Meringkuk Hingga Telentang, 3 Posisi Tidur untuk Mengurangi Nyeri Haid


Datang bulan membawa kram yang mengganggu. Bagi yang kerap merasa tidak bisa tidur nyenyak saat tamu bulanan datang, berikut beberapa posisi tidur yang dapat mengurangi rasa nyeri.

0,0
22 Dec 2020|Azelia Trifiana
Posisi tidur untuk mengurangi nyeri haidTidur meringkuk dapat mengurangi nyeri haid
Dalam satu bulan, sangat wajar jika perempuan merasa tidak nyaman saat haid. Tak hanya itu, kualitas tidur juga bisa menurun. Boleh dicoba posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid yaitu fetal position, meringkuk layaknya janin dalam kandungan.Ada banyak alasan yang menyebabkan susah tidur saat haid, salah satunya adalah kram perut. Belum lagi ada keluhan lain seperti sakit kepala, payudara lebih sensitif, mual, hingga perubahan hormon.

Posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid

Bagi yang kerap merasa tidak bisa tidur nyenyak saat tamu bulanan datang, berikut beberapa posisi tidur yang dapat mengurangi rasa nyeri:

1. Posisi fetal

fetal position
Posisi tidur meringkuk
Tidur dalam posisi meringkuk layaknya janin atau fetal position dapat mengurangi tekanan pada otot-otot di perut. Dalam posisi ini, otot rangka bisa lebih rileks. Dengan demikian, nyeri dan kram pun dapat berkurang.Tak hanya itu, tidur dengan posisi meringkuk ini juga bisa mengurangi kemungkinan darah haid bocor. Alasannya karena kedua kaki berada dalam kondisi menempel dan rapat. Jika ingin mengurangi risiko kebocoran ini, juga bisa dipertimbangkan memakai menstrual cup.

2. Child’s pose

child's pose
Child's pose
Dalam yoga, child’s pose adalah posisi untuk memberikan jeda waktu istirahat. Caranya adalah dengan menekuk tubuh ke arah depan sembari meletakkan kepala di kasur. Kedua kaki berada di samping tubuh. Posisi ini dapat mengurangi kram perut saat haid.Jika ingin lebih efektif, bisa lakukan yoga untuk mengatasi rasa tidak nyaman saat menstruasi. Beberapa pose dapat mengurangi rasa nyeri di tulang belakang dan membuat tubuh terasa lebih nyaman.

3. Berbaring telentang

tidur telentang
Tidur telentang
Posisi tidur telentang memberikan pijatan pada area perut sebelum terlelap. Anda juga bisa menambahkan penggunaan minyak aromaterapi seperti lavender dan cinnamon untuk memijat perut. Memang tidak ada bukti secara ilmiah, namun cara ini bisa membuat perut terasa lebih nyaman.Dalam studi terhadap 23 perempuan yang memiliki endometriosis, diketahui memijat perut mengurangi rasa nyeri secara signifikan. Pijatan dilakukan selama 20 menit dengan menekan area abdomen, sisi tubuh, dan juga punggung.

Tips redakan nyeri saat haid

Selain mencoba posisi tidur yang paling nyaman, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid, yaitu:
  • Banyak minum air

Ketika haid, sebisa mungkin perbanyak asupan cairan sehingga dapat mencegah nyeri perut. Biasanya, air hangat lebih nyaman karena melancarkan sirkulasi darah serta membuat otot yang kram lebih rileks.Selain itu, bisa juga dengan banyak mengonsumsi makanan tinggi kadar air seperti selada, timun, semangka, dan berries.
  • Berolahraga

Melakukan olahraga ringan sebelum tidur dapat membantu memproduksi endorphin. Menurut penelitian, hormon ini berperan dalam mengurangi rasa nyeri haid bahkan mengurangi kebutuhan akan obat pereda nyeri haid.Jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki atau yoga. Bahkan dalam sebuah studi, pose yoga seperti cobra dan cat pose dapat mengurangi intensitas dan durasi rasa nyeri pada perempuan berusia 18-22 tahun.
  • Kompres hangat

Menempelkan kompres hangat bersuhu sekitar 40 derajat Celsius adalah cara efektif meredakan nyeri haid. Bahkan, efektivitasnya setara dengan mengonsumsi obat seperti ibuprofen. Ini adalah hasil dari studi tahun 2012 terhadap 147 perempuan berusia 18-30 tahun.Kompres hangat bisa dilakukan dengan botol atau heating pad. Jika tidak ada, kain yang direndam air panas juga bisa menjadi alternatif.
  • Bangun mood

Untuk memastikan kualitas tidur tidak menurun saat sedang haid, sebisa mungkin buat suasana kamar mendukung untuk beristirahat. Atur suhu agar cukup dingin karena hormon kerap membuat tubuh terasa kurang nyaman. Selain itu, hindari pula mengakses gadget sebelum waktu tidur agar rutinitas lebih teratur.

Apabila susah tidur saat haid sudah sangat mengganggu, coba catat dalam jurnal setidaknya selama satu bulan. Dengan cara ini, bisa diketahui apa saja gejala yang berkontribusi terhadap menurunnya kualitas tidur.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara mengurangi nyeri haid, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
siklus haidhaidkesehatan wanita
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/menstrual-cramp-remedies#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 7 Desember 2020
Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3093183/
Diakses pada 7 Desember 2020
Springer Link. https://link.springer.com/article/10.2165/00007256-200838080-00004
Diakses pada 7 Desember 2020
Teen Vogue. https://www.teenvogue.com/story/best-period-sleeping-position-for-cramps
Diakses pada 7 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait