Merasa Mudah Tersinggung? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

(0)
06 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu penyebab seseorang mudah tersinggung adalah kepribadiannya yang sangat sensitifPerasaan mudah tersinggung dapat diakibatkan oleh gangguan mental
Merasa tersinggung karena ucapan dan perbuatan kasar orang lain merupakan hal yang wajar. Namun, seseorang yang memiliki sifat sangat sensitif dapat membuatnya menjadi mudah tersinggung. Mereka akan sangat mudah tersinggung oleh hal-hal kecil yang dianggap biasa oleh orang lain.

Penyebab perilaku mudah tersinggung

Penyebab seseorang mudah tersinggung dapat disebabkan oleh kepribadian sangat sensitif yang mereka miliki. Sangat sensitif di sini dapat didefinisikan sebagai respons fisik, mental, dan emosional akut terhadap rangsangan internal (dari dalam diri) atau eksternal (lingkungan dan sosial).Selain itu, penyebab orang mudah tersinggung atau marah juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan mental, seperti:

1. Gangguan bipolar

Gangguan bipolar adalah gangguan mental yang membuat penderitanya mengalami dua perubahan suasana hati secara ekstrem, yakni fase mania dan fase depresi. Penderita gangguan bipolar dapat mengalami siklus perubahan suasana hati yang cepat, serta cenderung memiliki sifat mudah tersinggung dan marah.

2. Gangguan kepribadian ambang (BPD)

Gangguan kepribadian ambang dapat memengaruhi suasana hati, perilaku, dan citra diri penderitanya. Penderita gangguan kepribadian ini dapat mengalami emosi yang kuat, citra diri yang buruk, dan perilaku impulsif. Mereka juga biasanya memiliki hubungan pribadi yang tidak stabil.Mudah tersinggung juga mungkin merupakan gejala dari gangguan mental lainnya, seperti gangguan cemas, depresi, skizofrenia, obsesif-kompulsif, dan sebagainya. Selain itu, ketidakseimbangan hormon juga bisa berpengaruh terhadap perasaan ini.Untuk memastikan bahwa sifat mudah tersinggung disebabkan oleh gangguan kesehatan mental, Anda perlu menjalani pemeriksaan oleh psikolog atau psikiater.

Gejala lain yang bisa menemani perasaan mudah tersinggung

Dalam beberapa kasus, perasaan mudah tersinggung dapat diikuti atau didahului oleh sejumlah gejala lainnya. Berikut adalah beberapa gejala yang bisa terjadi setelah atau sebelum perasaan mudah tersinggung.Jika ketidakseimbangan hormon menjadi pemicu perasaan mudah tersinggung yang Anda alami, berikut gejala lain yang bisa muncul:
  • Demam
  • Hot flashes
  • Sakit kepala
  • Gairah seks menurun
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Rambut rontok.

Cara mengatasi perilaku mudah tersingggung

Cara terbaik mengobati perilaku mudah tersinggung adalah dengan mengatasi penyebab utamanya. Jika dokter mendiagnosis kondisi ini ke arah gangguan mental, ia akan merujuk untuk konseling dan memberikan obat resep untuk membantu mengontrol suasana hati.Di sisi lain, jika perilaku mudah tersinggung disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, dokter akan memberikan terapi pengganti hormon.Apabila penyebab mudah tersinggung adalah kepribadian Anda yang sangat sensitif, Anda dapat melatih kekebalan emosional dan sensorik untuk menenangkan dan mengurangi stimulasi berlebihan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Pahami perasaan Anda

Salah satu penyebab utama Anda merasa tersinggung adalah karena Anda membiarkan berbagai hal mengusik perasaan Anda. Selalu ingatkan pada diri bahwa Anda memiliki kekuasaan untuk mengontrol perasaan sehingga Anda tidak mudah tersinggung.

2. Kenali kritik membangun

Tidak semua kritik bertujuan untuk menyerang dan menjatuhkan Anda. Jika seseorang menyampaikan kritik yang dapat membantu dengan cara yang baik, terimalah hal tersebut dan salurkan energi Anda untuk mengembangkan diri ketimbang menghabiskan waktu dengan merasa tersinggung.

3. Perluas pengetahuan budaya

Perbedaan budaya mungkin saja akan menyebabkan seseorang melakukan kebiasaan yang dianggap menyinggung Anda tanpa bermaksud demikian. Jika Anda memiliki pengetahuan budaya yang lebih luas, Anda mungkin akan lebih pengertian dan tidak mudah tersinggung.

4. Latihan meditasi

Meditasi sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan mental dengan mengontrol pikiran dan emosi sehingga Anda tidak mudah tersinggung.

5. Hindari minuman keras

Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat seseorang menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung. Sebaiknya Anda menghindari minuman ini jika memiliki masalah dengan perilaku mudah tersinggung.

6. Jangan menyinggung orang lain

Jika Anda merasakan sendiri sakitnya mudah tersinggung oleh orang lain, maka sebaiknya Anda juga tidak berusaha menyinggung orang lain.Apabila Anda benar-benar kesulitan menangani perasaan mudah tersinggung, bahkan hingga mengganggu keseharian Anda, sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan psikolog atau psikiater.Demikian juga jika Anda merasa memiliki gejala lain yang menandakan adanya gangguan kesehatan mental yang mungkin menjadi penyebab mudah tersinggung.Jika Anda punya pertanyaan seputar kesehatan mental, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
bipolargangguan mentalgangguan kepribadian ambang
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/communication-success/201711/24-signs-highly-sensitive-person
Diakses 24 Februari 2021
A Lust for Life. https://www.alustforlife.com/tools/easily-irritated-stop-being-so-offended
Diakses 24 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/9670
Diakses 24 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/bipolar-disorder/bipolar-anger#what-the-research-says
Diakses 24 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait