Menyambut Hari Kesehatan Nasional, Ikuti Tips Sehat di Tempat Kerja Ini

Hari Kesehatan Nasional 2019 mengambil tema "Generasi sehat, Indonesia unggul"
Hari Kesehatan Nasional jatuh setiap tanggal 12 November 2019

Bagi para pekerja kantoran, sebagian besar waktu biasanya akan dihabiskan di tempat kerja. Sehingga, kesehatan kadang menjadi hal yang diabaikan. Hari ini, bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional, mari kita mulai ubah kebiasaan buruk tersebut.

Diperingati setiap tanggal 12 November, Hari Kesehatan Nasional tahun ini diadakan dengan tujuan untuk menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Tema yang diambil, “Generasi Sehat, Indonesia Unggul” dirasa cocok untuk meningkatkan semangat masyarakat Indonesia untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat.

Karena itu, untuk ikut andil dalam hari kesehatan nasional tahun ini, Anda dapat memulainya dengan mulai mengikuti tips menjaga kesehatan di tempat kerja, seperti berikut ini.

Cara menjaga kesehatan di tempat kerja

Duduk berjam-jam menghadap layar komputer, tanpa disadari bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan mulai dari kelainan postur, penyakit mata, hingga sakit punggung. Jika tidak mau menjadi bagian dari kelompok pekerja yang mengalaminya, Anda perlu menjalani kebiasaan sehat mulai dari sekarang.

Pada momen Hari Kesehatan Nasional ini, mulailah menjadi lebih sehat di tempat kerja, dengan beberapa tips di bawah ini:

1. Jangan terlalu sering ngemil

Budaya ngemil di perkantoran memang sulit dihilangkan. Apalagi, jika camilan tersebut tersedia langsung di meja kerja Anda atau teman sebelah. Tinggal bergerak sedikit, makanan sudah bisa digapai.

Kebiasaan ngemil, bisa membuat Anda tidak menyadari banyaknya kalori yang masuk ke tubuh. Tahu-tahu, berat badan sudah naik dan Anda baru merasa panik.

Karena itu, lebih baik jangan terbiasa menaruh camilan di meja kerja Anda. Sebisa mungkin, jauhkan toples-toples maupun bungkus-bungkus makanan hingga tidak terlihat dari mata, agar keinginan untuk ngemil dapat berkurang.

2. Banyak minum air putih

Kebutuhan cairan setiap orang memang bisa berbeda-beda. Namun secara umum, minum 8-10 gelas air putih sehari sudah bisa memenuhi kebutuhan cairan Anda.

Mencukupi kebutuhan cairan juga penting dilakukan agar Anda bisa tetap fokus saat bekerja. Pernah merasa ngantuk saat jam menunjukkan pukul 3 sore? Padahal, waktu pulang masih lama.

Hal tersebut bisa jadi penanda dehidrasi. Sehingga, saat Anda merasa mengantuk di kantor. Untuk mengatasinya, minumlah air putih.

3. Jangan malas bergerak

Coba cari cara untuk lebih banyak bergerak saat bekerja. Sebab, duduk berjam-jam di posisi yang sama, tidak baik untuk kesehatan Anda.

Cobalah untuk berdiri saat menerima telepon, atau jalan ke meja teman untuk membicarakan masalah pekerjaan secara langsung, dibanding hanya berkirim pesan melalui email atau chat.

Saat jam makan siang tiba, pilihlah tempat makan siang yang sedikit lebih jauh dari kantor, sehingga Anda akan berjalan untuk ke tempat tersebut. Tidak hanya membantu membakar kalori, berjalan juga bisa mengurangi perasaan stres dari pekerjaan Anda.

Cara lain untuk memperbanyak bergerak saat di tempat kerja adalah dengan memilih menggunakan tangga dibanding lift.

4. Konsumsi makanan bergizi

Saat jam makan siang tiba, pilihlah menu yang sehat dan jika bisa, rendah kalori. Perbanyak makan sayur dan kurangi makanan yang berlemak. Selain itu, perhatikan juga porsi makan Anda. Sebab, selama bekerja Anda tidak banyak melakukan pergerakan fisik, sehingga kalori yang terbakar pun akan sedikit.

5. Perbaiki posisi duduk

Posisi duduk juga penting diperhatikan, agar Anda tidak mengalami sakit pinggang, punggung, serta sendi-sendi lainnya. Pilih kursi kerja yang bisa mendukung posisi tulang belakang.

Saat duduk, pastikan telapak kaki bisa beristirahat dengan lurus di permukaan lantai. Duduk dengan tegak, agar posisi paha sejajar dengan lantai. Selain itu, atur juga posisi pegangan tangan di kursi, agar tangan bisa bersandar dengan nyaman dan bahu bisa tetap rileks.

6. Atur jarak layar komputer ke mata

Posisikan layar komputer sejajar dengan pandangan mata. Atur jaraknya, jangan terlalu dekat atau terlalu jauh. Jarak yang ideal kira-kira sama dengan panjang lengan Anda.

7. Rutin bersihkan meja kerja Anda

Jika tidak rutin dibersihkan, keyboard komputer, telepon, maupun meja kerja bisa menjadi sarang bakteri dan kuman penyebab penyakit. Jadi, jangan malas membersihkan area kerja Anda.

8. Kenali batasan tubuh Anda

Kadang kita lupa, bahwa kesehatan adalah yang terpenting. Hal ini membuat kita terus bekerja mengejar target, tanpa menyadari, bahwa tubuh kita sebenarnya sudah mulai terganggu kesehatannya.

Apabila tubuh terus dipaksa bekerja, kesehatan kita juga akan terganggu. Biasanya, jika mulai merasa stres berat, kita baru akan berhenti atau beristirahat sebentar dari pekerjaan. Sementara itu, stres yang dialami sudah terlanjur berdampak negatif pada suasana hati dan hubungan dengan orang-orang di sekitar.

Kondisi ini, bisa disebut sebagai burnout. Sebagai dampaknya, burnout juga berisiko menurunkan daya tahan tubuh, membuat sulit tidur dan tidak bisa berkonsenterasi.

9. Perhatikan posisi leher

Salah satu masalah kesehatan yang sering menghampiri para pekerja kantoran adalah tension neck syndrome atau kondisi leher tegang. Hal ini bisa muncul akibat leher berdiam diri di satu posisi yang salah dalam waktu yang lama.

Leher tegang biasanya banyak terjadi pada pekerja yang harus banyak mengetik atau menerima telepon. Tidak hanya pada leher, gejala kondisi ini juga bisa menyebar hingga ke bahu.

Untuk mencegahnya, perhatikan posisi leher Anda. Rutin ubah posisi leher dan jangan sampai leher diam dalam posisi yang salah terlalu lama.

Catatan dari SehatQ

Mari kita peringati Hari Kesehatan Nasional ini dengan mulai melakukan usaha-usaha dalam menjaga kesehatan, termasuk di tempat kerja. Anda tidak harus langsung mempraktikkan semua tips di atas.

Mulailah dengan perlahan, dari hal yang dirasa paling mudah, seperti membersihkan meja. Dengan begitu, waktu yang sebagian besar kita habiskan untuk bekerja, tidak akan terbuang sia-sia karena sakit.

Direktorat Promosi Kesehat dan Pemberdayaan Masyarat Kemenkes RI. http://promkes.kemkes.go.id/hari-kesehatan-nasional-hkn-ke-55-tahun-2019-generasi-sehat-indonesia-unggul
Diakses pada 12 November 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/office-ergonomics/art-20046169
Diakses pada 12 November 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/office-exercise/art-20047394
Diakses pada 12 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/women/features/10-tips-to-improve-your-health-at-work#1
Diakses pada 12 November 2019

Artikel Terkait