Manfaat Meniran Hijau yang Menakjubkan di Balik Daunnya yang Kecil


Meniran hijau merupakan tanaman dengan dedaunan kecil yang sering dianggap sebagai gulma. Walau begitu, tanaman ini ternyata telah digunakan sebagai herbal dengan ragam manfaat. Apa saja?

(0)
22 Feb 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Meniran hijau merupakan tumbuhan berdaun kecil yang punya banyak klaim kesehatanMeniran hijau, walau dianggap gulma, merupakan tumbuhan yang punya banyak klaim kesehatan
Meniran hijau (Phyllanthus niruri) adalah tanaman yang sudah sejak lama dipercaya bisa dijadikan sebagai obat herbal. Manfaat meniran untuk kesehatan sangat beragam, mulai dari mengontrol kadar gula darah, meredakan peradangan, hingga mencegah batu ginjal.Meski bentuknya seperti tanaman liar, namun tumbuhan berukuran mungil ini sebaiknya tidak dipandang sebelah mata. 

Manfaat meniran hijau untuk kesehatan

Jangan anggap remeh tanaman yang dikira gulma ini, berikut manfaat meniran hijau untuk kesehatan:

1. Menangkal radikal bebas

Daun meniran hijau dapat bertindak sebagai molekul antioksidan, khasiat yang menjadi khas banyak tumbuh-tumbuhan. Molekul antioksidan diperlukan tubuh dalam mengendalikan radikal bebas berlebih. Sebab, apabila tak terkendali, radikal bebas dapat memicu kerusakan sel dan berujung pada berbagai penyakit.

2. Meredakan peradangan

Selain memiliki efek antioksidan, meniran hijau juga diyakini memiliki sifat antiperadangan. Kesimpulan ini diambil berdasarkan temuan sebuah riset pada hewan dalam jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies.
Peradangan sendiri dapat menimbulkan masalah pada tubuh, mulai dari masalah kulit hingga sakit yang kronis.

3. Memiliki sifat antimikroba

Ekstrak meniran hijau ditemukan dapat melawan bakteri H. pylori. H. pylori umum terdapat di saluran pencernaan dan biasanya tidak berbahaya. Namun, di beberapa kasus, bakteri ini dapat menyebabkan sakit perut, mual, dan ulkus peptik.
Meniran hijau antimikroba
Meniran dipercaya memiliki sifat antimikroba
Menariknya lagi, ekstrak meniran hijau tersebut tidak berbahaya bagi bakteri asam laktat yang menguntungkan bagi tubuh kita.

4. Mengendalikan gula darah

Menurut studi, meniran hijau memiliki potensi manfaat antidiabetes. Tanaman ini dapat mencegah penyerapan glukosa sehingga dapat mengendalikan gula darah.

5. Membantu mencegah batu ginjal

Dalam dunia herbal, mungkin potensi manfaat meniran hijau yang paling dikenal adalah untuk mencegah batu ginjal. Berbagai studi telah melaporkan bahwa tumbuhan yang kerap diabaikan ini dapat berperan dalam pencegahan batu ginjal.

6. Membantu menjaga kesehatan hati

Studi pada hewan tahun 2017 mengungkapkan bahwa meniran hijau memiliki potensi untuk mengatasi perlemakan hati non-alkohol dan aterosklerosis. Kedua gangguan ini dapat memicu resisten insulin. Menurut studi tersebut, meniran hijau dilaporkan dapat mengurangi resisten insulin sehingga juga mengurangi asam lemak pada organ hati.

7. Membantu melawan tukak lambung

Sifat antiperadangan pada meniran hijau disebutkan juga dapat melawan tukak lambung. Selain itu, tumbuhan ini juga mampu mengurangi sekresi asam lambung serta melindungi lambung.

8. Berpotensi untuk menangani hepatitis B

Meniran hijau disebutkan memiliki sifat antivirus. Dengan begitu, tumbuhan ini memiliki potensi kesehatan untuk menangani hepatitis B. Walau temuan ini menarik, meniran hijau cenderung tidak mampu menangani hepatitis kronis.

9. Berpotensi memiliki sifat antikanker

Berbagai spesies meniran memiliki potensi kesehatan untuk mencegah metastasis pada kanker payudara dan kanker paru-paru. Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Public Library of Science, polifenol dalam meniran dapat mencegah invasi, perpindahan, dan adesi sel-sel kanker.
Meniran hijau
Meniran hijau juga disebutkan berpotensi untuk melawan sel kanker
Studi lain juga menemukan bahwa meniran hijau membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker kolorektal dan kanker hati.

10. Mencegah asam urat

Meningkatnya kadar asam urat dalam darah bisa memicu munculnya berbagai gejala, terutama nyeri pada sendi. Mengonsumsi meniran, secara tradisional dinilai dapat kembali menyeimbangkan kadar asam urat dalam darah.Secara ilmiah, manfaat meniran yang satu ini baru dibuktikan melalui penelitian menggunakan hewan uji. Hewan tersebut mengalami penurunan kadar asam urat setelah diberikan suplemen meniran secara teratur.Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk melihat manfaatnya pada manusia secara klinis. Sehingga, untuk Anda yang ingin mengonsumsi meniran sebagai obat asam urat, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Apakah suplemen meniran aman digunakan?

Meniran memang dijual dalam bentuk suplemen. Walau begitu. suplemen herbal seperti meniran tentunya tak menggantikan pengobatan dokter dalam mengatasi masalah medis.Apabila Anda hendak mencoba suplemen, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu terkait reputasi merek serta menyesuaikan dengan kesehatan fisik Anda. Laporkan ke dokter apabila Anda ingin mencoba suplemen meniran jika memiliki kondisi medis berikut ini:
  • Menderita diabetes
  • Memiliki riwayat gangguan pembekuan darah
  • Sedang mengonsumsi obat, terutama obat pengencer darah
  • Akan menjalani operasi dalam dua minggu ke depan
Meniran hijau sendiri dapat menimbulkan efek samping tertentu, sehingga tetap harus dikonsumsi dengan penuh pertimbangan. Efek samping meniran tersebut termasuk diare serta rasa tidak nyaman pada perut.Suplemen meniran tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Dosis penggunaan suplemen ini juga belum tersedia untuk anak-anak.

Catatan dari SehatQ

Walau dipandang sebagai gulma saja, meniran hijau ternyata memiliki khasiat dan manfaat kesehatan yang menakjubkan. Riset-riset yang lebih besar tentunya diperlukan untuk menguatkan temuan-temuan di atas.
herbaltanaman obat
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/phyllanthus-niruri
Diakses pada 21 Februari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3116853/#!po=75.0000
Diakses pada 21 Februari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5434621
Diakses pada 21 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait