logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

Merasa Hidup Tidak Berharga? Jangan Patah Semangat, Mungkin Ini Penyebabnya

open-summary

Ada momen di mana seseorang merasa hidup tak berharga dan berguna. Penyebabnya bisa berasal dari trauma, perasaan rendah diri, dan gangguan kesehatan mental.


close-summary

4.2

(5)

27 Jan 2021

| Marco Anthony

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Merasa hidup tak berharga membuat semua seolah tak berarti

Merasa hidup tak berharga membuat semua seolah tak berarti

Table of Content

  • Penyebab merasa diri tidak berharga
  • Cara mengatasi perasaan hidup tidak berharga
  • Catatan dari SehatQ

Ada momen di mana seseorang merasa hidup tak berharga dan berguna. Pada saat perasaan ini menyerang, seseorang bisa merasa tak berdaya dan sedih. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya perasaan tak berharga, di antaranya adalah trauma masa kecil, pengalaman pahit di masa lalu, rendahnya harga diri, hingga pertanda adanya gangguan mental.

Advertisement

Perasaan tak berharga sering membuat seseorang kehilangan motivasi untuk melakukan sesuatu karena semua yang Anda lakukan akan terlihat sia-sia. Hal ini tentu akan menghambat aktivitas harian Anda. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara mengelola emosi negatif ini.

Penyebab merasa diri tidak berharga

Agar dapat mengelola perasaan yang tak menyenangkan ini, Anda perlu tahu dulu penyebabnya agar dapat mengatasinya dengan tepat. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda merasa tak berharga adalah:

1. Trauma masa kecil

Rendahnya harga diri seseorang bisa disebabkan oleh trauma masa kecil. Efek pengalaman pahit yang dialami saat Anda masih anak-anak seperti kekerasan fisik, seksual, verbal yang dilakukan oleh orangtua atau pengasuh bisa terbawa hingga dewasa. 

Sebuah studi menemukan bahwa trauma masa kecil memang berpengaruh pada munculnya perasaan tak berharga seseorang saat dewasa.

2. Sering menerima kritikan negatif

Kritikan negatif dapat membuat harga diri seseorang rapuh. Terlebih jika kritikan tersebut sering membuat Anda merasa dipermalukan.

3. Menyalahkan diri sendiri

Sering menyalahkan diri sendiri setiap kali ada kejadian buruk dapat menyebabkan seseorang depresi dan memunculkan perasaan tak berharga.

4. Kesulitan mengelola stres

Perasaan diri tak berharga juga dapat muncul ketika Anda kewalahan mengelola stres. Stres yang berlebihan dan tak terkendali dapat membuat seseorang kehilangan persepsi tentang dirinya sendiri. Perasaan ini dapat terjadi setelah Anda mengalami kejadian buruk seperti perceraian hingga kerugian finansial.

5. Gejala gangguan kondisi mental

Gangguan kondisi mental seperti depresi sering menunjukkan gejala seperti perasaan sedih, merasa bersalah, hingga tak berharga. Gejala umum dari depresi dapat mengganggu seseorang melakukan aktivitas hariannya.

Baca Juga

  • Sulit Menerima Kenyataan Pahit, Bisa Jadi itu Gangguan Penyesuaian
  • 1 dari 5 Pasien Psoriatic Arthritis Alami Depresi, Mengapa?
  • Mengenal Apa Itu Stereotip dan 8 Bentuknya

Cara mengatasi perasaan hidup tidak berharga

Jangan biarkan emosi negatif ini membuat Anda jadi patah semangat. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghadapinya.

1. Hindari berpikir negatif tentang diri sendiri

Orang yang mengalami perasaan tak berharga umumnya sering melakukan negative self-talk, seperti ketika Anda berpikir bahwa Anda tidak bisa melakukan sesuatu karena Anda tidak mampu. Saat pikiran tersebut muncul, cobalah untuk merubahnya menjadi positif dengan berkata “saya bisa melakukan hal tersebut secara bertahap”.

2. Menolong orang lain

Saat Anda merasa tidak berharga, cobalah untuk menolong orang lain. Sebuah riset menunjukkan, menolong orang lain dapat menimbulkan rasa bahagia. Selain itu, melakukan hal ini dapat memberikan Anda tujuan hidup, yang tentunya akan menghilangkan perasaan tak berharga.

3. Lebih sering bersyukur

Perasaan tidak berharga akan semakin intens ketika Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain. Oleh karena itu, cobalah untuk berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain dan lebih banyak bersyukur.

Anda juga bisa mencoba membuat diari, meluangkan waktu untuk menulis hal-hal kecil yang bisa Anda syukuri setiap harinya.

4. Kunjungi psikolog

Perlu diingat juga, merasa diri tidak berharga juga bisa diakibatkan oleh gangguan pada kondisi mental Anda. Segera temui ahlinya, seperti psikolog atau psikiater untuk berkonsultasi masalah Anda jika hal ini sudah sangat mengganggu.

Psikolog dapat membantu Anda menemukan akar masalah dari perasaan negatif ini.

Catatan dari SehatQ

Perasaan tidak berharga adalah bentuk emosi negatif yang dapat mengganggu kehidupan Anda. Mengetahui cara mengelolanya dengan baik dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Jika Anda merasa perasaan ini sudah sangat mengganggu, jangan sungkan untuk menemui psikolog atau psikiater.

Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai perasaan dan kondisi emosional Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

gangguan mentalkesehatan mentalpost traumatic stress disorder (PTSD)

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved