Berkenalan dengan Micellar Water, Air Ajaib yang Bermanfaat untuk Kulit


Manfaat micellar water adalah memiliki banyak fungsi sekaligus, mulai dari sebagai pembersih wajah hingga toner. Bagaimana cara menggunakannya? Apakah cocok untuk semua orang?

(0)
14 Feb 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Micellar water adalah produk perawatan kulit serba guna yang bermanfaat bagi wajahMicellar water merupakan air yang dimurnikan dan mengandung zat pelembap dan partikel misel
Micellar water adalah salah satu idola baru masa kini di kalangan pengguna skincare. Berbagai brand pun mengeluarkan seri micellar water karena dikenal sebagai produk perawatan kulit yang multifungsi. Kenali apa itu micellar water, manfaat, dan cara menggunakannya dengan tepat melalui artikel berikut ini.

Apa itu micellar water?

Micellar water adalah air yang dimurnikan dan mengandung pelembap seperti gliserin atau gliserol, serta partikel minyak super kecil yang disebut misel (micelles).Misel dapat didefinisikan sebagai molekul yang dapat menempel pada kotoran dan minyak di satu sisi, dan air di sisi lainnya.Komposisi unik tersebut membuat misel mampu membersihkan kotoran sekaligus menjaga hidrasi kulit pada saat yang bersamaan.
Micellar water adalah produk perawatan kulit serba guna
Micellar water dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan
Manfaat micellar water adalah dapat digunakan sebagai remover kosmetik, pembersih wajah, maupun toner wajah sekaligus.Apabila Anda tak ingin terlalu ribet dengan urutan pemakaian skincare, micellar water cocok menjadi jawabannya.

Apa manfaat micellar water untuk wajah?

Micellar water adalah produk perawatan kulit yang sudah menjadi idola di kalangan para skincare junkieAdapun beberapa manfaat micellar water untuk wajah adalah sebagai berikut.

1. Menjaga kelembapan kulit

Salah satu manfaat micellar water untuk wajah adalah menjaga kelembapan kulit. Hal ini karena sebagian besar produk micellar water mengandung gliserin di dalamnya. 
Salah satu manfaat micellar water adalah menjaga kelembapan kulit
Micellar water mampu melembapkan kulit berkat kandungan gliserin
Gliserin adalah salah satu kandungan bahan aktif yang sudah terbukti mampu menjaga kelembapan kulit dengan efektif.Sebuah studi menemukan bahwa gliserin membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Mulai dari menjaga kelembapan kulit, melawan iritasi, dan mempercepat pemulihan luka.Kandungan gliserin dalam micellar water pun disebut-sebut membantu meningkatkan permeabilitas kulit. Artinya, kulit dapat meloloskan micellar water untuk menembus lapisan kulit yang lebih dalam.Zat-zat surfaktan dalam micellar water juga cenderung ringan dan sangat cocok untuk jenis kulit kering. Inilah salah satu manfaat micellar water yang utama.

2. Mengangkat kotoran dan minyak

Berikutnya, manfaat micellar water adalah digunakan sebagai produk pembersih untuk menghapus sisa kosmetik, kotoran, dan minyak dari kulit wajah.Tak salah, micellar water dengan kandungan misel memang efektif dalam menyingkirkan minyak dan kotoran di wajah agar kulit lebih bersih.

3. Membantu kulit terlihat lebih bersih

Secara umum, manfaat micellar water adalah menjaga kulit tetap terawat, terutama jika Anda memiliki jerawat dan pori-pori wajah yang tersumbat.Memang, hasil riset mengenai manfaat micellar water untuk wajah masih sangat terbatas. Namun, beberapa temuan yang sudah ada mengungkapkan bahwa membersihkan wajah dengan produk yang ‘ringan’ mampu mengatasi jerawat dan mengurangi komedo hitam.

4. Cocok untuk semua jenis kulit

Mungkin kabar paling baik dari manfaat micellar water adalah produk perawatan kulit ini bersifat serba guna sehingga cocok untuk semua jenis kulit. Entah itu kulit kering, kulit normal, atau kulit berminyak.Produk ini juga terutama sangat bermanfaat apabila Anda memiliki kulit sensitif atau mengalami masalah kulit, seperti rosacea.Hal ini karena micellar water tidak mengandung bahan iritan, seperti alkohol, yang mampu mengiritasi kulit. Selain itu, kandungan gliserin dalam micellar water juga dilaporkan dapat membantu meredakan peradangan dan iritasi pada kulit.

5. Membersihkan kuas make up

Manfaat micellar water yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh Anda adalah membersihkan kuas make up.Ya, tidak hanya mengangkat minyak dan kotoran di wajah, manfaat micellar water adalah mampu membersihkan kuas make up yang Anda gunakan sehari-hari. Caranya, cukup tuang micellar water secukupnya dalam sebuah wadah kecil. Lalu, celupkan ujung kuas make up Anda ke dalamnya seraya memutar kuas.Nah, setelah kotorannya hilang, angkat kuas make up. Kemudian, angin-anginkan sebentar di atas handuk bersih. 

Bagaimana cara memilih micellar water yang tepat sesuai jenis kulit?

Saat ini, sudah banyak merek produk perawatan kulit yang merilis seri micellar waterSecara umum, cara memilih micellar water yang baik dan aman adalah yang tidak mengandung paraben, sulfat, pewarna dan alkohol terdenaturasi (denaturated alcohol).Berikut ini cara memilih produk micellar water sesuai jenis kulit tertentu yang patut untuk dipahami:

1. Kulit kering atau sensitif

Orang yang memiliki kulit kering atau sensitif perlu memilih produk micellar water dengan lebih berhati-hati.Anda bisa memilih produk yang tidak mengandung wewangian. Pilih pula produk yang memasukkan manfaat micellar water untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Kulit berminyak

Apabila memiliki kulit berminyak, Anda bisa mencari produk micellar water untuk kulit berminyak yang berfungsi untuk menyingkirkan minyak berlebih, serta mencegah kesan ‘bersinar’ pada kulit.

3. Kulit yang rentan berjerawat

Bagi pemilik kulit rentan berjerawat, cara memilih micellar water untuk kulit berjerawat adalah memiliki kandungan tertentu, seperti vitamin C, asam salisilat, dan niacinamide.Baca Juga: Micellar Water untuk Kulit Berminyak, Bagaimana Cara Memilihnya? 

Bagaimana cara menggunakan micellar water untuk wajah dengan tepat?

Mengingat ada berbagai manfaat micellar water yang bisa didapat, maka cara memakai micellar water untuk wajah juga beragam tergantung tujuan dan kebutuhan Anda sebagai penggunanya. Berikut adalah cara menggunakan micellar water untuk wajah sesuai dengan tujuannya. 

1. Cara menggunakan micellar water sebagai pembersih make up

Untuk membersihkan make up, cara memakai micellar water adalah dengan membasahi kapas dengan beberapa tetes micellar water terlebih dahulu. Lalu, gunakan kapas yang telah dibasahi untuk mengusap make up sampai terangkat sempurna. Untuk area mata, Anda disarankan untuk menekan kapas yang telah dibasahi micellar water selama beberapa detik agar riasan wajah di bagian tersebut dapat dibersihkan seutuhnya.

2. Cara menggunakan micellar water sebagai toner wajah

Cara menggunakan micellar water sebagai toner wajah bisa dilakukan setelah Anda mencuci muka dengan sabun pembersih wajah.Kemudian, tuang micellar water ke telapak tangan, lalu tepuk-tepukkan perlahan ke seluruh wajah Anda. Cara pakai micellar water sebagai toner wajah juga bisa menggunakan kapas, layaknya membersihkan make up.

Adakah pertimbangan dalam menggunakan micellar water?

Memang, ada banyak manfaat micellar water yang ditawarkan. Akan tetapi, label “multifungsi” pada produk ini mungkin tak bisa diaplikasikan untuk semua orang.Misalnya, beberapa orang pengguna make up mungkin tetap perlu melakukan double cleansing menggunakan pembersih wajah setelah cara pakai micellar water dilakukan.
Micellar water adalah produk perawatan yang bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit
Beberapa orang mungkin tetap membutuhkan double cleansing
Sebab, jika Anda kurang bersih dalam membersihkan sisa kosmetik, maka akan berisiko mengalami masalah kulit, mulai dari jerawat hingga disfungsi kelenjar meibom.Disfungsi kelenjar meibom adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rasa tidak nyaman pada mata, kulit kering, dan rasa sakit.Baca Juga: 7 Micellar Water yang Ampuh untuk Membersihkan Wajah

Catatan dari SehatQ

Ada berbagai manfaat micellar water yang bisa Anda coba, mulai dari pembersih wajah hingga toner. Produk ini bisa dianggap sebagai ‘suplemen’ untuk melengkapi rutinitas Anda dalam merawat kulit.Namun, beberapa orang mungkin tak bisa mengandalkan micellar water saja dalam merawat kulit mereka. Jika Anda ingin menggunakan micellar water, tetapi merasa ragu karenanya. Tak ada salahnya untuk berdiskusi dengan dokter lebih lanjut soal apa itu micellar water lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ terlebih dahulu. Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanproduk kecantikanperawatan wajah
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/should-you-be-using-micellar-water-in-your-skin-care-routine
Diakses pada 13 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/micellar-water-as-cleanser
Diakses pada 13 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/micellar-water-benefits
Diakses pada 13 Februari 2020
Dermstore. https://www.dermstore.com/blog/how-to-use-micellar-water/
Diakses pada 29 September 2020
Byrdie. https://www.byrdie.com/best-micellar-water
Diakses pada 29 September 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18510666/
Diakses pada 8 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait