Seorang introvert pandai mengamati dan berpikir kreatif
Introvert merupakan pengamat yang ulung

Apakah Anda termasuk orang introvert? Introvert adalah sifat kepribadian yang ditandai dengan fokus pada perasaan internal daripada rangsangan eksternal. Dengan kata lain, orang introvert cenderung mendapat energi dari menghabiskan waktu sendirian, sementara orang ekstrovert mendapatkannya dari interaksi sosial.

Orang introvert cenderung tertutup, pendiam, dan senang menyendiri. Hal tersebut kerap membuatnya dianggap sebagai pribadi yang tak asyik dan sulit bergaul. Padahal di balik itu semua, terdapat berbagai kelebihan yang dimiliki oleh orang introvert. Lantas, apa saja kelebihan introvert?

Kelebihan introvert

Ada sekitar 25-40% orang introvert dari seluruh populasi dunia. Bahkan Sir Isaac Newton, Albert Einstein, J.K. Rowling, dan tokoh-tokoh hebat lainnya juga termasuk ke dalam golongan orang tersebut. 

Seorang introvert umumnya dapat melindungi dirinya sendiri dengan baik. Selain  itu, mereka juga lebih senang merencanakan dan merenungkan sesuatu. Adapun berbagai kelebihan introvert yang jarang disadari, yaitu:

1. Mampu berpikir kreatif

Seperti yang dikatakan Albert Einstein, bahwa kemonotonan dan kesunyian hidup yang tenang dapat merangsang pikiran kreatif. Kreativitas dalam pemikiran orang introvert didorong oleh fantasi dan imajinasi yang dimilikinya. Oleh sebab itu, banyak penulis dan seniman berbakat yang cenderung masuk ke dalam golongan orang introvert.

2. Dipenuhi ide yang out of the box

Orang introvert cenderung tak memiliki keinginan untuk menyesuaikan diri dengan aturan yang ada, dan lebih memilih untuk membuat aturan sendiri. Bahkan pikiran orang introvert juga menjadi lahan yang subur untuk berkembangnya ide-ide inovatif atau out of the box. Mark Zuckerberg dan Bill Gates menjadi contoh orang introvert yang dipenuhi dengan ide brilian.

3. Pendengar yang ulung

Secara alami, seorang introvert cenderung mahir dalam mendengarkan. Ia dapat menjadi seorang pendengar yang baik, bahkan rata-rata orang memercayai hal tersebut. Tak heran, jika introvert kerap dijadikan tempat berbagi pikiran dan keluh kesah karena akan mendengarkannya dengan saksama.

4. Keahliannya mengamati begitu luar biasa

Meski dalam suatu kelompok ia cenderung diam, namun salah satu kekuatan besar yang dimiliki orang introvert adalah keahliannya dalam mengamati. Ia dapat menangkap perasaan orang lain dengan membaca apa yang tersirat dan menafsirkannya dengan baik. Sebagai pendengar yang ulung, tentu saja orang introvert juga akan memahami apa yang ada di pikiran lawan bicaranya.

5. Memiliki pertemanan yang awet

Meski hanya berteman dengan segelintir orang, namun pertemanan orang introvert cenderung awet. Kepekaan dan pemahamanan yang mendalam terhadap orang lain membuat hubungan yang dibangun menjadi lebih bermakna. Memiliki sedikit teman pun sudah cukup dan tak membuatnya merasa kesepian.

6. Lebih berhati-hati dan tak gegabah

Orang ekstrovert cenderung langsung menghadapi sesuatu tanpa melihat adanya risiko potensial. Ini jelas berbeda dengan orang introvert yang lebih berhati-hati dan tak gegabah. Introvert umumnya pandai dalam melihat risiko yang ada dan akan melakukan perhitungan sebelum bertindak. Hal ini membuat kehidupannya menjadi lebih penuh waspada.

7. Tak perlu gembar-gembor untuk bertindak

Orang yang introvert umumnya tak perlu gembar-gembor untuk bertindak. Secara diam-diam ia dapat menghasilkan suatu karya atau prestasi. Dengan sifat yang tenang, maka perlahan tujuan yang ingin dicapainya pun bisa dicapai. Seperti apa yang dikatakan Mahatma Gandhi bahwa, “Dengan cara yang lembut, Anda dapat mengguncang dunia.” Hal ini membuat sifat introvert tak boleh diremehkan.

8. Lebih mandiri dan tak bergantung pada orang lain

Terbiasa melakukan berbagai hal sendiri, membuat orang introvert cenderung lebih mandiri dan tak bergantung pada orang lain. Ia juga akan sangat baik ketika bekerja secara mandiri dan tak menemukan kesulitan apa pun.

Menjadi seorang introvert ternyata memiliki berbagai kelebihan yang menakjubkan. Jadi, tak perlu malu atau berkecil hati dengan kepribadian tersebut. Bahkan berbagai tokoh pun bisa menunjukkan kesuksesannya sebagai seorang introvert.

Meski begitu, tetap saja introvert kerap dicap sebagai orang yang pemalu, penyendiri, dan sombong. Sebetulnya, persepsi tersebut hanyalah hasil kegagalan pemikiran seseorang dalam memahami karakteristik orang introvert. 

Perlu diingat bahwa tak ada tipe kepribadian yang benar ataupun salah. Baik introvert maupun ekstrovert harus sama-sama memahami perbedaan satu sama lain. Dengan begitu, maka kehidupan pun akan terasa lebih harmonis dan indah.

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/nurturing-self-compassion/201706/seven-reasons-be-proud-be-introvert
Diakses pada 02 April 2020.
Science Beta. https://sciencebeta.com/10-advantages-introverts/
Diakses pada 02 April 2020.
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/signs-you-are-an-introvert-2795427
Diakses pada 02 April 2020.

Artikel Terkait