Menurunkan Tekanan Darah secara Alami Ternyata Tak Merepotkan


Menurunkan tekanan darah tinggi dapat dimulai dari diri sendiri dan dengan cara sederhana tanpa obat-obatan. Pola makan dan gaya hidup yang sehat adalah kuncinya.

(0)
06 Jul 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu cara menurunkan tekanan darah adalah mengonsumsi makanan seimbangMenurunkan tekanan darah butuh makanan seimbang dan olahraga
Hipertensi merupakan salah satu penyebab umum dari penyakit jantung dan stroke. Bila Anda mengalaminya, terdapat sejumlah cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa Anda mulai dari sekarang.Tinggi rendahnya tekanan darah seseorang bergantung pada banyaknya darah yang dipompa oleh jantung dan besarnya halangan aliran darah dalam pembuluh darah. Semakin sempit pembuluh darah Anda semakin tinggi pula tekanan darah.

Kapan Anda dianggap mengalami hipertensi?

Seseorang disebut mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi bila tekanan darahnya di atas 130/80 mmHg.Sayangnya, tekanan darah tinggi sering tidak menimbulkan gejala nyata hingga memasuki tahap berat dan memicu komplikasi.Satu-satunya cara untuk mengetahui kondisi hipertensi adalah dengan melakukan tes kesehatan secara berkala. Bila Anda dinyatakan mengalaminya, segera berkonsultasi dengan dokter untuk menerapkan sejumlah langkah guna menurunkan tekanan darah.

Tips lain untuk menurunkan tekanan darah

Selain memerhatikan pola makan, penerapan gaya hidup sehat juga penting untuk membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah. Beberapa langkah di bawah ini bisa Anda terapkan dari sekarang:
  • Menurunkan berat badan jika berat badan Anda berlebih. Aliran darah bisa terganggu bila berat badan Anda melebihi batas normal atau Anda mengalami obesitas.
  • Rajin berolahraga, setidaknya sekitar 30 menit setiap hari. Latihan kardio, seperti berjalan, jogging, bersepeda, dan berenang, bisa menjadi pilihan.
  • Berhenti merokok bila Anda merokok. Dengan menghentikan kebiasaan buruk ini, Anda tidak hanya menurunkan tekanan darah, tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.
  • Mengelola stres dengan baik, misalnya memperbaiki sudut pandang tentang suatu masalah, memanjakan diri dengan melakukan hobi, serta melakukan teknik relaksasi (seperti meditasi dan yoga).
  • Usahakan untuk selalu menjaga jadwal, durasi, dan kualitas tidur Salah satu tips untuk membantu Anda agar tidur nyenyak adalah dengan membuat ruang tidur yang nyaman dengan cahaya redup, suhu sejuk, dan tidak berisik.
Menurunkan tekanan darah dapat Anda lakukan secara mandiri. Mulai dari menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang, beolahraga, mengendalikan stres, serta berhenti merokok.Tidak lupa, lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter secara berkala setiap tahun, atau sesuai anjuran dokter. Langkah ini akan membantu dalam memantau kondisi kesehatan Anda dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.
hipertensitekanan darah tinggi
Healthline. https://www.healthline.com/health/high-blood-pressure-hypertension/lower-it-fast#1
Diakses pada 6 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/high-blood-pressure-hypertension
Diakses pada 6 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/in-depth/high-blood-pressure/art-20046974
Diakses pada 6 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318716#fifteen-remedies
Diakses pada 6 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/annual-physical-examinations#1
Diakses pada 6 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait