurunkan tekanan darah

Salah satu faktor yang dikaitkan dengan tekanan darah tinggi adalah kadar natrium yang berlebihan di tubuh, di samping juga rendahnya kadar kalium. Kelebihan natrium tersebut membuat tubuh menahan air dan berujung pada tekanan darah tinggi. Kalium menjadi salah satu elektrolit yang dapat mengatur kadar natrium yang tertahan di ginjal. Timun pun menjadi salah satu sumber kalium. Konsumsi infused water timun diyakini mencukupkan kebutuhan tubuh akan mineral elektrolit ini sehingga berpotensi untuk menurunkan tekanan darah.

4. Memelihara kesehatan kulit

Infused water timun membantu menjaga kesehatan kulit. Pertama, konsumsi cairan yang cukup akan membantu tubuh mengeluarkan racun serta mempertahankan kulit yang sehat. Kedua, buah ini juga kaya dengan asam pantotenat atau vitamin B5, vitamin yang dikaitkan dengan penanganan jerawat. 

5. Menjaga kesehatan tulang

Selain menyehatkan kulit, infused water timun juga diyakini bermanfaat untuk tulang. Pasalnya, timun merupakan salah satu sumber vitamin K. Satu cangkir irisan timun dapat mencukupkan sekitar 19% kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin ini.Vitamin K diperlukan tubuh untuk pembentukan jenis protein yang kemudian digunakan dalam pemeliharaan kesehatan tulang dan jaringan lain. Vitamin K juga terlibat dalam proses pembekuan darah.

6. Menurunkan risiko  kanker

Manfaat menakjubkan lain dari infused water timun atau air rendaman timur adalah berpotensi untuk melawan kanker. Selain mengantongi zat-zat antioksidan, timun juga mengandung senyawa yang disebut kukurbitasin dan kelompok nutrisi yang disebut lignan. Keduanya berpotensi untuk melindungi tubuh dari kanker. Selain itu, sebuah riset yang dimuat dalam Journal of Cancer Research juga menyebutkan bahwa senyawa flavonoid fisetin membantu memperlambat kanker prostat.

7. Membantu turunkan berat badan

Mengecek berat badan di timbangan
Infused water timun membantu untuk menurunkan berat badan
Apabila Anda sedang melakukan diet penurunan berat badan, infused water timun dapat menjadi pilihan air yang menyegarkan untuk menghindari minuman-minuman manis. Mengganti minuman bergula dengan air timun diharapkan membantu Anda mencapai defisit kalori setiap harinya. Menjaga hidrasi tubuh, termasuk dengan infused water timun, juga membantu agar perut terasa kenyang. 

Cara membuat infused water timun

Membuat infused water timun amatlah gampang. Anda hanya memasukkan irisan dari setengah atau satu buah timun utuh ke dalam toples atau botol infused water, yang kemudian dicampurkan dengan air putih. Setelah tercampur, tutup toples atau botol untuk didiamkan minimal 2 jam hingga semalaman di dalam lemari es. Selesai! Infused water timun yang dingin siap menyegarkan hari Anda.

Catatan dari SehatQ

Walau terlihat sederhana, infused water timun atau air rendaman timun ternyata menawarkan beragam manfaat. Membuatnya pun sangat mudah di rumah. Dengan kesegaran dari infused water timun, pengalaman minum air Anda pun menjadi berbeda namun menyehatkan.
air putihbuah dan sayuraninfused water
AACR Publications. https://cancerres.aacrjournals.org/content/72/8_Supplement/612
Diakses pada 5 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/cucumber-water
Diakses pada 5 Agustus 2020
The Free Range Life. https://thefreerangelife.com/cucumber-water-recipes
Diakses pada 5 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait