Menu lebaran sehat tidak harus selalu mengandung santan.
Menu lebaran sehat tidak harus selalu mengandung santan.

Setelah berpuasa sebulan penuh, hari Idul Fitri yang ditunggu-tunggu pun tiba. Agenda dari tahun ke tahun biasanya identik dengan berkumpul bersama keluarga besar, saling bermaafan, dan tentu saja… makan-makan! Jika Anda bosan dengan masakan serba santan, bagaimana kalau menjajal menu Lebaran sehat?

Sajian lezat seperti opor ayam dan ketupat seakan tak pernah absen saat Lebaran tiba. Tapi sayangnya, ketika hari raya dan hidangan melimpah ruah, orang cenderung lupa dengan menu sehat. Padahal setelah berpuasa satu bulan, tubuh perlu waktu beradaptasi sebelum mengonsumsi makanan berat.

Mengapa Harus Menu Lebaran Sehat?

Sangatlah wajar jika seseorang ingin mencicipi makanan lezat setelah beribadah puasa. Namun alangkah baiknya jika tubuh tidak serta merta dikejutkan dengan makanan berat. Jika dipaksakan, perut akan terasa mual dan menimbulkan rasa kurang nyaman di saluran pencernaan.

Mengonsumsi makanan tinggi kalori juga akan membuat timbangan bergeser ke kanan. Belum lagi jika momen Lebaran Anda diisi dengan berkunjung ke rumah sanak saudara dan tiap rumah menyajikan jenis sajian yang sama.

Alternatif Menu Lebaran Sehat

Nah, untuk tahun ini, tak ada salahnya menjajal alternatif menu Lebaran sehat. Selain lebih bersahabat bagi tubuh, tentu menu Lebaran sehat juga aman bagi orangtua dan saudara yang memiliki kecenderungan kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga diabetes.

Selain itu, menu Lebaran sehat juga tetap bisa lezat dan menggugah selera, kok! Apa saja ya alternatif menu lebaran sehat untuk Anda?

  • Roti Gandum

Deretan kue kering di toples saat Lebaran juga menjadi salah satu menu wajib saat Lebaran. Untuk mengimbangi semua kandungan glukosa dalam kue kering itu, tak ada salahnya menyuguhkan roti gandum.

Asupan gandum mengandung serat alami yang melancarkan pencernaan. Anda bisa menyajikan dalam olahan rasa manis atau gurih, bergantung pada selera.

  • Salad Sayur

Sebagai appetizer, coba suguhkan salad sayur sebagai alternatif menu Lebaran sehat. Kandungan vitamin dan serat dalam sayur juga membuat perut nyaman dan tidak kaget setelah sebulan berpuasa.

Selain itu, sayur dengan warna-warna gelap seperti ungu dan merah juga baik untuk kesehatan. Jangan lupa sajikan pilihan saus dressing yang lezat ya!

  • Sup Tofu

Mengganti menu berkuah tanpa santan saat hari raya bukan hal yang sulit. Sup tofu bisa jadi salah satu alternatif menu Lebaran sehat Anda. Jadi, tidak melulu daging, ayam, atau sosis yang menjadi menu utama dalam sup, melainkan tofu yang lebih sehat.

  • Kurma

Masih banyak stok kurma di kulkas? Suguhkan saja saat hari raya tiba. Kurma bisa menjadi alternatif pengganti kue yang mengandung glukosa tinggi. Tetap terasa manis namun tetap sehat, kurma bisa jadi pilihan.

  • Rendang Tanpa Lemak

Tidak sah jika merayakan Lebaran tanpa menu rendang? Jika demikian, usahakan mengolah rendang tanpa memasukkan bagian lemak atau gajihnya. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari sumber kolesterol tinggi dan lemak jenuh.

Seluruh sajian saat hari raya juga bisa disiasati lebih sehat dengan mengolahnya tanpa menambahkan MSG dan garam berlebih. Ganti dengan kaldu jamur atau garam yang lebih sehat.

Selain itu, penting untuk membatasi diri dan tidak kalap saat hari Lebaran tiba. Sayangi tubuh Anda setelah menunaikan ibadah puasa, ya! Selamat mencoba!

NDTV. https://food.ndtv.com/health/eid-2017-6-tips-from-a-nutritionist-to-stay-healthy-this-eid-1428092
Diakses 3 Mei 2019

The Health Site. https://www.thehealthsite.com/fitness/celebrate-eid-in-a-healthy-way-with-these-recipes/
Diakses 3 Mei 2019

Times Indonesia. https://www.timesindonesia.co.id/read/150815/20170625/141026/ini-menu-lebaran-sehat-dan-tanpa-kolesterol/
Diakses 3 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed