Berkenalan dengan Micellar Water, Air Ajaib Multifungsi untuk Kulit

Micellar water adalah air yang dimurnikan dan mengandung zat pelembap dan partikel misel
Micellar water merupakan air yang dimurnikan dan mengandung zat pelembap dan partikel misel

Micellar water adalah salah satu idola baru masa kini di kalangan pengguna skin care. Berbagai brand pun mengeluarkan seri micellar water karena dikenal sebagai produk yang multifungsi. Apa saja manfaatnya untuk kulit? Mengapa produk perawatan kulit ini begitu populer?

Apa itu micellar water?

Micellar water adalah air yang dimurnikan dan mengandung pelembap seperti gliserin atau gliserol, serta partikel minyak super kecil yang disebut misel (micelles). Misel dapat dipandang sebagai molekul yang dapat menempel pada kotoran dan minyak di satu sisi, dan air di sisi lain.

Komposisi unik tersebut membuat misel mampu membersihkan kotoran sekaligus menjaga hidrasi kulit, pada saat yang bersamaan.

Micellar water
Micellar water dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan

Micellar water dapat kita gunakan sebagai remover kosmetik, pembersih wajah, maupun toner sekaligus. Apabila Anda tak ingin terlalu ribet dengan urutan pemakaian skin care, micellar water berpotensi cocok dapat menjadi jawabannya.

Manfaat micellar water untuk kulit dan kecantikan

Micellar water telah menjadi idola di kalangan skin care junkie. Produk ini pun memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kulit, seperti:

1. Menjaga hidrasi kulit

Sebagian besar jenis micellar water mengunggulkan kandungannya berupa gliserin. Gliserin merupakan salah satu kandungan yang sudah terbukti mampu menjaga kelembapan kulit dengan efektif.

Studi menemukan bahwa gliserin membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, mulai dari hidrasi kulit, melawan iritasi, dan mempercepat pemulihan luka. Zat-zat surfaktan dalam micellar water juga cenderung ringan dan sangat cocok untuk jenis kulit kering.

2. Mengangkat kotoran dan minyak

Micellar water biasanya digunakan sebagai cleanser untuk menghapus sisa kosmetik, kotoran, dan minyak dari kulit wajah. Tak salah, micellar water dengan kandungan misel memang efektif dalam menyingkirkan minyak dan kotoran tersebut, agar kulit lebih bersih.

Micellar water pun meningkatkan permeabilitas kulit. Artinya, kulit dapat meloloskan micellar water untuk menembus lapisannya yang lebih dalam. Gliserin dalam micellar water pun disebutkan membantu meningkatkan permeabilitas kulit.

3. Membantu kulit terlihat lebih bersih

Riset-riset terkait micellar water masih terbatas. Namun, beberapa temuan yang sudah ada mengungkapkan bahwa membersihkan wajah dengan produk yang ‘ringan’ mampu mengatasi jerawat dan mengurangi komedo hitam.
Secara umum, micellar water diyakini menjaga kulit tetap terawat, terutama jika Anda memiliki jerawat dan pori-pori wajah yang tersumbat.

4. Cocok untuk semua jenis kulit

Mungkin kabar paling baik dari penggunaan micellar water adalah produk ini serbaguna dan cocok untuk semua jenis kulit, entah itu kulit kering, kulit normal, atau kulit berminyak.

Produk ini juga terutama sangat bermanfaat apabila Anda memiliki kulit sensitif atau mengalami masalah kulit seperti rosacea. Hal ini dikarenakan micellar water tidak mengandung bahan iritan yang bisa mengiritasi kulit, seperti alkohol.
Selain itu, kandungan gliserin dalam micellar water juga dilaporkan membantu meredakan peradangan dan iritasi pada kulit.

Tips dalam memilih produk micellar water

Saat ini, telah banyak merek yang merilis seri micellar water. Secara umum, micellar water yang baik dan aman yakni yang tidak mengandung paraben, sulfat, pewarna dan alkohol terdenaturasi (denaturated alcohol).

Berikut ini tips memilih produk micellar water untuk jenis kulit tertentu yang patut untuk dipahami:

1. Kulit kering atau sensitif

Orang yang memiliki kulit kering atau sensitif perlu memilih produk micellar water dengan lebih berhati-hati. Anda bisa memilih produk yang tidak mengandung pewangi. Pilih pula produk yang memasukkan fitur untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Kulit berminyak

Apabila memiliki kulit berminyak, Anda bisa mencari produk micellar water yang menyebutkan fiturnya untuk menyingkirkan minyak berlebih, serta mencegah kesan ‘bersinar’ pada kulit.

3. Kulit yang rentan berjerawat

Kulit yang rentan berjerawat bisa mencari produk micellar water yang mengandung beberapa kandungan tertentu, seperti vitamin C, asam salisilat, dan niacinamide.

Adakah pertimbangan dalam penggunaan micellar water?

Micellar water memang menjadi produk perawatan kulit yang bermanfaat. Label “multifungsi” pada produk ini mungkin tak bisa diaplikasikan untuk semua orang. Misalnya, beberapa orang pengguna make up mungkin tetap perlu melakukan double cleansing dengan menggunakan pembersih wajah setelah mengaplikasikan micellar water.

Micellar water dengan double cleansing
Beberapa orang mungkin tetap membutuhkan double cleansing

Sebab, apabila kita kurang bersih dalam membersihkan sisa kosmetik, kita akan berisiko mengalami masalah kulit yang disebut disfungsi kelenjar meibom. Kondisi ini ditandai dengan rasa tidak nyaman pada mata, kulit kering, dan rasa sakit.

Catatan dari SehatQ

Beberapa orang mungkin tak bisa mengandalkan micellar water saja dalam merawat kulit mereka. Produk ini bisa dianggap sebagai ‘suplemen’ untuk melengkapi rutinitas Anda dalam merawat kulit. Selamat mencoba!

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/should-you-be-using-micellar-water-in-your-skin-care-routine
Diakses pada 13 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/micellar-water-as-cleanser
Diakses pada 13 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/micellar-water-benefits
Diakses pada 13 Februari 2020

Artikel Terkait

Banner Telemed