Meski Kaya Nutrisi, Efek Makan Tauge Berlebihan Patut Diwaspadai

0,0
21 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu efek makan tauge berlebihan adalah gangguan pencernaanKonsumsi tauge secara berlebihan bisa berbahaya
Tauge atau kecambah adalah sayuran yang disukai banyak orang. Selain rasanya yang cocok dipadukan dalam berbagai jenis masakan, kandungan tauge juga kaya nutrisi dan punya banyak manfaat bagi kesehatan. Meskipun demikian, ada sejumlah efek makan tauge berlebihan yang perlu Anda waspadai.

Efek makan tauge secara berlebihan

Mulai dari memicu gangguan pencernaan hingga meningkatkan risiko hipotensi, berikut adalah beberapa efek makan tauge secara berlebihan yang bisa terjadi.

1. Menyebabkan gangguan pencernaan

Salah satu efek makan tauge berlebihan yang merugikan berasal dari kandungan seratnya. Pasalnya, terlalu banyak asupan serat makanan yang merupakan pencahar alami, berpotensi menimbulkan berbagai masalah pencernaan, seperti:
  • Penyerapan nutrisi yang buruk
  • Peningkatan gas pada usus
  • Perut kembung
  • Diare.

2. Meningkatkan risiko hipoglikemia

Salah satu khasiat tauge adalah membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Tauge merupakan salah satu jenis makanan dengan indeks glikemik rendah dan mengandung banyak serat. Keduanya sangat bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah.Namun, efek makan tauge berlebihan berpotensi menyebabkan penurunan gula darah ke tingkat yang sangat rendah sehingga berpotensi menimbulkan hipoglikemia. Beberapa gejala hipoglikemia yang harus diwaspadai adalah:
  • Keringat berlebihan
  • Kelaparan berlebihan
  • Pingsan
  • Lemas
  • Kelelahan
  • Mual
  • Muntah
  • Penglihatan kabur
  • Jantung berdebar.
Jika Anda sedang mengonsumsi obat penurun kadar gula darah, Anda juga tidak disarankan mengonsumsi tauge secara berlebihan untuk mencegah berbagai potensi bahayanya.

3. Meningkatkan risiko hipotensi

Salah satu kandungan tauge adalah kalium yang bermanfaat untuk melemaskan pembuluh darah dan baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.Namun, efek makan tauge berlebihan berpotensi meningkatkan kadar kalium dalam darah sehingga risiko hipotensi atau tekanan darah rendah dapat terjadi.Penderita hipotensi dapat mengalami gejala berupa pusing, penglihatan kabur, mual, muntah, kelelahan, pingsan, kurang konsentrasi, dan sebagainya.Risiko hipotensi sebagai efek makan tauge berlebihan, juga bisa meningkat pada orang yang tengah mengonsumsi obat penurun tekanan darah.

4. Reaksi alergi

Risiko lainnya yang bisa ditimbulkan adalah reaksi alergi pada sebagian orang yang sensitif terhadap kandungan tauge, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika Anda terbukti mengalami alergi setelah mengonsumsi tauge, sebaiknya hindari sayuran ini.

5. Infeksi bakteri

Efek makan tauge secara berlebihan lainnya adalah berpotensi menyebabkan infeksi bakteri, khususnya jika tauge dikonsumsi secara mentah.Oleh karena itu, sebaiknya simpan dan cuci tauge dengan baik sebelum dimasak. Anda juga harus mengolahnya sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.Ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dengan sistem imun tubuh yang lemah tidak dianjurkan makan tauge mentah, apalagi secara berlebihan.

Kandungan tauge dan khasiatnya

Tauge merupakan makanan rendah kalori yang kaya akan nutrisi dan senyawa tanaman bermanfaat. Secara umum, kandungan tauge meliputi serat makanan, protein, folat, magnesium, fosfor, mangan, serta vitamin C dan K.Tauge juga termasuk sumber antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan. Maka tidak mengherankan jika tauge memiliki banyak manfaat apabila dikonsumsi secara wajar. Berikut adalah beberapa potensi khasiat tauge bagi kesehatan:
  • Membantu mengontrol gula darah
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Dilihat dari segi manfaatnya bagi kesehatan, mengonsumsi tauge sangat dianjurkan. Akan tetapi, untuk mendapatkan berbagai khasiat tauge, Anda diwajibkan untuk menjaga kebersihannya, memasaknya terlebih dahulu hingga matang, dan dikonsumsi dengan porsi yang wajar.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/raw-sprouts#TOC_TITLE_HDR_8
Diakses 7 Juni 2021
Good Heath All. https://goodhealthall.com/side-effects-eating-many-mung-bean-sprouts/
Diakses 7 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait