Miley Cyrus Operasi Pita Suara, Kenali 5 Cara Menyayangi Pita Suara Anda

Merokok menjadi salah satu penyebab pita suara cedera, hingga operasi pita suara harus dijalani. (Sumber: Instagram @mileycyrus)
Miley Cyrus baru tau bahwa dirinya harus menjalani operasi pita suara, setelah memeriksa radang amandelnya. (Sumber: Instagram @mileycyrus)

Sebagai artis di dunia tarik suara, menyanyi tentu menjadi salah satu aktivitas rutin yang dijalani Miley Cyrus. Namun sayangnya, ia terpaksa "cuti" dari industri musik, karena harus menjalani operasi pita suara, dan "puasa" nyanyi untuk beberapa waktu ke depan.

Sang pelantun Party In The U.S.A. itu mengetahui ada masalah pada pita suaranya, setelah memeriksakan radang amandel yang ia derita. Selama ini, ia tak tahu bahwa pita suaranya memerlukan tindakan medis.

Sebenarnya, apa yang terjadi pada pita suara, saat kelumpuhan muncul? Lantas, bagaimana cara menjaga pita suara, agar operasi bisa dihindari?

Penyebab kelumpuhan pita suara

Salah satu penyebab paling umum dari operasi pita suara adalah kelumpuhan pita suara atau vocal cords paralysis. Kondisi ini bisa terjadi, ketika “perjalanan” impuls suara ke kotak suara (laring) terganggu. Hal ini bisa menyebabkan kelumpuhan otot-otot pita suara, sehingga operasi pita suara atau terapi pita suara, harus dilakukan.

Ada banyak hal yang bisa disebabkan oleh kelumpuhan pita suara. Kemampuan Anda berbicara dan bernapas, bahkan bisa terdampak akibat kelumpuhan pita suara. Sebab, pita suara Anda, bukan sekadar bagian tubuh yang menghasilkan suara.

Pita suara juga ternyata memiliki peran untuk melindungi jalan napas agar makanan, minuman, hingga air liur, tidak masuk ke dalam trakea, yang biasanya menyebabkan Anda tersedak.

Beberapa hal di bawah ini menjadi tanda dan gejala kelumpuhan pita suara:

  • Suara serak
  • Napas yang berbunyi
  • Hilangnya nada suara
  • Tersedak saat makan dan minum
  • Lebih sering bernapas saat berbicara
  • Sering merasa harus membersihkan tenggorokan atau berdehem
  • Tidak mampu berbicara keras

Jika sudah muncul beberapa gejala kelumpuhan pita suara di atas, berobat ke dokter adalah hal yang wajib, untuk menghindari kelumpuhan pita suara lebih parah lagi.

Namun perlu diingat, mencegah selalu lebih baik, dibandingkan mengobati. Maka dari itu, pahami cara menyayangi pita suara Anda, agar tidak harus menjalani operasi pita suara, seperti yang dirasakan Miley Cyrus.

Cara menyayangi pita suara

Biasanya, dokter tidak selalu mengetahui penyebab kelumpuhan pita suara. Namun, ada beberapa kondisi medis yang berisiko mengakibatkan kelumpuhan pita suara, seperti:

  • Cedera leher atau dada
  • Stroke
  • Tumor
  • Peradangan atau jaringan parut pada sendi pita suara
  • Gangguan saraf, seperti multiple sclerosis dan penyakit parkinson

Tentu saja ada beberapa cara untuk menjaga pita suara Anda, agar kelumpuhan pita suara tak terjadi. Perlu diketahui, tekanan yang terlalu keras terhadap pita suara, juga bisa mencederai atau melumpuhkan pita suara. Maka dari itu, Anda harus mengetahui, beberapa cara untuk menjaga pita suara dari kerusakan.

  • Tidak bersuara atau bernyanyi terlalu keras

Berbicara atau bernyanyi terlalu keras, ternyata bisa menyebabkan cedera pada pita suara. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak bersuara terlalu keras, agar pita suara tidak menerima tekanan secara berlebihan.

Selain itu, bernyanyi juga tidak boleh sembarangan. Ada teknik yang harus Anda ketahui saat bernyanyi, agar cara “asal-asalan” tidak merusak pita suara, dan akhirnya menyebabkan kelumpuhan.

  • Tidak memaksakan pita suara

Pernahkah Anda merasa sulit berbicara saat sedang sakit? Itu bukan kebetulan, melainkan fakta medis. Jika memang Anda merasa sakit saat bersuara, jangan paksakan pita suara. Biarkan pita suara Anda beristirahat, di saat tubuh sedang sakit. Sebab apabila dipaksakan, hal itu malah bisa membuat pita suara cedera.

  • Tidak merokok

Sepertinya, tidak ada bagian tubuh yang luput dari dampak buruk merokok. Seperti pita suara, yang bisa teriritasi akibat rokok yang terhisap ke dalam tubuh.

Hati-hati, sebab tidak hanya kelumpuhan pita suara saja yang bisa Anda alami ketika merokok, tapi juga kanker pita suara.

  • Batasi pengobatan yang membuat pita suara kering

Beberapa pengobatan, seperti pengonsumsian obat alergi atau flu biasa, bisa menyebabkan pita suara mengering. Akibatnya, pita suara bisa cedera.

  • Terapi bersuara

Kelumpuhan pita suara, terkadang bisa disebabkan oleh kondisi medis. Jika mengidap beberapa kondisi seperti stroke atau tumor, ada baiknya Anda mengikuti terapi bersuara, untuk melatih pita suara agar mampu mengembalikan kemampuannya.

Selain itu, dalam terapi ini, Anda bisa melatih kembali posisi kepala yang benar, agar pita suara dapat bekerja dengan baik.

Dokter akan selalu menyarankan untuk menjalani terapi, sebelum merekomendasikan operasi pita suara atau pengobatan lainnya.

Proses penyembuhan pita suara, bisa memakan waktu yang relatif panjang, untuk mengembalikan suara Anda, seperti sedia kala.

Anda harus sabar, saat menjalani proses penyembuhan dan terapi yang disarankan.

CNN Indonesia. https://cnnindonesia.com/hiburan/20191111151505-227-447347/operasi-pita-suara-miley-cyrus-cuti-nyanyi

Diakses pada 12 November 2019

 

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/vocal-cord-paralysis/symptoms-causes/syc-20378873

Diakses pada 12 November 2019

 

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/188993.php#Causes

Diakses pada 12 November 2019

 

National Institute of Deafness and Other Communication Disorders. https://www.nidcd.nih.gov/health/taking-care-your-voice

Diakses pada 12 November 2019

 

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/4-weird-ways-you-can-damage-your-vocal-cords/

Diakses pada 12 November 2019

 

American Speech-Language-Hearing Association (ASHA). https://www.asha.org/public/speech/disorders/Vocal-Fold-Paralysis/#causes

Diakses pada 12 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed