Tak Harus Melulu Santan, Menu Lebaran Sehat Ini Juga Tak Kalah Lezat!


Lebaran memang selalu identik dengan makanan bersantan dan berlemak. Meski begitu, bukan mustahil menyajikan menu lebaran sehat sekaligus lezat. Pemilihan bahan makanan dan cara mengolah menjadi kuncinya.

0,0
12 May 2021|Rena Widyawinata
Menu lebaran sehat tidak harus selalu mengandung santan.Menu lebaran sehat tidak harus selalu mengandung santan.
Setelah berpuasa sebulan penuh, besok (13/5) seluruh umat muslim bersiap merayakan Idulfitri. Tak hanya saling memaafkan, makan-makan adalah agenda wajib saat Lebaran. Meski demikian hidangan Lebaran hampir selalu didominasi santan. Hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.Sah-sah saja menyajikan menu Lebaran bersantan di hari kemenangan. Namun, agar tidak bosan dan tetap memperhatikan kesehatan, ada baiknya Anda menyajikan pula menu sehat Lebaran yang tak kalah lezat. Ini dia inspirasi menu yang sehat untuk Lebaran.

Pilihan menu Lebaran sehat yang bisa Anda coba

Tentu sangat sayang rasanya melewatkan rendang, opor ayam, sayur labu, hingga sambal goreng hati sapi untuk Lebaran. Meski bisa memakannya pada hari lain, euforia yang muncul saat menyantapnya bersama dengan keluarga di hari Idulfitri mestilah berbeda.Meski begitu, sebaiknya batasi diri Anda untuk makan makanan bersantan terlalu banyak. Selain berat badan naik setelah Lebaran, kadar kolesterol juga bisa ikut naik. Agar tak bosan dan tetap sehat, ada berbagai cara dan inspirasi menu Lebaran yang tetap sehat, di antaranya:

1. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak untuk menu rendang saat Lebaran
Daging tanpa lemak untuk menu olahan rendang saat lebaran
Daging memang tak bisa lepas dari menu Lebaran. Agar tetap sehat, Anda bisa menyiasatinya untuk memilih daging tanpa lemak untuk hidangan Lebaran.Daging berlemak biasanya mengandung lemak jenuh. Konsumsi lemak jenuh terlalu banyak dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jika hal ini terjadi, Anda berisiko mengalami penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).Itu sebabnya, pilihlah potongan daging yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit, jika memungkinkan tanpa lemak.

2. Sup

Setelah memilih daging tanpa lemak, Anda mungkin bisa mempertimbangkan membuat sup untuk hidangan Lebaran Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi asupan santan.Makanan bersantan biasanya mengandung lebih banyak lemak. Bahaya santan ini juga dapat meningkatkan risiko naiknya kolesterol dalam tubuh.Selain mengurangi santan, makan sup juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti:
  • Menambah asupan serat
  • Mencegah dehidrasi
  • Meningkatkan asupan protein
Untuk mendapatkan manfaatnya itu, Anda bisa menambahkan berbagai macam sayuran, seperti wortel, buncis, kentang, dan bawang bombay.

3. Ikan tim

Meski identik dengan ayam dan daging, tak ada salahnya jika Anda menyajikan menu ikan saat hari raya. Terdapat banyak manfaat ikan bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah sumber protein tinggi, kaya asam lemak omega-3, dan rendah lemak jenuh. Ini menjadikan ikan sangat tepat untuk hidangan hari raya.Tak hanya digoreng, memilih ikan kukus juga akan menambah nilai kesehatan yang Anda dapat dari mengonsumsi ikan. Sebab, Anda tidak akan menambah asupan minyak (lemak) yang masuk.

4. Sate

Selain sup dan kukus, jika mencari menu yang sehat untuk Lebaran, Anda juga bisa mencoba mengolah makanan dengan cara dibakar, seperti sate. Ini bisa menjadi alternatif makanan Lebaran yang biasanya kaya santan dan lemak.Meski demikian, pastikan Anda membakar daging atau ayam dengan cara yang benar. Sebagaimana dilansir dari Harvard Medical School, daging yang dibakar dengan suhu tinggi dapat menciptakan senyawa yang bersifat karsinogen, alias memicu kanker. Sebaiknya, bakarlah daging untuk waktu yang lebih lama dengan suhu yang lebih rendah.

5. Salad sayur

sayur untuk lebaran
Sayur menambah asupan serat pada menu lebaran
Kehadiran sayur mungkin paling jarang terlihat saat hari raya. Padahal, Anda tetap membutuhkan sayur untuk mencegah masalah pencernaan saat Lebaran yang kerap menjadi keluhan.Anda bisa menghidangkan salad sayur sebagai opsi. Selain sebagai makanan pembuka, salad sayur juga bisa menjadi pilihan yang tepat usai makan makanan bersantan, karena citarasanya yang cenderung lebih ringan.Anda bisa memasukkan selada, bayam, tomat, brokoli, paprika ke dalam salad Lebaran Anda. Pastikan Anda melengkapinya dengan saus dressing yang sehat pula, seperti minyak zaitun.

6. Roti gandum

Selain rendang dan opor ayam, kue kering juga tak ketinggalan menghiasi meja makan kala Idulfitri. Kue kering umumnya tinggi kalori dan gula. Terlalu banyak mengonsumsinya dapat meningkatkan risiko obesitas.Jika Anda hendak mencari alternatifnya, roti gandum bisa menjadi pilihan. Roti gandum umumnya rendah karbohidrat dan lemak. Kandungan serat yang tinggi dalam roti gandum juga dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda.

7. Kurma

Masih memiliki stok kurma selepas puasa? Tak perlu repot-repot mengolahnya menjadi kue kering Lebaran. Pasalnya, buah kurma itu sendiri sudah memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat.Kurma memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi. Kurma juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, buah ini mampu melepaskan kadar gula ke dalam darah secara perlahan, sehingga glukosa darah tidak melonjak secara tiba-tiba. 

8. Buah-buahan

Selain menyehatkan, Anda juga bisa menyajikan buah-buahan sebagai menu dessert Lebaran. Umumnya, buah-buahan mengandung banyak vitamin dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan. Dengan makan buah, Anda juga dapat mengontrol porsi makan ketika Lebaran agar tidak berlebihan.

9. Jus

jus untuk lebaran
Jus menjadi solusi minuman menyegarkan yang sehat saat Idulfitri
Selain buah utuh, jus juga bisa Anda pertimbangkan sebagai menu minuman sehat di kala Idulfitri. Anda bisa mengombinasikan beberapa buah dan sayur sekaligus untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.Namun, agar tetap sehat, pastikan Anda tidak memasukkan gula tambahan ke dalamnya.Menu Lebaran sehat bukan berarti tidak bisa nikmat. Yang terpenting, memilih bahan yang terbaik dan memperhatikan cara memasak menjadi kuncinya.Anda juga mungkin bisa mempertimbangkan pengganti santan yang lebih rendah lemak saat memasak hidangan Lebaran Anda. Perhatikan pula porsi makan Anda agar tidak kalap dan berakibat buruk bagi kesehatan. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mengetahui nutrisi terbaik yang bisa jadi alternatif melalui aplikasi SehatQ. Download sekarang di App Store atau Google Play gratis.
tips puasamakanan sehatliburan sehattips kesehatanmenjaga kesehatan
Harvard Medical School. https://www.health.harvard.edu/blog/5-tips-for-healthy-grilling-201305276318
Diakses pada 7 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-soup-healthy
Diakses pada 7 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates
Diakses pada 7 Mei 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/whole-wheat-bread-nutrition-facts-and-health-benefits-5069803#whole-wheat-bread-nutrition-facts
Diakses pada 7 Mei 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/meats-low-in-saturated-fat-lowfat-protein-list-2242522
Diakses pada 7 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait