Menu Makan Penderita Gagal Ginjal yang Disarankan

Meu makan penderita gagal ginjal perlu dilengkapi kembang kol
Kembang kol bisa menjadi salah satu menu makan penderita gagal ginjal

Bagi orang dengan penyakit gagal ginjal, penting untuk memperhatikan setiap asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Pasalnya, ginjal Anda tidak dapat mengeluarkan limbah dan racun dari dalam tubuh sebagaimana mestinya lagi.

Pola makan yang ramah untuk ginjal dapat membantu dalam melindungi ginjal Anda dari kerusakan lebih lanjut. Untuk itu, catat menu makan penderita gagal ginjal yang disarankan oleh para ahli ini.

Apa yang perlu dibatasi dalam menu makan penderita gagal ginjal?

Pola makan yang disarankan untuk gagal ginjal stadium awal berbeda dengan stadium akhir. Dokter biasanya akan memberikan saran mengenai apa saja yang perlu dibatasi dan dikonsumsi lebih banyak.

Namun secara umum, penderita penyakit ginjal perlu membatasi asupan makanan yang mengandung zat-zat di bawah ini:

  • Sodium

Pengidap gagal ginjal boleh-boleh saja mengonsumsi sodium, tapi perhatikan jumlah asupannya. Asupan sodium yang disarankan adalah tidak lebih dari 2.000 mg per hari atau setara dengan setengah sendok teh.

Mengonsumsi terlalu banyak sodium dapat menyebabkan sejumlah masalah, seperti pergelangan kaki membengkak, tekanan darah tinggi, dan sesak napas.

  • Kalium

Kalium berperan penting untuk fungsi saraf. Tapi sayangnya, tubuh pasien gagal ginjal tidak dapat menyaring kelebihan kalium dalam darah, sehingga asupannya harus dibatasi.

Jumlah kalium yang dikonsumsi per hari sebaiknya tidak lebih dari 2.000 mg. ontoh makanan tinggi kalium yang perlu dihindari dalam menu makan penderita gagal ginjal meliputi pisang, kentang, alpukat, dan melon.

  • Fosfor

Pengidap gagal ginjal rentan mengalami kelebihan fosfor dalam tubuhnya. Kondisi ini bisa berujung pada penyakit jantung. Untuk itu, asupan fosfor harus dibatasi antara 800-1.000 mg per hari.

Makanan yang mengandung tinggi fosfor meliputi makanan cepat saji, keju olahan, daging-dagingan, kacang-kacangan, sport drink, dan alkohol.

Saran menu makan penderita gagal ginjal

Pengaturan menu makan penderita gagal ginjal biasanya dilakukan oleh dokter. Diet ramah ginjal perlu diterapkan dengan baik untuk membantu dalam mengurangi limbah di darah. Dengan ini, kualitas hidup Anda akan meningkat.

Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk ginjal yang perlu lebih sering dikonsumsi oleh pengidap gagal ginjal:

  • Kembang kol

Sayuran ini menyimpan sejumlah zat yang baik untuk ginjal. Mulai dari vitamin C, vitamin K, dan folat. Kandungan seratnya juga tinggi.

Sementara dalam 124 gram kembang kol yang sudah dimasak, terkandung 19 mg sodium, 176 mg kalium, dan 40 mg fosfor.

  • Putih telur

Putih telur adalah pilihan yang tepat untuk pengidap gagal ginjal dibanding kuning telur yang tinggi fosfor. Kandungan protein bagian putih telur juga dibutuhkan oleh pasien gagal ginjal yang menjalani dialisis. Pasalnya, proses cuci darah dapat membuang protein dari dalam darah.

Dua putih telur berukuran besar atau sekitar 66 gram, mengandung 110 mg sodium dan 108 mg kalium. Namun kandungan fosfornya cukup rendah, yaitu 10 mg.

  • Ikan kakap putih

Ikan kakap putih kaya akan asam lemak omega-3. Menurut sebuah penelitian, omega-3 dapat mengurangi risiko terjadinya gagal ginjal stadium akhir.

Dibandingkan ikan lainnya, kandungan fosfor dalam ikan kakap putih termasuk rendah. Karena itu, ikan ini bisa disertakan dalam menu makan penderita gagal ginjal.

Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan porsinya agar tidak terlalu banyak. Pasalnya, 85 gram ikan kakap putih yang dimasak memiliki 74 mg sodium, 279 mg kalium, dan 211 mg fosfor.

  • Blueberry

Antioksidan dalam buah blueberry memiliki peran dalam mencegah penyakit jantung hingga kanker. Ini penting untuk orang yang memiliki gagal ginjal karena penyakit tersebut berhubungan erat dengan penyakit jantung.

148 gram blueberry segar menawarkan 1,5 mg soduim, 114 mg kalium, dan 18 mg fosfor. Angka ini cukup rendah, bukan?

  • Buah anggur merah

Buah anggur, terutama yang berwarna merah, bisa dikonsumsi rutin oleh orang yang memiliki gagal ginjal. Tak hanya tinggi vitamin C, buah anggur merah juga tinggi antioksidan.

Salah satu antioksidan dalam anggur merah adalah resveratrol, yang diketahui bermanfaat untuk kesehatan jantung. Dalam 75 gram buah ini, terkandung 1,5 mg sodium, 144 mg kalium, dan 15 mg fosfor.

  • Bawang putih

Orang yang memiliki penyakit ginjal disarankan untuk membatasi asupan garam. Bawang putih bisa menjadi pengganti garam yang tak kalah enak dan jauh lebih aman. Dalam 9 gram rempah ini, terkandung 1,5 mg sodium, 36 mg kalium, dan 14 mg fosfor.

  • Kubis

Vitamin, mineral, dan serat adalah beberapa zat yang memenuhi sayuran yang berlapis banyak ini. Mengonsumsinya secara rutin dapat membantu dalam menyehatkan sistem pencernaan dengan melancarkan buang air besar.

Karena itu, kubis bisa menjadi menu makan penderita gagal ginjal yang sehat. 70 gram sayur yang disbeut kol ini mengandung 13 mg sodium, 119 mg kalium, dan 18 mg fosfor.

  • Jamur shiitake

Jamur shiitake dapat dijadikan sumber protein pengganti daging bagi pasien gagal ginjal. Makanan ini mengandung vitamin B, tembaga, mangan, dan selenium.

Kandungan kaliumnya juga lebih rendah dibanding jamur portobello maupun jamur kancing putih. 145 gram jamur shiitake yang sudah dimasak mengandung 6 mg sodium, 170 mg kalium, dan 42 mg fosfor.

  • Kacang macadamia

Kebanyakan kacang memiliki kandungan fosfor yang tinggi. Tapi tidak untuk kacang macadamia. Dalam 28 gram kacang ini, memiliki 1,4 mg sodium, 103 mg kalium, dan 53 mg fosfor.

Menu makan penderita gagal ginjal yang telah disebutkan di atas dapat Anda terapkan lebih rutin. Tapi pastikan untuk selalu berdiskusi dengan dokter mengenai pilihan bahan pangan Anda.

Pasalnya, pembatasan pola makan untuk pasien penyakit ginjal berbeda-beda. Perbedaan ini tergantung pada tingkat keparahan kondisi, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, serta apakah Anda sedang menjalani dialisis atau tidak.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-for-kidneys#1
Diakses pada 24 Maret 2020

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/diet-and-chronic-kidney-disease#1
Diakses pada 24 Maret 2020

Artikel Terkait