logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Meski Rasanya Tawar, Manfaat Minum Teh Pahit Bisa Bantu Tubuh Terhindar dari Penyakit

open-summary

Manfaat minum teh setiap hari, khususnya teh pahit bisa membuat awet muda. Teh tawar tanpa gula juga bisa mencegah diabetes hingga kanker. Namun, mengonsumsi teh berlebihan juga bisa memicu gangguan kesehatan, termasum sindrom dispepsia.


close-summary

12 Mei 2021

| Ade Irawan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Manfaat minum teh tanpa gula dapat meningkatkan mood serta menjaga Anda tetap awet muda

Teh tawar tanpa gula memberikan efek yang baik bagi otak

Table of Content

  • Manfaat minum teh pahit tanpa gula
  • Efek samping mengonsumsi teh
  • Catatan dari SehatQ

Sebagai minuman yang juga populer di seluruh dunia, teh juga memunculkan kubu untuk para penikmatnya. Anda bisa masuk ke tim teh manis dengan tambahan gula di dalamnya atau bergabung dengan tim teh tawar tanpa gula. Jika memilih tim kedua, selamat karena Anda mungkin bisa merasakan banyak manfaat minum teh tanpa gula.

Advertisement

Anda mungkin sadar bahwa menambahkan gula terlalu banyak bisa berakibat buruk untuk tubuh. Buat Anda yang belum terbiasa, rasa teh tanpa gula mungkin akan sedikit menyiksa di mulut. Namun, Anda membuat tubuh mendapatkan hal-hal yang seharusnya didapatkan.

Baca Juga

  • Tak Harus Jadi Atlet, Coba 3 Ide Latihan MMA Demi Tubuh Bugar
  • 6 Manfaat Konsumsi Ikan Haring yang Wajib Dicoba
  • Bahaya Makan Telur Setiap Hari, Benarkah?

Manfaat minum teh pahit tanpa gula

Teh hadir dalam berbagai jenis, rasa, dan aroma. Manfaat minum teh tawar setiap hari bangkan bisa membantu Anda mengurangi stres. Menambahkan sedikit gula, pemanis, atau sirup dimaksudkan untuk membuat rasa teh tidak terlalu pahit.

Akan tetapi, minum teh tawar tanpa gula akan lebih baik lagi dari sisi kesehatan. Berikut manfaat minum teh tanpa gula:

1. Mencegah diabetes

Manfaat minum teh tawar salah satunya adalah mencegah penyakit diabetes karena Anda menjaga asupan gula. Di dalam teh, sudah terkandung polifenol yang berperan membantu produksi insulin dalam tubuh. Hormon inilah yang akan menjaga kadar gula darah. Saat gula darah terjaga, Anda pun bisa terhindar dari diabetes.

2. Menurunkan risiko stroke

Teh hitam (black tea) punya kandungan kafein yang sangat tinggi dan juga flavonoid. Mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup akan membantu melancarkan aliran darah dan menurunkan risiko penyakit stroke.

Sebuah penelitian menyebutkan, mereka yang mengonsumsi empat cangkir teh per hari risiko yang lebih kecil hingga 32 persen menderita penyakit stroke.

Selain itu, teh hitam tanpa gula juga bisa menjaga paru-paru dari kerusakan akibat asap rokok. Teh hitam juga bisa menurunkan risiko kanker kulit, payudara, paru-paru, dan prostat.

3. Menjaga tekanan darah

Mengonsumsi teh juga dapat memberikan rasa nyaman dan menenangkan. Cara ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan manajemen stres atau relaksasi yang tepat. Tentunya, teh tanpa gula boleh dikonsumsi oleh orang hipertensi.

Sebuah studi menyebutkan, teh hitam dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan. Para peserta studi diminta untuk mengonsumsi teh hitam setiap hari selama enam bulan untuk mendapatkan hasilnya.

4. Mencegah gangguan saraf

Teh hijau juga dikenal sebagai minuman yang mampu membakar lemak dari dalam tubuh. Selain itu, jenis teh ini juga dikenal sebagai minuman yang mampu melawan stres. Mengonsumsi teh hijau dan sebagian teh lainnya juga bisa mencegah Anda terkena gangguan saraf yang menyebabkan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

5. Menjaga fokus

Teh juga memberikan efek yang baik untuk otak. Kafein yang terkandung pada teh akan memberikan kewaspadaan dan fokus dalam mengerjakan sesuatu. Malahan, efek kafein pada teh terbilang lebih stabil dibandingkan dengan minuman berkafein lainnya.

6. Menurunkan berat badan

Teh pahit bisa menurunkan berat badan. Pasalnya, kalori teh tawar sangat rendah, yakni hanya 2 kalori dalam satu cangkir teh pahit. Tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya saat mengonsumsi teh akan membantu membakar lemak perut secara alami dan meningkatkan metabolisme. Salah satu jenis teh yang bisa dicoba untuk membantu menjaga berat badan adalah rose hip tea.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau untuk Diet dan Cara Minumnya yang Benar agar Cepat Kurus

7. Menjaga tubuh awet muda

Mengonsumsi secangkir teh tanpa gula juga akan membantu meningkatkan mood dan kinerja mental Anda. Selain itu, kadar stres dalam tubuh juga bisa berkurang dan otak berpikir lebih tenang serta menjaga daya ingat.

Bukan hanya itu, minum teh tanpa gula setidaknya dua kali sehari akan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dalam sel tubuh. Hal ini juga akan mencegah penuaan, seperti kehilangan elastisitas kulit seiring bertambahnya usia.

8. Menurunkan kolesterol

Menurut penelitian, manfaat teh pahit juga bisa menurunkan kolesterol, terutama kadar lemak jahat (LDL) dan trigliserida. Kolesterol sendiri merupakan salah satu pemicu timbulnya berbagai penyakit, seperti jantung dan stroke.

9. Mencegah kanker 

Teh pahit memiliki dua kandungan utama, yakni polifenol dan antioksidan. Sejumlah penelitian menyebutkan kedua kandungan tersebut bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kanker. Pasalnya, polifenol dan antioksidan adalah dua zat yang mampu mencegah efek radikal bebas penyebab kanker. Radikal bebas disebut-sebut merupakan pemicu kerusakan sel-sel tubuh yang memancing munculnya sel abnormal dan berkembang menjadi sel kanker.

10. Menjaga kesehatan mulut

Teh pahit juga mengandung katekin yang baik untuk kesehatan. Kandungan katekin ini dipercaya dapat menjaga kesehatan mulut. Sebab, tes tabung membuktikan bahwa katekin bisa menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga risiko infeksi pada mulut bisa diminimalisir.

Berbagai penelitian juga membuktikan kalau katekin yang dikandung teh, terutama teh hijau, dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut di laboratorium, namun sayangnya belum ada bukti bahwa mengonsumsi teh hijau dapat memberikan efek yang sama. Selain itu, teh hijau juga bisa mencegah bau mulut yang tak sedap.

11. Mengatasi diare

Secara medis, manfaat teh pahit untuk diare memang dikenal efektif. Pasalnya, teh pahit mengandung zat tanin yang bisa memberikan efek astringen. Efek ini membantu mengurangi kandungan air pada feses yang juga bisa menurunkan frekuensi buang air besar saat diare.

Efek samping mengonsumsi teh

Meski kaya manfaat, mengonsumi teh tawar tanpa gula atau teh pahit juga bisa menimbulkan efek samping tertentu. Teh pahit untuk asam lambung sebaiknya dihindari, termasuk untuk penderita maag, GERD, dan sindrom dispepsia.

Para penderita penyakit jantung juga perlu berhati-hati karena teh dapat menyebabkan jantung berdebar. Namun, teh tawar untuk asam urat masih boleh dikonsumsi. Pasalnya, kandungan teh tanpa gula ini tidak akan mengganggu metabolisme purin dalam tubuh sehingga tidak berisiko menyebabkan asam urat.

Meski mengonsumsi teh baik untuk kesehatan, Anda tetap harus memperhatikan takarannya karena kandungan kafein di dalam teh tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan.

Teh juga tidak bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif pengganti obat dokter karena belum ada penelitian yang cukup mengenai teh sebagai obat.Meski demikian, Anda tetap bisa menikmati kesegaran teh pahit setelah menjalani aktivitas seharian. Mengonsumsi teh tanpa gula juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghidrasi tubuh, selain rutin minum air putih.

Baca juga: Manfaat Minum Teh Sebelum Tidur dan 6 Jenis Terbaiknya

Catatan dari SehatQ

Rasa pahit dalam teh mungkin tidak semua orang bisa menikmatinya. Butuh waktu untuk menyesuaikan diri sampai Anda benar-benar bisa menghilangkan gula dari minuman sehat ini. Menghilangkan gula pada teh yang dikonsumsi akan memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat minum teh lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

minuman tidak sehatkafeinatehpola hidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved