7 Manfaat Jus Pare untuk Kesehatan Tubuh yang Sayang Jika Dilewatkan


Manfaat jus pare untuk kesehatan tak boleh lagi Anda ragukan, mulai dari menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, menambah nutrisi ASI, hingga melawan kanker.

(0)
13 May 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat jus pare untuk diet dan gula darah penderita diabetesJus pare punya banyak manfaat yang menguntungkan bagi tubuh
Meski rasanya pahit, just pare ternyata menyimpan beragam manfaat yang manis untuk tubuh Anda. Segelas jus pare mengandung 16 kalori, 2 gram serat, 1 gram protein, 3 gram karbohidrat, dan hanya 0,2 gram lemak. Vitamin C juga ada dalam jus ini dan bisa memenuhi 95% kebutuhan vitamin C harian yang disarankan.Tidak hanya itu, pare juga mengandung 17 persen folat, 6 persen kalium, 10 persen zinc, dan 4 persen vitamin berdasarkan asupan harian yang disarankan. Melalui ragam nutrisi inilah, jus pare punya banyak manfaat untuk tubuh.

Ragam manfaat jus pare

Jus pare mengandung cukup banyak vitamin C, yakni antioksidan yang berperan dalam peningkatan kekebalan tubuh, penyembuhan jaringan, serta kesehatan otak. Vitamin A dalam pare juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit dan penglihatan.Tak cukup sampai di situ, berikut ini adalah beberapa manfaat jus pare lainnya yang menarik untuk Anda ketahui.

1. Membantu menurunkan berat badan

Selain rendah kalori, pare juga mengandung serat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kelancaran dan kesehatan pencernaan Anda.Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat jus pare untuk diet menurunkan berat badan adalah dengan membakar lemak.Serat yang terkandung di dalam pare akan melewati sistem saluran pencernaan dengan sangat lambat sehingga membantu Anda untuk mengurangi nafsu makan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Membantu menurunkan kadar gula dalam darah

Menurut penelitian dari jurnal Nutrition, mengonsumsi sekitar 2.000 mg pare setiap hari dapat membantu menurunkan hemoglobin A1c dan kadar gula darah.Hemoglobin AIc adalah jenis hemoglobin yang berikatan dengan glukosa. Semakin tinggi jumlah HbA1c artinyamenandakan bahwa gula darah tinggi.Selain itu, pare juga dipercaya dapat membantu sekresi insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang bertanggung jawab dalam mengatur kadar gula darah. Hal inilah yang membuat pare sering dikaitkan dengan diabetes.

3. Berpotensi melawan kanker

Setelah berguna untuk diabetes, pare disebut berpotensi membantu melawan kanker.Tes laboratorium menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak pare dapat menghentikan sel-sel kanker melakukan replikasi. Tes ini juga menunjukkan bahwa pare berpotensi efektif dalam mencegah penyebaran kanker.Meski demikian, temuan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keabsahannya.

4. Menjaga kesehatan kulit

Jus pare turut bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, pare mengandung antioksidan, vitamin C, dan provitamin A yang bagus untuk proses penyembuhan luka dan penting untuk kesehatan kulit.

5. Menambah nutrisi pada ASI

Kabar baik bagi para ibu menyusui, pare mengandung asam folat, serat, vitamin A, vitamin C, dan serat yang dapat menambah nutrisi dalam ASI.Tak hanya itu, pare juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler terkait diabetes.

6. Melawan peradangan

Manfaat jus pare yang juga tidak boleh diremehkan ialah melawan peradangan. Melansir Web MD, Pare atau bitter gourd mengandung polifenol. Senyawa ini dikenal mampu meredakan peradangan di dalam tubuh.

7. Bernutrisi tinggi

Manfaat jus pare tak lepas dari berbagai kandungan nutrisinya yang luar biasa. Di dalam setengah cangkir (118 mililiter) jus pare, terdapat kandungan nutrisi ini:
  • Kalori: 16
  • Karbohidrat: 3,4 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Vitamin C: 95% dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Folat: 17% dari RAH
  • Zinc: 10% dari RAH
  • Kalium: 6% dari RAH
  • Zat besi: 5% dari RAH
  • Vitamin A: 4% dari RAH.
Dengan berbagai kandungan nutrisinya ini, tidak heran kalau manfaat jus pare dipercaya sangat baik untuk kesehatan.

Cara membuat jus pare mentah

Jika penasaran dengan beragam manfaat manisnya, Anda bisa mencoba buat jus pare mentah sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya.Bahan:
  • 1 buah pare
  • Air atau jus lainnya
  • Perasan lemon, garam, atau madu (opsional)
Cara membuat:
  • Cuci pare dengan air dingin
  • Potong setiap ujung pare (tidak perlu dikupas)
  • Potong pare melintang dan memanjang hingga empat bagian
  • Ambil biji dari setiap bagian menggunakan sendok dan buang
  • Letakkan sisa daging hijau luar dengan sisi rata di atas talenan
  • Iris menjadi potongan berukuran sedang
  • Tambahkan air ke dalam blender, Anda dapat menyesuaikan jumlahnya dengan selera Anda dan Anda juga dapat mengganti air dengan jenis jus lain, jika diinginkan
  • Tambahkan potongan pare ke dalam blender. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes jus lemon dan 1/2 sendok teh (5 ml) madu atau garam untuk menambah rasa.
  • Blender hingga halus.
  • Tuang di atas saringan kawat untuk menyaring potongan buah. Tekan sendok kayu di atas padatan untuk menyaring jus sebanyak mungkin. Sajikan segera atau dinginkan.
Anda dapat menggunakan juicer jika memilikinya. Cukup tambahkan air di langkah paling akhir dan tidak usah disaring.Anda juga bisa mencampurkan bahan lain ke dalam jus karela Anda. Apel hijau, mentimun, jahe, nanas, dan stroberi adalah tambahan yang populer untuk memaniskan minuman tersebut.

Efek samping mengonsumsi pare

Pare umumnya aman dikonsumsi oleh manusia. Meski begitu, beberapa efek samping bisa muncul, seperti sakit perut, pusing, dan kembung pada orang-orang tertentu.Selain itu, wanita hamil dan mereka yang sedang mengonsumsi obat penurun gula darah juga tidak dianjurkan untuk meminum jus pare.Itulah beberapa potensi manfaat jus pare yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsinya. Meski beberapa manfaat di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya untuk mencoba jus ini.Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, pastikan Anda mengonsultasikan konsumsi jus pare terlebih dulu ke pada dokter
buah dan sayuranmakanan sehatmenjaga kesehatanpola hidup sehat
Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/karela-juice
https://www.healthline.com/nutrition/bitter-melon#section2
https://www.healthline.com/health/diabetes/bitter-melon-and-diabetes#health-benefits
Diakses 29 April
Verywell health
https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-bitter-melon-88317
Diakses 29 April
Medical news today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/327463#An-ancient-remedy-coming-to-light-again
Diakses 29 April
NCBI
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25623883
Diakses 29 April
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/karela-juice#recipe
Diakses pada 14 Oktober 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-bitter-gourd#1
Diakses pada 15 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait