Merasa Gairah Meningkat Menjelang Haid? Ini Alasannya


Tak perlu merasa malu atau aneh jika merasa gairah meningkat menjelang haid, karena itu adalah hal yang normal. Gairah seksual meningkat bisa terjadi sejak dua minggu sebelum haid, bersamaan dengan masa ovulasi. Melakukan cara memanjakan miss V seperti masturbasi bisa jadi pilihan.

(0)
20 Oct 2020|Azelia Trifiana
Gairah meningkat menjelang haid adalah normalGairah meningkat saat menjelang haid adalah normal
Tak perlu merasa malu atau aneh jika merasa gairah meningkat menjelang haid, karena itu adalah hal yang normal. Gairah seksual meningkat bisa terjadi sejak dua minggu sebelum haid, bersamaan dengan masa ovulasi. Melakukan cara memanjakan miss V seperti masturbasi bisa jadi pilihan.Tidak diketahui secara pasti mengapa gairah seksual meningkat menjelang haid. Namun tentu tak lepas dari faktor hormon wanita yang fluktuatif.

Gairah seksual meningkat saat ovulasi

Ovulasi umumnya terjadi dua minggu sebelum haid. Pada fase ini, level hormon estrogen dan progesteron meningkat sehingga dapat memicu naiknya gairah seksual.Terlebih, ovulasi adalah fase ketika kesuburan perempuan berada di puncaknya. Secara biologis, tubuh perempuan berada dalam kondisi siap bereproduksi. Itulah mengapa sangat wajar dan alami jika muncul gairah seksual yang lebih besar dari biasanya.Beberapa faktor lain yang menyebabkan hal ini bisa juga karena:
  • Kemungkinan hamil lebih rendah

Lupakan dulu masa ovulasi yang terjadi sekitar dua pekan sebelum haid. Pada masa beberapa hari mendekati jadwal haid, risiko untuk bisa hamil menjadi lebih kecil. Bagi beberapa orang, hal ini justru dapat meningkatkan gairah seksual mereka.Ini berlaku pada mereka yang memang belum ingin memiliki keturunan. Namun perlu diingat bahwa kehamilan tetap bisa terjadi pada periode beberapa hari sebelum haid. Jika diperlukan, lakukan langkah preventif seperti menggunakan alat kontrasepsi.
  • Keluarnya cairan vagina

Penyebab gairah seksual wanita meningkat bisa juga terjadi karena keluarnya cairan vagina yang lebih banyak dibandingkan dengan hari biasa. Umumnya, cairan vagina yang keluar jelang haid berwarna bening atau putih.Semakin banyak cairan vagina yang keluar, vagina akan merasakan lubrikasi lebih signifikan. Tak jarang, hal ini menyebabkan area miss V menjadi lebih sensitif sehingga mudah terangsang.
  • G-spot tertekan

Ada perempuan yang merasa mual beberapa hari menjelang haid. Pemicunya mungkin karena perubahan hormon estrogen dan progesteron yang mengakibatkan retensi air. Meski terasa tidak nyaman, rasa mual ini bisa juga menyebabkan area G-spot menjadi tertekan.Ketika area G-spot tertekan, maka seseorang akan merasa lebih sensitif. Bahkan, area di sekitar vulva seperti klitoris dan labia mayora juga bisa merasa mudah terangsang. Pemicunya karena rahim sedang menekan ujung saraf di area itu.
  • Seks meredakan gejala PMS

Beberapa gejala PMS membuat seseorang merasa kurang nyaman. Gejalanya mulai dari kram, lelah, nafsu makan membuncah, atau munculnya jerawat. Melakukan hubungan seksual hingga mencapai orgasme dapat mengalihkan rasa nyeri berkat endorfin yang dihasilkan.Itulah mengapa seks enak tak hanya menghilangkan rasa kram perut jelang haid, tapi juga membuat mood menjadi lebih baik. Dalam studi tahun 2013 pun, aktivitas seksual dapat menghilangkan rasa migrain jelang haid.Berkaitan dengan kemungkinan kecil hamil saat beberapa hari jelang haid, ini tidak bisa disamakan antara satu perempuan dan lainnya. Contohnya jika siklus haid terlalu singkat atau justru panjang, maka kapan ovulasi terjadi sukar dipastikan.

Masturbasi, alternatif lain selain berhubungan seksual

Ketika merasa gairah seksual meningkat beberapa hari menjelang haid, masturbasi atau bermain solo juga bisa jadi pilihan. Hingga kini pun tak ada penelitian yang menyebut korelasi antara masturbasi dengan kapan haid akan terjadi.Namun apabila melakukan masturbasi dirasa sudah sangat dekat dengan datangnya haid, lakukan beberapa persiapan seperti:
  • Siapkan handuk atau tisu basah
  • Bila perlu, gunakan pembalut sekali pakai atau menstrual cup
  • Fokus pada stimulasi klitoris jika tidak ingin memasukkan jari atau sex toy ke dalam vagina
  • Selalu bersihkan hingga steril sex toy sebelum dan sesudah masturbasi untuk menghindari infeksi
Sangat normal merasa gairah meningkat menjelang haid, hampir sebagian besar perempuan bisa mengalaminya. Pemicunya pun beragam, bisa juga karena kombinasi beberapa teori yang dikemukakan di atas.Penasaran ingin tahu apa saja yang bisa berubah terkait gairah seksual dan siklus haid seseorang? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.  
siklus haidhaidkesehatan wanita
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/horny-before-period-2
Diakses pada 5 Oktober 2020
Elsevier. https://labs.psych.ucsb.edu/roney/james/roneysimmons.published.pdf
Diakses pada 5 Oktober 2020
Reproductive Health Journal. https://reproductive-health-journal.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12978-017-0332-3
Diakses pada 5 Oktober 2020
OVID. https://insights.ovid.com/crossref?an=00003677-200807000-00008
Diakses pada 5 Oktober 2020
Sage Journals. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0333102413476374
Diakses pada 5 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait