Cara Menjaga Kebersihan Diri agar Terhindar dari Penyakit


Menjaga kebersihan harus dimulai dari diri sendiri, terutama dengan mandi, mencuci tangan, dan menggosok gigi. Apa manfaat menjaga kebersihan? Berikut penjelasannya.

(0)
19 Nov 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan mandi setiap hariMandi merupakan salah satu cara menjaga kebersihan diri
Menjaga kebersihan terdengar seperti hal yang sepele karena kerap dilakukan sebagai rutinitas tanpa arti. Padahal, memiliki tubuh yang bersih bukan hanya sedap dipandang mata, namun juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit.Menjaga kebersihan diri pun tidak sulit. Anda cukup melakukan langkah-langkah sederhana, seperti mandi, mencuci tangan dengan sabun, menggosok gigi, dan lain-lain. Tujuan besarnya adalah menyingkirkan kuman, bakteri, dan virus yang menempel di tubuh Anda setelah beraktivitas. Mengapa menjaga kebersihan itu penting? Bagaimana seharusnya kita menjaga kebersihan setiap hari? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Pentingnya menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan adalah salah satu cara paling efektif dalam melindungi diri kita dan orang lain dari berbagai kuman yang menyebabkan penyakit.Pusat Perlindungan dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan ada beberapa penyakit yang mengintai Anda ketika tidak menjaga kebersihan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Kutu air: penyakit pada kulit, khususnya sela-sela jari kaki yang disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur tumbuh ketika kaki Anda lembap dan kotor.

  • Kutu rambut: parasit yang menghisap darah ini bisa terdapat pada rambut di bagian tubuh manapun, seperti kepala, tubuh, ketiak, bahkan alis dan rambut kemaluan. Untuk menghindari kutu menyerang rambut Anda, sangat penting untuk menjaga kebersihan.

  • Diare: penyakit buang air ini bisa menjadi kronis sehingga mengancam nyawa Anda, terutama jika Anda memiliki sistem imun lemah dan masih anak-anak.

  • Karies gigi: terjadi saat Anda tidak rutin menggosok gigi sehingga bakteri jahat mengeluarkan zat asam untuk menghancurkan sisa makanan sekaligus dapat merusak enamel gigi yang akhirnya menyebabkan karies atau gigi berlubang.

  • Scabies: adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi tungau dan biasa ditandai dengan gatal dan biang keringat yang mirip dengan jerawat.
CDC juga mencatat bahwa menjaga kebersihan lewat mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah diare hingga 50 persen. Jika Anda tidak dapat menemukan air mengalir untuk mencuci tangan, gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol untuk membunuh kuman di tangan Anda.

Cara tepat menjaga kebersihan diri Anda

Menjaga kebersihan sebetulnya tidak sulit. Berikut beberapa hal yang dapat Anda perhatikan saat membersihan diri.

1. Mandi setiap hari

Basuh setiap jengkal tubuh Anda, terutama area lipatan, di bagian ketiak, dan sekitar kemaluan serta anus. Badan yang bersih dapat menghindarkan Anda dari iritasi serta menghilangkan bakteri yang menyebabkan badan bau. Sebenarnya, tidak ada aturan pasti mengenai frekuensi mandi yang direkomendasikan. Semua itu tergantung dari aktivitas sehari-hari yang dilakukan.Jika Anda tidak beraktivitas terlalu banyak dan memiliki tipe kulit kering, mandi dua hingga tiga kali seminggu sebenarnya sudah cukup.Namun, jika Anda termasuk orang yang sering berkeringat karena olahraga, cuaca panas, maupun aktivitas fisik lainnya, mandilah setiap hari.Bagi Anda yang mandi sebanyak dua kali sehari, jangan mandi terlalu lama dan batasi waktu mandi menjadi singkat saja.

2. Cuci tangan dengan sabun

Sabun apa pun dapat digunakan untuk mencuci tangan, tidak harus sabun antiseptik. Yang penting, pastikan Anda membersihkan hingga ke sela-sela jari dan punggung tangan, serta bilas dengan air bersih (lebih baik dengan air mengalir), kemudian keringkan tangan dengan handuk bersih.Cara mencuci tangannya pun harus tepat agar Anda terhindar dari penyakit, kuman dan bakteri. Lantas, bagaimana cara cuci tangan sebelum makan yang tepat agar Anda terhindar dari penyakit? Berikut caranya:
  • Usap kedua telapak tangan Anda secara perlahan dengan gerakan memutar.
  • Gosok kedua telapak tangan hingga berbusa. Bersihkan seluruh bagian tangan hingga merata, dari pergelangan tangan, punggung tangan sela-sela jari hingga kuku. Lakukan selama 20 detik.
  • Bersihkan seluruh bagian jari dengan gerakan memutar, satu demi satu.
  • Bilas tangan hingga bersih dari sisa sabun dan kotoran.
  • Keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih.
  • Tutup keran menggunakan tisu agar kuman tidak menempel pada tangan yang telah bersih.
Cucilah tangan Anda dalam kondisi berikut:
  • Sebelum dan setelah makan atau mempersiapkan makanan
  • Setelah mengganti popok bayi
  • Sebelum dan setelah merawat orang sakit atau setelah membersihkan muntahannya
  • Setelah bersin
  • Setelah membuang sampah
  • Sebelum dan setelah merawat luka
  • Setelah menyentuh permukaan yang kotor 
  • Setelah menyentuh binatang.

3. Gosok gigi

Menjaga kebersihan dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari dapat mencegah sakit gigi dan karies. Bila perlu, gunakan juga benang gigi untuk memastikan tidak ada sisa makanan di sela-sela gigi. Jika Anda memiliki masalah gigi, periksakan kondisi Anda di dokter gigi. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk melakukan cara menggosok gigi yang benar, yaitu:
  • Pemilihan sikat gigi
  • Penggunaan benang gigi sebelum menyikat gigi
  • Pasta gigi sesuai kebutuhan
  • Arah bulu saat menyikat gigi
  • Bersihkan ke seluruh permukaan
  • Jangan terlalu cepat saat menggosok gigi
  • Penggantikan sikat gigi secara berkala
Jangan lagi menyepelekan sikat gigi karena menyikat gigi yang benar dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Rajin sikat gigi belum tentu mencegah gangguan di rongga mulut, selama Anda belum mempraktikkan cara menggosok gigi yang benar. 

4. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dalam jangka panjang bukan hanya menyebabkan kulit Anda terbakar, namun juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit. Pastikan Anda melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan mengenakan pakaian berlengan panjang dan topi ketika berada di luar ruangan. Selain itu, gunakan tabir surya yang dapat menghalangi sinar UV sehingga kulit terlindungi.

5. Menjaga kebersihan kuku

Kuku yang dibiarkan panjang dan kotor akan menjadi sarang kuman dan menjadi penyebab infeksi penyakit. Menjaga kebersihan kuku juga sangat penting dengan cara tidak mengigit atau merobek kuku, potong kuku saat sudah mulai panjang dengan menggunakan pemotong kuku khusus. Jika Anda lebih suka kuku yang panjang, Anda dianjurkan untuk membersihkan kuku dengan air, sabun, dan sikat untuk menggosok bagian bawah kuku saat mencuci tangan.Pepatah mengatakan mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah berbagai penyakit, lebih baik melakukan pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri.
tips kesehatanmenjaga kesehatanmandi
Healthline. https://www.healthline.com/health/personal-hygiene
Diakses pada 19 November 2019
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/personal-hygiene
Diakses pada 19 November 2019
CDC. https://www.cdc.gov/healthywater/hygiene/disease/index.html
Diakses pada 19 November 2019
CDC. https://www.cdc.gov/handwashing/when-how-handwashing.html
Diakses pada 19 November 2019
Health Direct. https://www.healthdirect.gov.au/personal-hygiene
Diakses pada 19 November 2019
Kementerian Kesehatan RI. https://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-ctps.pdf
Diakses pada 19 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait