logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Tidak Hanya Meredakan Batuk, Ini 10 Manfaat Minyak Eucalyptus Lainnya

open-summary

Ada banyak manfaat minyak eucalyptus untuk kesehatan, mulai dari meredakan batuk, menghilangkan lendir di dada, hingga mencegah kedatangan serangga.


close-summary

6 Feb 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Menghilangkan lendir di dada menjadi salah satu manfaat minyak eucalyptus.

Salah satu manfaat minyak eucalyptus yang paling populer adalah menyembuhkan batuk.

Table of Content

  • Minyak eucalyptus dan beragam manfaatnya

Manfaat minyak eucalyptus bukanlah sekadar meredakan gejala batuk saja. Minyak yang diekstrak dari dedaunan pohon eucalyptus ini ternyata memiliki "kekuatan" untuk meredakan berbagai gangguan kesehatan yang Anda rasakan.

Advertisement

Mulai dari menghilangkan batuk, dahak atau slam di saluran tenggorokan, membersihkan luka, bingga mengusir serangga, berikut ini manfaat minyak eucalyptus untuk Anda sekeluarga.

Minyak eucalyptus dan beragam manfaatnya

Sebelum minyaknya diambil, dedaunan eucalyptus dikeringkan, dihancurkan, hingga akhirnya disaring hingga minyaknya keluar. Minyak eucalyptus pun harus dicairkan sebelum Anda menggunakannya, agar manfaatnya dapat terasa. Kenali manfaat minyak eucalyptus di bawah ini.

1. Meredakan batuk

Manfaat minyak eucalyptus yang pertama sudah jelas, yaitu menjadi obat batuk alami. Tidak heran, banyak obat batuk di apotek yang menjadikan eucalyptus sebagai salah satu bahan utama.

Caranya menggunakan minyak eucalyptus untuk meredakan batuk dan flu sangatlah mudah. Oleskan saja ke dada dan bagian leher, dan rasakan “keajaibannya”.

2. Menghilangkan lendir di dada

Saat batuk, biasanya ada gejala lain yang menyertai, yakni lendir di dalam dada. Manfaat minyak eucalyptus selanjutnya adalah membantu Anda mengeluarkan lendir membandel yang menempel di dalam dada itu.

Hiruplah uap dari air hangat yang sudah tercampur dengan minyak eucalyptus, agar saat Anda batuk, lendir di dada juga bisa terangkat.

3. Mencegah kedatangan serangga

Nyamuk dan serangga penggigit lainnya sangatlah menyebalkan. Penyakit yang mereka bawa tentu mengganggu kesehatan. Bagi Anda yang tidak suka bau obat semprot serangga, gunakan saja aroma minyak eucalyptus untuk mencegah kedatangan nyamuk dan berbagai macam serangga lainnya.

4. Sebagai disinfektan luka

Suku asli Australia, Aborigin, telah menggunakan minyak eucalyptus untuk menyembuhkan luka serta mencegah infeksi. Saat ini, minyak eucalyptus juga masih dipercaya untuk mencegah peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

5. Melancarkan pernapasan

Minyak eucalyptus
Minyak eucalyptus, obat serba guna yang ampuh 

Saat asma dan sinusitis menyerang, pernapasan pun jadi berat. Menghirup uap air yang sudah dicampurkan dengan minyak eucalyptus, bisa membantu. Sebab, uap hangat yang mengandung aroma eucalyptus ini bisa membantu membersihkan pernapasan dari lendir.

Sementara itu untuk asma, peneliti masih butuh riset lanjutan untuk membuktikan bagaimana cara kerja eucalyptus dalam meredakan gejala asma.

Selain itu, Anda dilarang menggunakan minyak eucalyptus untuk asma, tanpa anjuran dan pengawasan dokter.

6. Menjadi obat penahan nyeri

Percaya tidak percaya, manfaat minyak eucalyptus juga bisa menghilangkan rasa nyeri. Dalam sebuah penelitian, pasien yang baru saja menjalani operasi penggantian tempurung lutut, menghirup uap minyak eucalyptus dengan durasi 30 menit selama 3 hari. Hasilnya, rasa nyeri mereda dan tekanan darah pasien pun menjadi stabil.

7. Mencegah penyakit mulut

Dokter gigi menyarankan untuk mencairkan minyak eucalyptus, kemudian mencampurkan 1 tetesnya dengan pasta gigi. Setelah itu, Anda bisa memakainya untuk menggosok gigi. Hal ini dipercaya bisa mengurangi plak gigi, radang gusi, dan menghilangkan bau mulut tak sedap.

8. Menjaga gula darah tetap stabil

Minyak eucalyptus juga dipercaya sebagai obat diabetes yang bisa membantu Anda mengontrol kadar gula darah. Akan tetapi, para peneliti belum menemukan cara kerja minyak eucalyptus dalam mengobati diabetes.

9. Meredakan nyeri sendi

Penelitian merekomendasikan minyak eucalyptus sebagai obat pereda nyeri sendi. Tidak heran kalau banyak krim pereda nyeri sendi di apotek, yang mengandung minyak eucalyptus. Segala jenis nyeri sendi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis dipercaya bisa reda jika Anda menggunakan minyak ini.

10. Mempercepat penyembuhan sinusitis

Dilansir dari Very Well Health, kandungan cineole yang dimiliki minyak eucalyptus dipercaya bisa mempercepat penyembuhan sinusitis.

Di dalam sebuah studi, sejumlah pasien sinusitis diminta untuk mengonsumsi 200 miligram cineole secara oral sebanyak tiga kali sehari. Hasilnya, penyembuhan sinusitis mereka lebih cepat sehari dibandingkan partisipan lain yang hanya mengonsumsi plasebo.

Meski begitu, berkonsultasilah dulu pada dokter jika Anda ingin menggunakan minyak eucalyptus untuk mengatasi sinusitis.

Baca Juga

  • Manfaat Herbal Astragalus untuk Hidup yang Lebih Sehat
  • Mengenal Imunomodulator, Imunosupresan, dan Imunostimulan dalam Sistem Kekebalan Tubuh
  • Apa Manfaat Sodium Fluoride untuk Gigi?

Catatan dari SehatQ:

Jangan pernah menggunakan minyak eucalyptus tanpa pengawasan dokter, jika Anda memiliki kondisi medis yang bisa diperparah dengan minyak tersebut. Selain itu, Anda dianjurkan untuk mengoleskan minyak eucalyptus ke sedikit bagian kulit Anda, untuk melihat potensi reaksi alergi. Jika Ada, segera hentikan penggunaannya.

Advertisement

nyeri sendibatukhidup sehattanaman obat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved