Apa saja manfaat kesehatan dari alam dan bagaimana cara mendapatkannya?
Alam membawa banyak manfaat bagi kesehatan

Banyak cara dapat kita lakukan untuk memiliki tubuh sehat, mulai dari hal sederhana hingga hal yang lebih rumit. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Scientific Reports beberapa pekan lalu, menemukan cara baru untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu dengan menghabiskan waktu di alam terbuka. Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Anda hanya perlu meluangkan 120 menit atau 2 jam dalam seminggu di alam terbuka. Penelitian dari Universitas Exeter ini menemukan bahwa seseorang yang menghabiskan waktu setidaknya 120 menit di alam terbuka secara signifikan memiliki tingkat kesehatan dan kondisi psikologis yang lebih baik dibandingkan seseorang yang tidak meluangkan waktunya.

Menariknya, tidak ditemukan adanya perbedaan apakah seseorang menghabiskan 120 menit dalam satu kali kunjungan atau terbagi beberapa kali dalam seminggu. Dengan kata lain, Anda cukup meluangkan waktu sebanyak 18 menit setiap harinya. Akan tetapi, jika waktu yang dihabiskan kurang dari 120 menit dalam seminggu, maka tidak ditemukan keuntungan yang didapat dari alam.

Batasan waktu minimal 120 menit ini berlaku bagi pria dan wanita, baik berusia muda maupun tua, segala jenis pekerjaan, dan juga seseorang dengan penyakit kronis atau disabilitas. Dengan kata lain, hal ini dapat diterapkan pada siapa saja.

[[artikel-terkait]]

Manfaat alam bagi kesehatan tubuh

Seorang profesor dari Universitas Uppsala di Swedia menyatakan banyak alasan mengapa Anda perlu menghabiskan waktu di alam. Anda dapat menemukan berbagai perspektif kehidupan, meredakan stres, dan menikmati waktu berkualitas bersama keluarga dan teman terdekat Anda.

Banyak bukti yang menyatakan bahwa tinggal di lingkungan yang hijau memiliki dampak positif bagi kesehatan, salah satunya karena polusi udara yang menurun. Sebuah penelitian dari Universitas Michigan memiliki temuan lain yang serupa, yaitu menghabiskan waktu di alam secara rutin akan meningkatkan daya ingat jangka pendek.

Keuntungan lainnya dengan berada di alam terbuka adalah menurunkan tingkat stres dalam tubuh. Jika Anda memanfaatkan alam untuk berolahraga, tentunya ada bonus tambahan bagi tubuh Anda. Selain menurunkan stres, terjadi juga penurunan proses peradangan dalam tubuh, contohnya bila Anda memiliki penyakit autoimun atau kanker.

Berjalan di ruang terbuka hijau juga dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh dan memperbaiki pola tidur. Hal ini dipengaruhi oleh produksi hormon melantonin yang berperan dalam proses tidur. Selain itu, menghabiskan waktu di alam dianggap bisa meningkatkan kebahagiaan. Anda akan mengalami perbaikan mood dan kondisi psikologis secara umum.

Tidak perlu pergi ke tempat yang jauh

Penelitian dari Universitas Exeter juga menyatakan bahwa batasan waktu 120 menit di alam dalam seminggu ini tidak harus dihabiskan pada alam yang benar-benar terbuka, seperti hutan atau taman nasional.

Oleh karena itu, bila Anda tinggal di perkotaan dan jauh dari alam bebas, tidak perlu khawatir dan repot pergi jauh untuk mencari suasana alam. Menurut penelitian ini, taman kota atau ruang terbuka hijau yang ada di sekitar tempat tinggal Anda juga efektif sebagai tempat untuk menghabiskan waktu 120 menit tersebut.

Hanya dua jam dalam seminggu dirasa sangat realistis bagi masyarakat kota, terutama bagi mereka yang berada di tengah-tengah kesibukan berbagai pekerjaan. Batasan waktu ini pun dapat dibagi menjadi hanya beberapa menit dalam sehari. Cukup mudah, bukan?

White MP, Alcock I, Grellier J, Wheeler BW, Hartig T, Warber SL, et al. Spending at least 120 minutes a week in nature is associated with good health and wellbeing. Scientific Reports. 2019 Jun 13;9(1):7730.
Diakses pada Juni 2019

Goodnet. https://www.goodnet.org/articles/10-unexpected-benefits-spending-time-in-nature
Diakses pada Juni 2019

University of Exeter. https://www.exeter.ac.uk/research/newsandevents/news/title_720059_en.html
Diakses pada Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed