Menyingkirkan Rambut Kemaluan dengan Brazilian Wax, Yes or No?

Brazilian wax berbeda dengan bikini wax karena pada metode ini tidak ada rambut kemaluan yang disisakan
Pada brazilian wax, semua rambut di area kemaluan akan dicabut hingga benar-benar habis

Rambut yang tumbuh di area kemaluan memang terasa mengganggu bagi sebagian orang. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak metode untuk menyingkirkan semak-semak di bawah sana, salah satunya adalah dengan brazilian wax.

Berbeda dari bikini wax yang hanya mencabut rambut di area kemaluan yang tidak tertutupi oleh bikini, metode brazilian wax membabat habis semuanya tanpa tersisa. Di satu sisi, ini akan terasa nyaman karena rambut tidak akan tumbuh lagi dalam waktu beberapa minggu. Namun di sisi lain, bakteri dan kuman jadi lebih mudah menempel ke area tersebut.

Untuk Anda yang tertarik melakukan metode ini, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang sebaiknya diketahui sebagai bahan pertimbangan. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Kelebihan brazilian wax

Memangkas rambut kemaluan dengan metode bralizian waxing menawarkan kelebihan berikut ini:

1. Mengeksfoliasi kulit

Metode brazilian wax bisa mengeksfoliasi kulit di daerah tersebut. Eksfoliasi adalah pengelupasan sel kulit mati yang kemudian akan diganti dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Eksfoliasi ini akan memicu produksi kolagen dan membuat kulit jadi lebih sehat.

2. Risiko iritasi lebih kecil

Jika dibandingkan dengan mencukur, risiko iritasi akibat waxing lebih kecil. Tentunya hal ini berlaku jika waxing dilakukan dengan teknik yang tepat dan bahan serta alat yang steril.

3. Pertumbuhan rambut lebih tipis dan mudah diatur

Waxing akan mencabut rambut hingga ke akar. Sehingga, saat kembali tumbuh, rambut biasanya akan jadi lebih tipis dan halus dari sebelumnya. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mengaturnya.

Kekurangan brazilian wax

Menyingkirkan semua rambut kemaluan mungkin memang terlihat lebih bersih dan higienis. Namun pada kenyataannya, hal tersebut tidak tepat.

Rambut yang tumbuh di area kemaluan memiliki fungsi melindungi organ genital dari serangan bakteri, alergen, maupun patogen lainnya. Sehingga, kalau semuanya dibabat habis, maka kita jadi tidak memiliki perlindungan lagi. Kondisi ini membuat organ tersebut jadi lebih rentan terkena infeksi.

Belum lagi, jika salon waxing yang Anda kunjungi tidak menjaga kebersihan dengan baik. Maka risiko infeksi akan semakin meningkat.

Lilin yang digunakan untuk waxing juga dipanaskan dengan suhu yang tepat. Jika suhu lilin lebih tinggi dari yang seharusnya, maka akan ada risiko terbakar di kulit kemaluan. Selain itu, lilin ini tidak boleh digunakan oleh lebih dari satu orang.

Secara umum, brazilian wax tidak disarankan untuk dicoba jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Anda lebih baik mencoba metode lain yang ada apabila mempunyai kulit sensitif.

Tips untuk melakukan brazilian wax

Kalau sudah mantap ingin mencoba brazilian wax, Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini sebelum datang ke salon untuk waxing.

  • Pastikan rambut kemaluan sudah tumbuh setidaknya 0,5 cm dan jika rambut sudah tumbuh lebih dari 1 cm, sebaiknya Anda sedikit memotongnya agar lebih mudah tercabut.
  • Lakukan eksfoliasi beberapa hari sebelum waxing dengan menggosok area kemaluan menggunakan kain handuk untuk mencegah ingrown hair.
  • Batasi konsumsi alkohol dan kopi 24 jam sebelum waxing, sebab keduanya bisa membuat pori-pori semakin kecil, dan membuat proses waxing semakin menyakitkan.
  • Saat pergi ke salon, gunakan pakaian dalam yang terbuat dari katun dan longgar agar nyaman.
  • Untuk membantu mengurangi rasa sakit, konsumsilah obat pereda nyeri 30 menit sebelum waxing.
  • Sebaiknya jangan lakukan waxing menjelang atau saat sedang menstruasi, karena kulit di area kemaluan sedang sensitif dan bisa membuat Anda merasa kram.
  • Jika sedang hamil, waxing sebaiknya tidak dilakukan saat memasuki trimester ketiga. Perubahan hormon yang terjadi saat hamil juga membuat Anda lebih mudah merasa nyeri.

Selain itu, setelah waxing selesai dilakukan, ada baiknya jika Anda mengompres area genital dengan kompres dingin untuk membantu meredakan nyeri. Anda juga disarankan untuk tidak mandi air panas sementara waktu dan rutin mengoleskan pelembap agar tidak iritasi. Pilih pelembap yang tidak menyumbat pori-pori dan bertuliskan bebas minyak atau non-comedogenic.

Catatan dari SehatQ

Brazilian wax adalah salah satu metode memangkas rambut kemaluan yang bisa Anda pilih. Berbeda dar bikini wax yang masih menyisakan sedikit rambut di area genital, metode brazilian wax menghilangkan semua rambut termasuk yang berlokasi di sekitar anus.

Metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi untuk Anda yang ingin mencobanya, silakan pertimbangkan dulu keduanya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/what-is-a-brazilian-wax
Diakses pada 29 April 2020

Health. https://www.health.com/beauty/the-gross-reason-you-should-think-twice-about-getting-a-full-brazilian-wax
Diakses pada 29 April 2020

Health. https://www.health.com/condition/sexual-health/best-pubic-hair-removal
Diakses pada 29 April 2020

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/hair/how-to-wax
Diakses pada 29 April 2020

Artikel Terkait