Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut, dari Cegah Infeksi Gusi hingga Penyakit Jantung

Kesehatan mulut harus diperhatikan agar terhindar dari bau mulut dan gigi berlubang
Kesehatan mulut ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Tahukah Anda, dengan menjaga kesehatan mulut berarti Anda juga sekaligus menjaga kesehatan tubuh? Mulut ternyata dapat menjadi penanda kesehatan tubuh seseorang.

Anggota tubuh yang satu ini tidak hanya berfungsi sebagai jalur masuknya makanan dan minuman ke dalam tubuh. Mulut juga bisa menjadi ‘pintu masuk’ berbagai penyakit maupun bakteri.

[[artikel-terkait]]

Hubungan kesehatan mulut dan kesehatan tubuh manusia

Kesehatan mulut yang terjaga dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit. Tidak hanya bau mulut tidak sedap atau gigi berlubang, tapi juga serangan jantung, stroke, diabetes, maupun persalinan prematur.

Seperti area lainnya pada tubuh manusia, mulut pun mengandung bakteri yang umumnya tidak berbahaya. Terawatnya kesehatan mulut dengan menyikat gigi dan memakai benang gigi (dental floss) secara teratur dapat menjaga bakteri-bakteri dalam mulut tetap terkontrol.

Sebaliknya, jika kesehatan mulut tidak terjaga, bakteri-bakteri tersebut bisa berkembang tidak terkendali. Sebagai akibat, infeksi mulut bisa terjadi, seperti kerusakan gigi serta penyakit gusi.

Kesehatan mulut, khususnya air liur, bisa memberi banyak informasi pada dokter untuk mendeteksi gejala-gejala awal dari penyakit yang menyerang sistem tubuh. Contohnya, penyakit AIDS atau diabetes yang dapat ditandai dengan lesi dalam mulut.

Jika Anda kurang memerhatikan kesehatan mulut

Kesehatan dan kebersihan mulut yang kurang terjaga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sederet penyakit berikut berpotensi untuk Anda alami:

  1. Penyakit gusi. Bakteri dan kuman yang berkumpul dalam mulut bisa terus berkembang biak dan memicu peradangan pada gusi (gingivitis). Bila terus dibiarkan, gingivitis akan semakin parah dan bisa berujung pada periodontis, yakni infeksi gusi yang dapat merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi.
  2. Endokarditis, yaitu infeksi yang terjadi pada endokardium (lapisan jantung bagian dalam). Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh bakteri atau kuman dari bagian tubuh lain yang masuk ke aliran darah, kemudian menyebar dan menempel ke area yang rusak di lapisan jantung dan katup jantung.
  3. Penyakit kardiovaskular. Orang yang menderita penyakit gusi (gingivitis maupun periodontitis) dikatakan  memiliki peluang dua kali lebih besar untuk terancam serangan jantung dan tiga kali lebih besar untuk menderita stroke. Pasalnya, infeksi dan peradangan dalam mulut dapat memicu bakteri masuk ke aliran darah sehingga menimbulkan peradangan pada bagian tubuh lainnya, seperti jantung.
  4. Komplikasi diabetes. Penderita penyakit diabetes lebih rentan terkena penyakit gusi. Karena itu, pasien diabetes perlu melakukan perawatan gigi yang tepat. Peradangan pada jaringan gusi juga dapat memperburuk gejala penyakit kencing manis ini.

Tips menjaga kesehatan mulut

Untuk memastikan kesehatan dan kebersihan mulut tetap terjaga, ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan. Misalnya, menyikat gigi dengan benar hingga pengecekan ke dokter gigi.

Anda dianjurkan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Anda juga bisa menggunakan benang gigi atau dental floss. Benang gigi akan membantu Anda untuk membersihkan sisa makanan pada celah-celah gigi yang tidak bisa dicapai oleh sikat gigi.

Selain itu, memiliki gaya hidup sehat berperan penting juga dalam menjaga kesehatan mulut Anda. Mulai dari konsumsi makanan dengan gizi seimbang, tidak merokok, dan membatasi minuman beralkohol maupun asupan gula.

Dan tidak lupa, melakukan pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter gigi. Di samping mengecek kondisi gigi maupun mulut, konsultasi dan pemeriksaan rutin juga akan membantu Anda untuk mendeteksi masalah mulut sejak dini, sehingga lebih cepat ditangani.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/dental/art-20047475/in-depth/art-20047475
Diakses pada 15 Mei 2019

WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/features/oral-health-affects-wellness
Diakses pada 15 Mei 2019

NHS. https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/take-care-of-your-teeth-and-gums/
Diakses pada 15 Mei 2019

WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/guide/gingivitis-periodontal-disease#1
Diakses pada 28 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed