Mie Soba dari Negeri Sakura: Nutrisi, Manfaat, dan Cara Menyajikannya


Mie soba adalah mie khas Jepang yang diolah dari tepung gandum kuda (buckwheat). Mie soba merupakan mie bebas gluten dan lebih sehat dari mie olahan tepung terigu.

(0)
31 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mie soba adalah mie dari Jepang yang diolah dari tepung gandum kuda atau sobaMie soba otentik adalah mie soba yang menggunakan 100% tepung soba yang tinggi protein dan serat
Mie soba adalah mie dari Jepang yang diolah dari tepung gandum kuda atau soba. Walau namanya gandum kuda (buckwheat), soba tidak ada kaitannya dengan gandum biasa sehingga bebas gluten. Mie soba pun mulai naik daun karena diyakini lebih menyehatkan dibanding produk gandum olahan biasa. Apakah mie soba menjadi panganan yang sehat?

Apakah mie soba sehat untuk dikonsumsi?

Secara umum, mie soba yang terbuat dari 100% tepung gandum kuda (tepung soba) menjadi panganan yang menyehatkan. Mie soba mengandung tinggi protein dan serat, beberapa vitamin dan mineral, serta rendah lemak. Mie soba yang otentik dari tepung gandum kuda ini disebut dengan juwari soba. Namun, kandungan dalam mie soba dapat bervariasi tergantung merek yang Anda beli. Pasalnya, beberapa produsen bisa saja mencampurkan tepung soba dengan tepung terigu. Anda bisa memeriksa label bahan dalam produk mie soba dengan cermat agar bisa memilih produk dengan kandungan tepung soba yang paling tinggi.

Ragam kandungan dalam mie soba

Secara umum, berikut ini kandungan nutrisi dalam 57 gram mie soba yang terbuat dari 100% tepung soba:
  • Kalori: 192
  • Protein: 8 gram
  • Karbohidrat: 42 gram
  • Serat: 3 gram
  • Lemak: 0 gram 
  • Tiamin atau vitamin B1: 18% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian 
  • Niasin (vitamin B3): 9% dari AKG harian
  • Besi 9% 11% dari AKG harian
  • Magnesium: 14% AKG harian
  • Natrium 0% dari AKG harian
  • Tembaga 7% dari AKG harian
  • Mangan 37% dari AKG harian

Manfaat  mie soba untuk kesehatan

Mie soba otentik dari tepung gandum kuda menawarkan manfaat berikut ini untuk kesehatan:

1. Menurunkan kolesterol dan trigliserida

Salah satu potensi manfaat soba adalah menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Salah satu senyawa dalam soba, yakni rutin, dilaporkan dapat menurunkan kolesterol di tubuh dengan mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan di dalam usus.

2. Mengandung protein yang lebih mudah dicerna

Kualitas protein dalam soba atau gandum kuda dilaporkan lebih baik dibandingkan gandum biasa. Artinya, tubuh dapat mencerna protein soba dengan lebih efektif. Soba juga mengandung asam amino lisin dengan kadar yang mengesankan. Hal ini berbeda dengan sumber protein nabati lain seperti gandum, jagung, dan kacang-kacangan yang mengandung lisin relatif lebih rendah. 

3. Membantu mengontrol gula darah

Soba memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan makanan tinggi karbohidrat lain. Dalam 50 gram nasi putih memiliki indeks glikemik mencapai 100, sedangkan mie soba hanya memiliki indeks glikemik 56. Fakta ini dapat bermanfaat bagi pasien diabetes atau pada individu yang memiliki masalah dalam kontrol gula darah. 

4. Bebas gluten

Bagi penderita penyakit celiac atau memiliki intoleransi terhadap gluten, maka mie soba berpotensi menjadi variasi makanan sehat tanpa harus meninggalkan kenikmatan duniawi. Pasalnya, soba atau gandum kuda merupakan makanan yang bebas gluten.Hanya saja, Anda harus berhati-hati dalam membeli produk mie soba jika memang menderita dua kondisi medis di atas. Seperti yang disampaikan di atas, beberapa produk mie soba juga dicampurkan dengan tepung terigu bahkan tepung putih – jenis tepung yang mengandung gluten.

5. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat mie soba lainnya yang juga menarik adalah memelihara kesehatan jantung. Pasalnya, selain membantu menurunkan kolesterol, mie soba juga membantu mengendalikan tekanan darah. Kandungan flavonoid dalam soba juga diyakini berkontribusi. Flavonoid merupakan kelompok senyawa yang membantu mengurangi kerusakan sel sehingga mendukung fungsi metabolisme dan sistem kardiovaskular .

6. Rendah lemak

Bila Anda tengah menjalani diet yang mengharuskan pengurangan kalori, mie soba dapat menjadi opsi menarik. Secara umum, mie soba merupakan makanan yang bebas lemak. Namun, Anda perlu mencermati kadar lemak yang tercantum dalam informasi nilai gizi produk mie soba yang Anda beli. Anda pun harus memerhatikan bahan lain yang digunakan saat menyajikan mie soba.

Memilih produk  mie soba

Mie soba otentik adalah mie soba yang menggunakan 100% tepung soba. Namun, beberapa produk mie soba juga dibuat dengan mencampurkan tepung soba dengan tepung terigu olahan. Apabila mie soba diproduksi dengan 80% tepung soba dan 20% tepung terigu, maka disebut dengan hachiwari. Ada pula produk mie soba yang mengandung lebih banyak tepung terigu ketimbang tepung soba. Produk mie soba jenis ini biasanya mencantumkan “tepung terigu” terlebih dahulu di label kemasannya, yang menandakan bahwa tepung tersebut menjadi kandungan utamanya.Karena variasi perbandingan tepung soba dan tepung terigu tersebut, Anda bisa memeriksa dengan saksama kandungan bahan yang tercantum dalam produk mie soba yang Anda beli.

Cara memasak dan menyajikan mie soba

Biasanya, cara memasak mie soba sudah tercantum pada label produk kemasan yang Anda beli. Anda bisa mengikuti petunjuk penyajian pada kemasannya.Umumnya, mie soba perlu direbus selama 7 menit dalam air mendidih. Aduklah mie soba sesekali selama memasak agar mie tidak saling menempel. Seperti memasak pasta, Anda disarankan memasak mie soba hingga al dente – empuk namun tetap kenyal.Mie soba biasanya disajikan dengan saus celup yang disebut tsuyu. Saus untuk mie soba tersebut bisa disajikan dengan daun bawang serta wasabi. Di Jepang, setelah Anda menghabiskan mienya, Anda juga akan diberikan air rebusan mie soba yang disebut sobayu. Sobayu kemudian dicampur dengan sisa tsuyu untuk dikonsumsi layaknya meminum teh. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan nutrisi yang terkandung dalam air rebusan, seperti vitamin B.Anda juga bisa mencampurkan mie soba ke dalam kaldu atau sup, menumisnya, atau mungkin dicampurkan menjadi salad dengan sayuran dan dressing wijen. Tak lupa pula, beberapa orang mungkin menikmati mie soba layaknya sajian Italia seperti dengan tomat, basil, minyak zaitun, dan bawang putih.

Catatan dari SehatQ

Mie soba adalah mie yang diolah dari tepung soba atau gandum kuda. Mie soba dapat menjadi pilihan mie yang sehat karena nutrisinya. Namun, Anda akan perlu memilih produk yang tidak terlalu banyak  dicampurkan dengan tepung terigu. Jika masih memiliki pertanyaan terkait mie soba, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi makanan sehat terpercaya.
makanan sehatmakanan dietnutrisi
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/soba-noodles-nutrition
Diakses pada 20 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/soba-noodles
Diakses pada 20 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/gluten-free-pasta
Diakses pada 20 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/celiac-disease/features/gluten-free-flours
Diakses pada 20 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait