Meski Menyehatkan, Tetap Waspadai 7 Efek Samping Buah Naga Ini

(0)
Efek samping buah naga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orangMeski sehat, efek samping buah naga dapat mengganggu kesehatan beberapa orang
Buah naga adalah salah satu jenis buah berbentuk unik dengan warna merah menyala pada kulitnya. Meski baik untuk kesehatan, nyatanya masih banyak orang yang belum memahami efek samping buah naga yang dapat mengganggu kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Memang, apa bahaya buah naga untuk kesehatan?

Kandungan nutrisi dan manfaat buah naga untuk kesehatan

Efek samping buah naga bisa timbul pada beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu
Kandungan nutrisi pada buah naga sangat bermanfaat untuk kesehatan
Buah naga mengandung berbagai nutrisi berupa vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Umumnya, dalam 100 gram buah naga memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:
  • 60 kkal
  • 13 gram karbohidrat
  • 2,9 serat
  • 18 mg kalsium
  • 40 mg magnesium
  • 59 IU vitamin A
  • 2,5 mg vitamin C
  • 0,74 mg zat besi
  • 1,18 gram protein
Kandungan nutrisi inilah yang mampu menawarkan berbagai manfaat buah naga untuk kesehatan.Di antaranya meningkatkan sistem imun tubuh, menyehatkan sistem pencernaan, mengurangi peradangan, menurunkan kadar gula darah penderita diabetes, meningkatkan kesehatan kulit, menyehatkan jantung, hingga mencegah kanker.Meski demikian, makan buah naga secara berlebihan nyatanya dapat menimbulkan mudarat dibandingkan manfaat karena berisiko mengganggu kesehatan.Maka dari itu, penting untuk mewaspadai efek samping buah naga yang dikonsumsi terlalu banyak.

Apa saja efek samping buah naga jika dikonsumsi secara berlebihan?

Pada dasarnya, makan buah naga dalam porsi yang wajar merupakan hal yang aman dilakukan. Akan tetapi, bahaya buah naga mungkin muncul apabila Anda mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.Akibatnya, hal tersebut dapat menimbulkan efek samping buah naga bagi kesehatan. Terlebih bagi beberapa orang dengan riwayat kondisi kesehatan tertentu. Beberapa risiko efek samping buah naga untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, yaitu:

1. Urine berwarna merah muda

Salah satu efek samping buah naga adalah menyebabkan urine berwarna merah muda.Ya, jika Anda makan buah naga yang dagingnya berwarna merah dalam jumlah berlebihan, warna urine Anda mungkin akan mengalami perubahan menjadi merah muda.Hal ini juga terjadi saat Anda mengonsumsi buah bit. Namun, Anda tak perlu khawatir karena warna urine akan kembali seperti semula ketika buah naga sudah keluar dari tubuh sepenuhnya.

2. Reaksi alergi

Efek samping buah naga adalah reaksi alergi
Kulit memerah setelah konsumsi buah naga bisa menandakan alergi
Meski makan buah naga menyehatkan tubuh, sejumlah hasil penelitian melaporkan bahwa efek samping buah naga dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang sesaat setelah mengonsumsinya.Reaksi alergi yang mungkin muncul, antara lain bibir atau lidah membengkak, rasa kesemutan atau gatal di mulut, kulit gatal, meradang, ruam, biduran, hingga mual dan muntah.Jika Anda mengalami gejala reaksi alergi ini, sebaiknya hentikan konsumsi buah naga.Antibodi individu dengan alergi berat terhadap buah naga dapat bereaksi sehingga menimbulkan reaksi anafilaksis.Pada suatu kasus, ada wanita yang tidak memiliki riwayat alergi makanan mungkin mengalami reaksi anafilaksis setelah mengonsumsi buah naga. Alergi semacam ini umumnya belum diketahui sebelumnya.Kendati demikian, reaksi alergi sebagai efek samping buah naga ini tergolong sangat jarang terjadi.

3. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan bisa jadi efek samping buah naga
Konsumsi buah naga berlebihan bisa membuat perut sakit
Efek samping buah naga untuk kesehatan berikutnya adalah gangguan pencernaan.Bahaya buah naga apabila dikonsumsi secara berlebihan ternyata dapat membuat nutrisi lain yang Anda konsumsi, tidak dapat terserap dengan baik saat melewati usus.Alhasil, gangguan pencernaan pun bisa terjadi. Misalnya, perut kembung, sakit perut, hingga penyumbatan usus.Oleh sebab itu, penting untuk mengonsumsi buah naga dalam porsi yang cukup agar manfaat serat yang terkandung di dalamnya dapat berfungsi maksimal dengan cara melancarkan sistem pencernaan Anda.

4. Kelebihan antioksidan

Buah naga mengandung berbagai antioksidan, seperti vitamin C dan komponen antioksidan lain, termasuk fitonutrien, polifenol, dan karotenoid.Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, seluruh kandungan antioksidan ini bekerja dengan menargetkan sel radikal bebas yang berpotensi merusak sistem tubuh.Akan tetapi, efek samping buah naga mungkin mengintai apabila Anda mengonsumsinya terlalu banyak dalam jangka panjang.Alih-alih menargetkan radikal bebas, bahaya buah naga apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak justru dapat merusak sel-sel tubuh yang sehat.

5. Meningkatkan risiko hipoglikemia

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk penderita diabetes.Kandungan serat pada buah naga dapat mengurangi penyerapan gula dalam darah. Selain itu, kandungan karbohidrat di dalamnya juga dapat dengan mudah diserap oleh tubuh menjadi energi sehingga menyeimbangkan efek samping gula.Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup apabila tidak ingin mengalami efek samping buah naga yang ditimbulkan.Bahaya buah naga yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penurunan penyerapan gula dalam darah sehingga meningkatkan risiko hipoglikemia.Hipoglikemia adalah suatu kondisi di mana kadar gula dalam darah mengalami penurunan drastis sehingga menimbulkan gejala, seperti keringat berlebih, rasa lapar berlebihan, merasa lelah, pusing, bibir kesemutan, hingga pingsan.Jadi, jika Anda seorang penderita diabetes yang sedang minum obat-obatan rutin dari dokter, sebaiknya konsumsi buah naga dalam porsi yang wajar agar tidak mengganggu efektivitas obat dan memperparah kondisi penyakit.

6. Meningkatkan risiko hipotensi

Buah naga memang diyakini dapat mengendalikan tekanan darah. Manfaat buah naga untuk kesehatan ini bisa didapat jika Anda mengonsumsinya dalam takaran yang cukup.Pasalnya, kandungan kalium pada buah naga yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menurunkan tekanan darah hingga di bawah batas normal atau hipotensi. Inilah yang menjadi efek samping buah naga untuk kesehatan berikutnya. Gejala hipotensi, di antaranya merasa lelah, pusing, mual, pandangan kabur, merasa bingung, hingga kehilangan kesadaran.

7. Interaksi dengan obat hipertensi

Efek samping buah naga selanjutnya adalah adanya interaksi dengan obat darah tinggi.Penderita hipertensi yang mengonsumsi buah naga bersamaan dengan minum obat darah tinggi atau obat hipertensi dari dokter dapat mengganggu efektivitas kerja obat.

Apakah ada bahaya buah naga bagi ibu hamil dan menyusui?

Sebenarnya, ibu hamil dan menyusui boleh-boleh saja mengonsumsi buah naga sebagai asupan makanan sehat sehari-hari.Namun, penting bagi ibu hamil dan atau ibu menyusui untuk mengonsumsi buah naga dalam porsi yang sedang.Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya guna mengetahui jumlah porsi yang pas.Pasalnya, efek samping buah naga pada ibu hamil dapat muncul apabila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu selama kehamilan.Pada ibu menyusui, efek samping buah naga bila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan, seperti, perut bergas atau perut kembung. Tak hanya pada ibu, kondisi ini dapat dialami pula oleh bayi Anda.Konsumsi buah naga dalam batas yang wajar sebenarnya aman-aman saja bagi tubuh.Meski demikian, efek samping buah naga mungkin dapat dialami oleh beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Terlebih apabila dikonsumsi secara berlebihan.Oleh sebab  itu, sebaiknya selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jumlah wajar konsumsi buah naga dan olahannya sesuai kondisi Anda.Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari efek samping buah naga yang dapat mengganggu kesehatan.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Web Md. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1580/dragon-fruit
Diakses pada 2 September 2020
Web Md. https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-dragon-fruit#1
Diakses pada 2 September 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/dragon-fruit-how-eat-benefits-taste-more/
Diakses pada 2 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/dragon-fruit#nutrition
Diakses pada 2 September 2020
Good Health All. https://goodhealthall.com/side-effects-of-eating-too-many-dragon-fruits/
Diakses pada 2 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait