Meski Banyak Manfaatnya, Konsumsi Chia Seed Tidak Boleh Sembarangan

Ada banyak manfaat chia seed bagi kesehatan
Chia seed mengandung segudang manfaat yang baik bagi kesehatan

Beberapa tahun belakang ini, tren mengonsumsi makanan sehat semakin populer, terutama bagi orang yang melakukan pola hidup sehat ataupun diet sehat. Salah satu makanan sehat yang sedang meroket popularitasnya adalah chia seed.

Chia seed merupakan salah satu makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi dan rendah kalori. Chia seed bahkan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, dan mudah untuk mengolahnya.

Apa itu chia seed?

Chia seed adalah biji-bijian hitam kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica (keluarga tanaman mint). Pada zaman dahulu, chia seed merupakan makanan penting bagi suku Aztec dan Maya karena dapat menghasilkan energi yang besar.

Dalam beberapa tahun terakhir, chia seed semakin populer dan banyak dikonsumsi oleh orang-orang. Meski memiliki ukuran yang kecil, namun Anda jangan terkecoh karena biji-biji kecil ini memiliki nutrisi yang besar. Perlu Anda ketahui bahwa 28 gram atau sekitar dua sendok makan chia seed mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 11 gram serat
  • 4 gram protein
  • 9 gram lemak (sebagian besar omega-3)
  • 18% kalsium dari asupan harian yang direkomendasikan
  • 30% mangan dari asupan harian yang direkomendasikan
  • 30% magnesium dari asupan harian yang direkomendasikan
  • 27% fosfor dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Seng
  • Vitamin B3 atau niasin
  • Kalium
  • Vitamin B1 atau tiamin
  • Vitamin B2
  • 137 kalori
  • 1 gram karbohidrat

Dengan kandungan kalori yang rendah dan padat nutrisi, chia seed tentunya cocok dijadikan menu makanan diet Anda. Bukan hanya itu, chia seed juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat melawan radikal bebas.

Beragam manfaat chia seed bagi kesehatan

Tak hanya bagus untuk diet, chia seed juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Nutrisi yang banyak terkandung di dalamnya akan memberi manfaat bagi tubuh ketika dikonsumsi. Manfaat chia seed bagi kesehatan, di antaranya:

  • Membantu menurunkan berat badan

Banyak yang percaya bahwa chia seed dapat membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi chia seed dapat memperlambat penyerapan makanan sehingga meningkatkan rasa kenyang. Hal ini dianggap dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Selain itu, protein dalam chia seed juga bisa membantu mengurangi nafsu makan sehingga asupan makanan ketika makan selanjutnya akan berkurang. Biji ini dianggap dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk diet.

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan serat, protein, dan omega-3 yang tinggi pada chia seed dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji chia secara signifikan mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi yang menjadi faktor risiko dari penyakit jantung. Namun, hal ini tentu harus dibarengi dengan pola hidup dan makan yang sehat.

  • Menjaga kesehatan tulang

Chia seed mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kalsium, fosfor, magnesium, dan protein. Biji chia dianggap sebagai sumber kalsium yang sangat baik bagi orang yang tidak mengonsumsi susu. Namun, chia seed juga mengandung asam fitat yang dapat mengurangi penyerapan kalsium sampai batas tertentu.

  • Menurunkan kadar gula darah

Studi menunjukkan bahwa chia seed mampu menurunkan kenaikan gula darah setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Mengonsumsi roti yang mengandung chia seed dapat menurunkan kenaikan gula darah setelah makan, dibandingkan dengan roti yang tidak mengandung chia seed. Ini tentu dapat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe-2.

  • Melancarkan pencernaan

Chia seed merupakan salah satu makanan tinggi serat terbaik. Mengonsumsi makanan tinggi serat telah terbukti mengurangi tekanan dan peradangan di usus besar. Selain itu, juga dapat mencegah sembelit dan meningkatkan pergerakan usus sehingga pencernaan menjadi lancar.

Namun, beberapa manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan lebih jauh kebenarannya. Sebab, tidak semua manfaat chia seed dapat dirasakan oleh setiap orang.

Adakah bahaya mengonsumsi chia seed?

Mengenai bahaya mengonsumsi chia seed memang jarang terjadi. Namun, ada sebuah kasus di mana seorang pria yang memiliki riwayat masalah dalam menelan mengalami penyumbatan kerongkongan setelah mengonsumsi satu sendok makan chia seed kering dan meminum segelas air.

Chia seed yang ada di kerongkongannya pun mengembang, dan membentuk gel tebal sehingga tidak dapat ditelan dan memerlukan perawatan medis. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mencampurkan chia seed ke dalam makanan atau cairan lain sebelum dikonsumsi.

Selain itu, anak kecil juga tidak dianjurkan mengonsumsi chia seed karena dikhawatirkan akan mengalami kesulitan menelan.

Terlalu banyak mengonsumsi chia seed yang memang tinggi serat turut menyebabkan masalah pada pencernaan, seperti sakit perut, sembelit, diare, perut kembung dan bergas.

Apalagi jika Anda tidak terhidrasi dengan baik, yang ada malah bisa memperburuk masalah pencernaan. Penting bagi Anda untuk tidak mengonsumsi chia seed secara berlebihan.

Beberapa orang juga dapat mengalami alergi terhadap chia seed dan mengalami gejala, seperti gangguan pencernaan, gatal-gatal, dan pembengkakan setelah mengonsumsinya.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi sebelum mengonsumsinya. Namun, jika ketika mengonsumsi chia seed timbul gejala alergi, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Jika Anda tertarik mengonsumsi chia seed, Anda dapat menaburkannya pada sereal, yogurt, oatmeal, puding atau smoothie. Selain itu, biji ini juga bisa diolah sebagai bahan tambahan untuk roti ataupun kue. Chia seed dapat menjadi pengganti telur dalam memasak kue.

Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan chia seed dengan 3 sendok makan air, lalu diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya, chia seed pun akan mengembang di air dan terbentuk gel yang dapat digunakan sebagai pengganti telur.

Chia seed banyak dijual di toko makanan organik, bisa dalam bentuk biji asli ataupun sudah menjadi olahan, seperti sereal ataupun kue.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-health-benefits-of-chia-seeds#section2
Diakses pada 06 September 2019.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/chia-seeds-side-effects#section3
Diakses pada 06 September 2019.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/291334.php
Diakses pada 06 September 2019.

Artikel Terkait

Banner Telemed