Meski Rasanya Asam, Ini Manfaat Buah Yuzu untuk Kesehatan

Manfaat buah yuzu bisa didapatkan dengan mengonsumsinya sebagai teh, selai, bahan kue, hingga penyedap rasa untuk masakan
Buah yuzu memiliki kulit yang kasar dengan aroma yang harum dan rasa yang lebih asam ketimbang buah jeruk lainnya

Buah yuzu mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Meski berasal dari Tiongkok, tetapi buah yuzu umumnya dibudidayakan di Jepang dan Korea. Jeruk hibrida yang satu ini berkulit kuning kasar, dan memiliki ukuran yang kecil sekitar 5,5-7,5 cm.

Dibanding buah jeruk lainnya, jeruk yuzu beraroma lebih harum dan rasanya lebih asam. Bahkan ternyata, ada segudang manfaat buah yuzu untuk kesehatan. Apa saja, ya?

Nutrisi yang terkandung dalam buah yuzu

Tak kalah dengan buah jeruk yang lain, buah yuzu juga rendah kalori dan mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Adapun nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah yuzu, yaitu:

  • 53 Kalori
  • 13,3 gram karbohidrat
  • 0,8 gram protein
  • 0,3 gram lemak
  • 1,8 gram serat
  • 59% dari nilai harian vitamin C
  • 31% dari nilai harian vitamin A
  • 5% dari nilai harian vitamin B1 atau tiamin
  • 4% dari nilai harian vitamin B5
  • 5% dari nilai harian vitamin B6
  • 5% dari nilai harian tembaga

Buah yuzu juga mengandung sejumlah kecil vitamin E, magnesium, zinc, zat besi, kalsium, niasin, dan riboflavin. Bukan hanya itu, terkandung pula beberapa senyawa tanaman, seperti karotenoid, flavonoid, dan limonoid yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Manfaat buah yuzu untuk kesehatan

Dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, berikut manfaat buah yuzu untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

1. Menjaga kekebalan tubuh

Buah yuzu mengandung banyak antioksidan kuat yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini juga bisa mencegah kerusakan sel-sel imun dari radikal bebas, dan melindunginya dari infeksi akibat bakteri atau virus sehingga membuat tubuh Anda tetap sehat.

2. Meningkatkan mood

Aromaterapi jeruk yuzu telah terbukti dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres. Satu studi menemukan bahwa menghirup aroma yuzu selama 10 menit mampu mengurangi gangguan mood dan stres emosional sehingga Anda merasa lebih baik. Bahkan menurut sebuah studi pada tahun 2017, buah ini juga dapat meningkatkan suasana hati wanita yang mengalami gejala pramenstruasi.

3. Mengurangi peradangan

Antioksidan dalam buah yuzu dapat menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit kronis. Sebuah penelitian pada tabung reaksi pun menunjukkan bahwa limonene (senyawa dalam kulit yuzu) dapat membantu mengurangi peradangan tubuh.

4. Melancarkan aliran darah

Tersumbatnya pembuluh darah dapat memicu terjadinya penyakit jantung, stroke, atau serangan jantung. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa buah yuzu bisa mencegah pembentukan gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah. Uji tabung dan penelitian pada hewan pun mengungkapkan bahwa ekstrak yuzu memiliki efek anti-pembekuan dengan menghambat pengelompokan trombosit.

5. Menjaga kesehatan otak

Buah yuzu mengandung senyawa yang telah terbukti berpotensi mencegah penurunan kognitif dan mengoptimalkan kesehatan otak. Penelitian pada hewan dan tabung menunjukkan bahwa yuzu dapat melindungi otak dari penyakit yang memengaruhinya, seperti Alzheimer. Flavonoid pada buah yuzu juga dapat memberi efek perlindungan tertentu pada otak.

6. Mencegah penuaan dini

Antioksidan dalam buah yuzu dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Yuzu juga kerap digunakan dalam kosmetik karena dapat mencerahkan kulit dan mendorong produksi kolagen yang membuat Anda terhindar dari keriput.

7. Berpotensi sebagai antikanker

Yuzu mengandung banyak zat yang dapat melindungi tubuh dari kanker. Studi tabung menunjukkan bahwa limonoid yang terkandung di dalamnya berpotensi dalam melawan kanker payudara, prostat, dan usus besar. Selain itu, tangeretin dan flavonoid nobiletin dalam kulitnya juga dapat menghambat pertumbuhan sel tumor.

Jangan menjadikan buah ini sebagai pengobatan utama penyakit Anda, selalu konsultasikan ke dokter perihal keluhan medis Anda. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia mengenai berbagai manfaat buah yuzu ini. 

Di samping itu, jika Anda memiliki alergi terhadap jeruk sebaiknya hindari mengonsumsi buah yuzu karena dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal-gatal, kemerahan atau pembengkakan.

Perlu Anda ketahui bahwa buah yuzu jarang dimakan secara langsung karena rasanya yang sangat asam. Oleh sebab itu, buah yuzu kerap dinikmati sebagai teh, selai, bahan kue, dan penyedap rasa untuk masakan. 

Sementara, minyak esensial buah yuzu dapat digunakan sebagai losion atau ditambahkan ketika mandi air hangat. Mungkin akan sulit untuk menemukannya di toko-toko biasa, tapi buah ini umumnya tersedia di toko khusus Jepang atau Anda bisa mencarinya di toko-toko daring.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/yuzu-fruit#5.-May-protect-your-brain
Diakses pada 08 April 2020

Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/yuzu-fruit/
Diakses pada 08 April 2020

Artikel Terkait