Merasa Jenuh? Coba 7 Cara agar Hubungan Pasutri Membuat Rumah Tangga Harmonis


Seks atau hubungan pasutri adalah bumbu terwujudnya rumah tangga harmonis. Artinya, hubungan seksual suami istri yang teratur menjaga keharmonisan keluarga. Tak hanya berbunga-bunga di malam pertama saja, seks tetap bisa menjaga keintiman hubungan dengan pasangan.

(0)
19 Oct 2020|Azelia Trifiana
7 Cara agar Hubungan Pasutri Membuat Rumah Tangga HarmonisSeks dapat menjadi bumbu untuk menjaga keharmonisan rumah tangga
Seks atau hubungan pasutri adalah bumbu terwujudnya rumah tangga harmonis. Artinya, hubungan seksual suami istri yang teratur menjaga keharmonisan keluarga. Tak hanya berbunga-bunga di malam pertama saja, seks tetap bisa menjaga keintiman hubungan dengan pasangan.Terlebih dalam rumah tangga harmonis yang sudah berlangsung bertahun-tahun, tentu kebiasaan dan preferensi pasangan sudah dipahami di luar kepala. Untuk menjaga rumah tangga harmonis, kedua belah pihak bisa sama-sama mengupayakan seks enak.

Jaga rumah tangga harmonis lewat seks

Hubungan seks dapat meningkatkan keharmonisan rumah tangga
Terkadang, rutinitas dan kesibukan seperti mengurus anak, membersihkan rumah, masalah keuangan, dan banyak lagi dapat membuat romantisme padam. Akibatnya, gairah seksual pun sukar muncul. Belum lagi mengalokasikan waktu dan energi untuk bercinta menjadi hal yang sukar diwujudkan.Namun, sebaiknya jangan meletakkan hubungan pasutri dalam skala prioritas paling akhir. Justru, sebaiknya upayakan agar hubungan seksual menjadi agenda wajib demi rumah tangga harmonis. Apa saja caranya?

1. Komunikasi jadi kunci

Komunikasi dengan pasangan merupakan kunci lancarnya suatu hubungan, apapun bentuknya. Termasuk saat mengupayakan hubungan pasutri yang sehat dan teratur. Sampaikan kepada pasangan tentang apapun. Aktivitas seperti pillow talk perlu dilakukan terus menerus untuk mengasah keintiman dengan pasangan.Kedekatan yang berakar dari komunikasi lancar adalah faktor signifikan yang dapat membuat hubungan seksual menjadi hebat. Komunikasikan apapun dengan pasangan, mulai dari hal kecil dan sepele hingga masalah yang dirasa cukup besar.

2. Diskusikan hubungan seksual

Bagaimana pengalaman seks dengan pasangan selama ini? Ada kalanya seks bisa terasa begitu menggairahkan, namun terkadang juga terasa biasa-biasa saja bahkan hambar. Ini hal yang sepenuhnya wajar.Ketika ini terjadi, komunikasikan dengan pasangan apa yang perlu dibenahi atau diapresiasi dari hubungan pasutri kalian berdua. Lakukan semacam evaluasi. Sampaikan pula ekspektasi dari kedua belah pihak. Tak perlu merasa bahasan semacam ini tabu karena justru penting demi rumah tangga harmonis.

3. Alokasikan waktu

Sesibuk dan sebanyak apapun agenda yang harus dilakukan, tetap alokasikan waktu untuk bercinta dengan pasangan. Jika rencana untuk bercinta selalu gagal entah karena kesibukan atau kelelahan setelah seharian beraktivitas, selalu ada ruang untuk melakukan spontaneous sex.Selain itu, mulai flirting sepanjang hari juga bisa menjadi sinyal atau undangan bagi pasangan untuk bercinta di malam harinya. Anda juga bisa memberikan undangan berkencan atau sex date di waktu-waktu yang dirasa spesial.

4. Membangun mood

Hubungan seksual sangat bergantung pada mood. Sebisa mungkin, bangun mood satu sama lain dengan tidak bertengkar. Jangan lupa tambahkan bumbu seperti menggoda alias flirting sesuai karakter masing-masing.Ingat, foreplay bukan melulu apa yang dilakukan di ranjang. Saling mengirim pesan teks menggoda, memberikan pelukan, atau mengeluarkan lingerie dari lemari juga bisa menjadi bentuk foreplay.

5. Tunjukkan perhatian pada pasangan

Bersikap acuh sepanjang hari hanya akan memusnahkan keinginan untuk bercinta saat menutup hari. Tunjukkan perhatian dan kasih sayang kepada pasangan. Lewat cara apapun, tunjukkan bahwa kalian mencintai satu sama lain.Artinya, hal ini perlu diupayakan oleh kedua belah pihak. Inisiatif untuk melakukan hubungan pasutri tak hanya tanggung jawab satu orang saja, melainkan keduanya.

6. Mencoba hal baru

Apabila hubungan pasutri dirasa monoton dan membosankan, jangan ragu mengajak pasangan untuk mencoba hal baru. Seks adalah hal yang selalu menarik untuk dieksplor lebih jauh. Mulai dari mencoba role play, merangsang payudara istri, dan banyak lagi hal menarik yang bisa dilakukan untuk dapat mencapai orgasme.Terbukalah pada hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Mencoba pengalaman pertama bersama dengan pasangan juga akan membangun kedekatan satu sama lain dengan cara yang menyenangkan.

7. Fokus pada kualitas, bukan kuantitas

Ketika berbicara tentang hubungan pasutri, itu merupakan ranah yang paling privat. Jadi, tak perlu membandingkan dengan orang lain maupun persepsi yang dianggap normal. Apabila ada anggapan seks normal berlangsung sekian kali dalam sepekan, tak perlu memaksakan hal yang sama.Fokuslah pada kualitas, bukan kuantitas. Menekankan pada kuantitas hanya akan memberi tekanan bagi kedua belah pihak dan menghilangkan unsur menyenangkan dari seks itu sendiri.Mengupayakan hubungan pasutri yang teratur bukanlah kompetisi. Jadi, jangan memasang target seperti wajib bercinta dengan durasi dan frekuensi tertentu. Ini hanya akan membuat berhubungan seksual terasa bagai kewajiban yang memberatkan.Justru, nikmati saja kapanpun seks terjadi di antara pasutri. Baik itu yang direncanakan maupun spontan, seks harusnya menjadi agenda prioritas di tengah kesibukan sekaligus rutinitas sehari-hari.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar hubungan pasutri maupun seks yang sehat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hubungan seksmempertahankan pernikahanpernikahan
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/keep-sex-life-healthy-in-marriage-2300942Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/save-your-sex-life/201202/9-tips-hot-and-healthy-marriageHopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/keep-the-spark-alive-in-your-marriage
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait