Mimisan karena Stres, Ini Sebab dan Cara Mengatasinya


Bisakah seseorang mengalami mimisan karena stress? Ini bisa saja terjadi. Studi menunjukkan bahwa orang dengan gangguan cemas lebih rentan mengalami mimisan kronis.

0,0
20 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mimisan karena stres bisa terjadi, terutama pada orang yang punya gangguan cemasMimisan secara tidak langsung bisa disebabkan oleh stres
Anda mungkin pernah mengalami mimisan tanpa sebab yang jelas. Bisa jadi, penyebab mimisan tersebut adalah stres. Selain karena faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik, kondisi mental ternyata juga bisa memicu mimisan.
Mimisan atau epistaksis adalah perdarahan yang terjadi karena kerusakan pembuluh darah di lapisan hidung. Sebuah studi yang dilakukan oleh The Anxiety and Depression Association of America menunjukkan bahwa orang dengan gangguan cemas lebih rentan mengalami mimisan mendadak, kronis, dan kambuhan.

Bagaimana stres bisa memicu mimisan?

Berada dalam kondisi stres berisiko mengalami mimisan
Stres bisa menyebabkan mimisan karena stres bisa memicu gangguan fisik
Telah ada cukup banyak bukti anekdotal yang menunjukkan stres bisa menjadi pemicu mimisan. Stres dapat mempengaruhi kesehatan dalam berbagai cara baik fisik maupun mental. Misalnya saja kehilangan selera makan, tidak bisa tidur, tekanan darah tinggi, sakit kepala, dan lain sebagainya. Stres bisa menyebabkan dampak yang berbeda pada setiap orang, termasuk mimisan.Akan tetapi stres tidak secara langsung menyebabkan Anda mendadak mimisan saat merasa tertekan atau cemas.Tetapi terdapat keterkaitan antara stress dengan berbagai perilaku, kondisi kesehatan dan obat-obatan tertentu yang menyebabkan mimisan. Selain itu, bisa juga terdapat situasi tertentu yang menjadi pemicu mimisan karena stres.Beberapa kondisi terkait mimisan karena stres meliputi:

1. Sakit kepala

Salah satu gejala fisik yang bisa muncul karena stres adalah sakit kepala. Saat sakit kepala yang dialami cukup parah, tidak jarang akan disertai juga dengan gangguan lain, salah satunya mimisan.

2. Mengorek hidung

Sebagian orang mungkin memiliki kebiasaan tertentu saat sedang stres atau cemas. Salah satu yang paling umum adalah kebiasaan mengorek hidung atau mendengus. Jika dilakukan terlalu keras, maka hal itu bisa menjadi pemicu mimisan karena stres.

3. Hipertensi

Stres dapat memicu darah tinggi. Walaupun koneksi hipertensi sebagai pemicu mimisan telah ditentang, namun konsumsi obat darah tinggi seperti pengencer darah dapat membuat mimisan lebih sulit dikendalikan. Tekanan darah tinggi juga dapat menjadi penyebab pendarahan mimisan lebih banyak dari biasanya.

4. Kondisi yang menyebabkan kecemasan

Beberapa kondisi yang bisa memicu kecemasan, secara tidak langsung juga bisa menjadi pemicu mimisan. Kondisi yang dimaksud antara lain kehamilan, berada di ketinggian, melakukan olahraga ekstrim, dan mengalami trauma fisik.Baca Juga: Sering Mimisan Saat Lelah? Ini Penyebabnya

Cara mengatasi mimisan yang disebabkan karena stres

Cara mengatasi mimisan dengan menjepit hidung
Mengatasi mimisan dengan menjepit cuping hidung
Penanganan mimisan karena stres tidak jauh berbeda dari mimisan biasa, hanya saja ada beberapa langkah tambahan yang bisa dilakukan, seperti berikut ini:
  • Saat menangani mimisan, jauhkan diri Anda dari situasi apa pun yang memicu stres.
  • Cari tempat duduk yang nyaman dan duduk lah dengan tegak.
  • Cobalah untuk rileks dan bernapas perlahan
  • Condongkan kepala Anda sedikit ke depan.
  • Gunakan tisu atau waslap basah untuk menampung darah
  • Jepit cuping hidung dengan telunjuk dan ibu jari lalu bernapas perlahan melalui mulut.
  • Jika diperlukan, Anda dapat mengusapkan kompres es ke batang hidung untuk membantu menyempitkan pembuluh darah dan memberikan kenyamanan.
  • Sambil menunggu pendarahan berhenti, perhatikan setiap tarikan napas, serta gerakan dada naik turun saat bernapas dengan dalam.
  • Setelah aliran darah melambat, minum air untuk tetap terhidrasi.
Untuk mencegah mimisan kambuh kembali, sebaiknya jangan membungkuk, mengangkat benda berat, meniup atau menggosok hidung Anda selama beberapa hari setelah pendarahan berhenti.Baca Juga: Obat Mimisan Alami untuk Hentikan Perdarahan

Cara mencegah mimisan karena stres

Untuk mencegah mimisan karena stres lakukan relaksasi dan meditasi atau yoga
Latihan pernapasan bisa mencegah mimisan karena stres
Untuk mencegah mimisan karena stres, sebaiknya hindari kondisi yang bisa memicu terjadinya kecemasan serta stres. Anda juga dapat melakukan beberapa upaya untuk mengatur kondisi stres.
  • Lakukan latihan yang dapat menenangan pikiran seperti yoga, meditasi, atau latihan pernapasan. Yoga bahkan telah diteliti sebagai teknik latihan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meredakan kecemasan.
  • Saat sedang tertekan, lakukan latihan “body scan” agar lebih terhubung dengan tubuh Anda dan merasa lebih rileks. Caranya adalah dengan membayangkan setiap bagian otot tubuh Anda, dan tenangkan satu per satu sambil bernapas dalam.
  • Jalankan berbagai kebiasaan sehat seperti banyak minum air putih, kurangi asupan kafein, melakukan latihan kardiovaskular secara teratur serta menghabiskan waktu di luar ruangan atau di alam.
Mimisan hanya salah satu dampak dari stres yang bisa terjadi di tubuh Anda. Pada kondisi yang parah, kondisi mental ini bisa menyebabkan gangguan fisik yang lebih hebat. Maka dari itu, Anda perlu berkonsultasi dengan psikolog maupun psikiater untuk mengatasi perasaan cemas dan stres yang Anda rasakan.Anda bisa mulai dengan konsultasi secara online lewat fitur Chat Dokter yang ada di Aplikasi SehatQ. Cukup pilih psikolog ataupun psikiater yang diinginkan lalu Anda bisa konsultasi kapanpun dan dimanapun. Unduh sekarang di Appstore maupun Google Play.
mimisanstresgangguan stres akut
Healthline. https://www.healthline.com/health/can-stress-cause-nosebleeds
Diakses 9 November 2021
Better Help. https://www.betterhelp.com/advice/stress/can-stress-cause-nose-bleeds/
Diakses 9 November 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/13464-nosebleed-epistaxis#management-and-treatment
Diakses 9 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait