logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

Cara Belajar yang Efektif dengan Teknik Mind Mapping

open-summary

Metode mind mapping merupakan cara belajar kreatif untuk mengingat, menyambungkan, serta menjelaskan sejumlah ide yang sedang ada dalam pikiran.


close-summary

5

(3)

16 Mar 2022

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Mind mapping

Strategi tepat untuk kamu melihat sesuatu lebih luas

Table of Content

  • Apa itu mind mapping?
  • Mengapa mind mapping efektif?
  • Cara membuat mind mapping
  • Catatan dari SehatQ

Informasi adalah “senjata” yang penting untuk memahami suatu permasalahan. Terkadang terdapat berbagai macam informasi yang bermunculan secara simpang siur yang membuat Anda kesulitan untuk memilahnya. Selain mencari tahu kebenaran dari informasi yang diterima, ada baiknya Anda melakukan mind mapping mengenai informasi penting yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain.

Advertisement

Apa itu mind mapping?

Mind mapping adalah metode yang dapat digunakan untuk merangkai berbagai informasi yang sudah didapatkan. Selain terlihat lebih menarik, cara belajar dan bekerja dengan metodi ini membantu Anda mencari hubungan dari tiap ide atau informasi yang sudah didapatkan.

Metode ini membuat informasi yang masih simpang siur di otak menjadi lebih teratur dan lebih mudah dimengerti. Nantinya, Anda pun akan mudah menjelasannya kepada orang lain. Anda juga dapat menghias dan memberikan warna-warna yang berbeda pada mind map yang telah dibuat. Oleh karena itu, cara ini baik digunakan saat proses belajar karena membantu Anda untuk bisa mengingat dan memahami konsep-konsep yang telah dipelajari.

Saat melakukannya, Anda tidak hanya menuliskan ide atau informasi di atas kertas. Anda bisa menambahkan gambar dan warna untuk membuatnya lebih menarik. Hal paling penting dalam mind mapping adalah memetakan informasi secara jelas dan saling berhubungan.

Anda akan menuliskan atau menggambarkan topik utamanya terlebih dahulu di tengah. Lalu, lanjutkan dengan menuliskan cabang atau pecahan informasi atau ide yang saling berhubungan di samping-sampingnya.

Nantinya dari cabang tersebut, Anda dapat membuat cabang informasi lainnya yang berhubungan dengan cabang informasi pertama. Dengan demikian, Anda akan melihat kesinambungan informasi atau ide secara jelas dan rinci.

Baca juga: Mengenal Brainstorming untuk Mencari Ide yang Sulit Ditemukan

Mengapa mind mapping efektif?

Mind mapping sebenarnya merupakan sesuatu yang alamiah karena mirip dengan cara otak kita menyusun informasi. Otak menyimpan informasi yang penting dengan saling mengaitkan informasi yang baru dan yang lama yang saling berhubungan.

Contoh mind mapping yang bisa terlihat adalah saat otak menyambungkan berbagai sensasi, memori, dan informasi yang kompleks menjadi sesuatu yang sederhana untuk diingat. Misalnya, rasa panas dari api yang membakar tangan mengingatkan kita bahwa api menimbulkan panas yang dapat membahayakan diri kita.

Manfaat mind mapping akan membuat Anda bisa memaksimalkan kerja otak. Selain itu, mind mapping mengasah otak kiri dan kanan, karena Anda tidak hanya berusaha mengingat dan menyusun informasi atau ide secara logis, tetapi juga berimajinasi dan memicu kreativitas saat menyusun ide atau informasi ke dalam mind map.

Memasukkan berbagai gambar untuk merepresentasikan ide-ide atau informasi dapat membuat Anda lebih mudah mengingat ide serta informasi yang sudah dipaparkan di kemudian hari

Baca juga: Cara Memiliki Growth Mindset

Cara membuat mind mapping

Sama seperti kemampuan lainnya, mind mapping merupakan sesuatu yang perlu diasah dan mungkin terasa aneh pada awalnya. Sebelum melakukannya, ada baiknya Anda melakukan brainstorming atau memikirkan informasi atau ide selama 20 menit.

Setelahnya, beristirahatlah sejenak sebelum. Tuliskanlah ide atau informasi utama dan kemudian secara perlahan membuat cabang-cabang informasi yang berhubungan dengan topik utama.

Tambahkan gambar dan warna supaya lebih menarik dan lebih mudah diingat. Sentuhan akhir ini juga membuat Anda bisa menjelaskannya kepada orang lain

Baca juga: Menelaah Pola Pikir Rasional yang Mengutamakan Akal Sehat

Catatan dari SehatQ

Metode belajar yang efektif bisa dilakukan sebagai cara untuk mengingat, menyambungkan, dan menjelaskan berbagai ide atau informasi. Melalui metode ini, Anda dapat mengasah pemikiran logis dan kreativitas yang dimiliki.

Meskipun demikian, ada baiknya jika Anda juga menggunakan metode lainnya. Memiliki berbagai strategi pembelajaran akan membantu Anda untuk bisa mengingat dan menyambungkan ide atau informasi dengan lebih maksimal.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar pola pikir manusia, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved