Awas, Infeksi Paru-paru Akibat Merokok Ini Mungkin Mengintai Anda

(0)
08 Jul 2019|Anita Djie
Kerusakan paru-paru akibat merokok karena pengurangan oksigen dalam tubuhMerokok dapat mengiritasi dan membuat paru-paru menjadi radang serta memicu rasa batuk dan iritasi
Apakah merokok berpengaruh pada kesehatan paru-paru? Faktanya, merokok memang memiliki andil sebagai penyebab infeksi paru paru yang bisa berkembang menjadi penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)![[artikel-terkait]]

Apa yang terjadi pada paru-paru saat Anda merokok?

Merokok bisa berakibat negatif terhadap paru-paru. Merokok dapat mengiritasi dan membuat paru-paru menjadi radang serta memicu rasa batuk dan iritasi. Jaringan paru menjadi rusak karena rokok dan membuat pembuluh darah serta ruang di paru-paru berkurang.Pengurangan oksigen dalam tubuh terjadi karena kerusakan paru-paru yang dipicu oleh merokok. Merokok juga memicu produksi dahak yang makin bertambah dan mengental. Dahak berlebih yang muncul tidak bisa secara menyeluruh dibersihkan oleh paru-paru.Akhirnya, dahak tersebut menumpuk dan menghalangi pernapasan serta membuat Anda terbatuk-batuk. Dahak yang berlebih meningkatkan risiko infeksi dan menurunkan sistem imun di paru-paru yang menjadi penyebab infeksi paru-paru.Tidak hanya itu, kontribusi merokok menjadi penyebab infeksi paru-paru adalah dengan cara memperlambat kerja silia dan mengurangi jumlah silia di paru-paru. Silia merupakan rambut-rambut seperti sapu yang bertujuan untuk membersihkan paru-paru.

Penyebab infeksi paru paru yang mengintai dalam rokok

Salah satu infeksi paru-paru yang rentan dialami oleh perokok adalah pneumonia atau infeksi saluran pernapasan atas akibat dari bakteri Streptococcus pneumoniae. Merokok berefek sebagai penyebab infeksi paru paru pneumonia dengan meningkatkan penetrasi bakteri ke dalam paru-paru.

Merokok tidak hanya menjadi penyebab infeksi paru paru

Tidak hanya infeksi paru paru, merokok meningkatkan risiko Anda mengalami PPOK dan kanker paru. PPOK adalah kondisi yang serius dan mampu menghalangi pernapasan. PPOK terdiri dari dua penyakit, yaitu bronkitis kronis dan emfisema. Bronkitis kronis terjadi karena peradangan pada bronkus atau saluran pernapasan yang ditandai dengan batuk berdahak berkepanjangan, mengi, dada yang tertekan, dan demam ringan.Sementara itu, emfisema meliputi penipisan dan perusakan kantong udara atau alveoli serta menimbulkan masalah jantung dan tidur, rasa lelah, batuk, penurunan berat badan, dan sesak napas.Kedua penyakit ini umumnya disebabkan oleh merokok yang juga menjadi penyebab infeksi paru paru. Ditambah lagi, Anda akan menjadi lebih rentan mengalami infeksi paru paru saat menderita PPOK.

Gejala infeksi paru-paru

Bagi para perokok, Anda sangat berisiko tinggi mengalami infeksi paru-paru. Infeksi paru-paru tidak hanya ditandai dengan batuk berdahak, tetapi juga sesak napas, rasa sakit di dada, demam, dahak yang mengental, berubah warna, dan memiliki bau yang tidak sedap.Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Apakah kerusakan akibat merokok bisa diobati?

Kerusakan paru-paru akibat merokok tidak dapat diobati. Namun, berhenti merokok bisa menghilangkan penyebab infeksi paru paru yang dapat memperparah kesehatan paru-paru. Menghindari asap rokok juga berkontribusi dalam mengurangi risiko infeksi paru-paru.  

Berhenti merokok!

Merokok tidak hanya menjadi penyebab infeksi paru paru dan PPOK, tetapi juga memberikan dampak buruk pada otak, kulit, sirkulasi darah, dan pencernaan. Berhenti merokok dapat memberikan Anda kesehatan yang lebih baik dan usia yang lebih panjang.   
penyakit paru-paruberhenti merokokkanker paru-paruradang paru-paruinfeksi paru-parupenyakit paru obstruktif kronis
American Lung Association. https://www.lung.org/lung-health-and-diseases/lung-disease-lookup/emphysema/
Diakses pada 07 Juni 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/copd/smoking#1
Diakses pada 07 Juni 2019
John Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/smoking-and-respiratory-diseases
Diakses pada 07 Juni 2019
MedlinePlus. https://medlineplus.gov/chronicbronchitis.html
Diakses pada 07 Juni 2019
UPMC. https://share.upmc.com/2016/04/how-smoking-affects-lungs/
Diakses pada 07 Juni 2019
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/signs-and-symptoms-of-a-lung-infection-914759
Diakses pada 07 Juni 2019
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/lung-infection-risk-increases-with-drinking-smoking-67695
Diakses pada 07 Juni 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait