Mind Mapping Salah Satu Strategi Belajar yang Wajib Dicoba

Mind mapping dilakukan dengan mencari hubungan antara satu topik dengan topik yang lainnya
Mind mapping adalah strategi untuk belajar dan mengeluarkan ide baru lewat mencari hubungan antara suatu topik dengan topik lainnya

Informasi adalah “senjata” yang penting untuk memahami suatu permasalahan. Terkadang terdapat berbagai macam informasi yang bermunculan secara simpang siur yang membuat Anda kesulitan untuk memilahnya.

Selain mencari tahu kebenaran dari informasi yang diterima, ada baiknya jika Anda melakukan mind mapping mengenai informasi-informasi penting yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain.

Apa itu mind mapping?

Mind mapping adalah metode yang dapat digunakan untuk merangkai berbagai informasi yang sudah didapatkan. Selain terlihat lebih menarik, mind mapping membantu Anda mencari hubungan dari tiap ide atau informasi yang sudah didapatkan.

Mind mapping membuat informasi yang masih simpang siur di otak menjadi lebih teratur dan lebih mudah dimengerti, serta dijelaskan kepada orang lain. Anda juga dapat menghias dan memberikan warna-warna yang berbeda pada mind map yang telah dibuat.

Oleh karenanya, mind mapping baik digunakan saat proses belajar karena membantu Anda untuk bisa mengingat dan memahami konsep-konsep yang telah dipelajari.

Saat mind mapping, Anda tidak hanya menuliskan ide atau informasi di atas kertas, tetapi juga bisa menambahkan gambar dan warna untuk membuatnya lebih menarik. Hal paling penting dalam mind mapping adalah memetakan informasi secara jelas dan saling berhubungan.

Ketika Anda melakukan mind mapping, Anda akan menuliskan atau menggambarkan topik utamanya terlebih dahulu di tengah sebelum menuliskan cabang atau pecahan informasi atau ide yang saling berhubungan di samping-sampingnya.

Nantinya dari cabang tersebut, Anda dapat membuat cabang informasi lainnya yang berhubungan dengan cabang informasi pertama. Dengan demikian, Anda akan melihat kesinambungan informasi atau ide secara jelas dan rinci.

Mengapa mind mapping efektif untuk dilakukan?

Mind mapping sebenarnya merupakan sesuatu yang alamiah karena mirip dengan cara otak kita menyusun informasi. Otak menyimpan informasi yang penting dengan saling mengaitkan informasi yang baru dan yang lama yang saling berhubungan.

Otak menyambungkan berbagai sensasi, memori, dan informasi yang kompleks menjadi sesuatu yang sederhana untuk diingat. Misalnya, rasa panas dari api yang membakar tangan mengingatkan kita bahwa api menimbulkan panas yang dapat membahayakan diri kita.

Selain itu, mind mapping mengasah otak kiri dan kanan, karena Anda tidak hanya berusaha mengingat dan menyusun informasi atau ide secara logis, tetapi juga berimajinasi dan memicu kreativitas saat menyusun ide atau informasi ke dalam mind map.

Memasukkan berbagai gambar untuk merepresentasikan ide-ide atau informasi dapat membuat Anda lebih mudah mengingat ide serta informasi yang sudah dipaparkan melalui mind mapping.

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan mind mapping?

Sama seperti kemampuan lainnya, mind mapping merupakan sesuatu yang perlu diasah dan mungkin terasa aneh pada awalnya. Sebelum melakukan mind mapping, ada baiknya Anda melakukan brainstorming atau memikirkan informasi atau ide selama 20 menit.

Setelahnya, beristirahatlah sejenak sebelum memulai mind mapping. Tuliskanlah ide atau informasi utama dan kemudian secara perlahan membuat cabang-cabang informasi yang berhubungan dengan topik utama.

Catatan dari SehatQ

Mind mapping adalah metode yang efektif untuk dilakukan sebagai cara untuk mengingat, menyambungkan, dan menjelaskan berbagai ide atau informasi. Melalui mind mapping, Anda dapat mengasah pemikiran logis dan kreativitas yang dimiliki.

Meskipun demikian, ada baiknya jika Anda juga menggunakan metode lainnya dan tidak hanya melakukan mind mapping. Memiliki berbagai strategi pembelajaran akan membantu Anda untuk bisa mengingat dan menyambungkan ide atau informasi dengan lebih maksimal.

Mindmapping.com. https://www.mindmapping.com/theory-behind-mind-maps.php
Diakses pada 3 Maret 2020

Monash University. https://www.monash.edu/rlo/research-writing-assignments/understanding-the-assignment/brainstorming
Diakses pada 3 Maret 2020

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/psychology-masala/201201/beyond-brainstorming
Diakses pada 3 Maret 2020

Artikel Terkait