Meningkatkan Metabolisme & Menjaga Berat Badan Ideal, Bagaimana Caranya?

Teh hijau menawarkan manfaat gabungan kafein dan katekin yang dapat menjaga berat badan
Meningkatkan metabolisme tubuh untuk menjaga berat badan ideal

Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh. Terutama, bagi para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan.

Sebagian orang mungkin memiliki sistem metabolisme tubuh yang cepat. Namun, pada kebanyakan orang, metabolisme tubuh akan melambat setelah usia 40 tahun. Meski Anda tidak bisa menghentikan usia, ada beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh secara alami.

Latihan Aerobik

Aerobik mungkin tidak membangun otot yang signifikan. Meski demikian, olahraga ini ampuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh dalam beberapa jam usai latihan.

Olahraga dengan intensitas tinggi meningkatkan metabolisme dua kali lebih lama dibandingkan latihan intensitas ringan atau sedang. Untuk mendapatkan manfaat ini, jangan ragu mendaftar di gym atau cukup berjalan kaki selama 30 menit (jogging) secara teratur.

Minum Air Cukup

Tubuh membutuhkan air untuk memproses kalori. Bila tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan, sistem metabolisme akan melambat.

Dalam sebuah studi, orang dewasa yang minum 8 gelas air putih sehari bisa membakar lebih banyak kalori dibandingkan orang yang hanya minum 4 gelas sehari. Agar tetap terhidrasi, minum air putih sebelum makan dan selama selingan jam makan. Konsumsi pula buah dan sayuran segar yang mengandung air secara alami.

Nikmati Makanan Pedas

Ternyata, menikmati makanan pedas tidak hanya meningkatkan selera makan. Tetapi, juga memiliki bahan kimia untuk mendongkrak metabolisme tubuh.

Tambahkan satu sendok cabai merah atau cabai hijau cincang sebagai salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Memperbanyak Asupan Protein

Tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori untuk mencerna protein ketimbang lemak atau karbohidrat.

Sebagai bagian diet seimbang, lebih baik ganti karbohidrat dengan makanan sumber protein tinggi. Contohnya, daging tanpa lemak, ikan, daging ayam, tahu, kacang-kacangan, telur, dan produk susu rendah lemak.

Minum Teh Hijau

Teh Oolong atau teh hijau menawarkan manfaat gabungan kafein dan katekin. Minum sekitar 4 cangkir teh hijau setiap hari dapat mendorong tubuh untuk membakar kalori sekitar 17% lebih banyak.

Konsumsi teh secara rutin akan lebih efektif jika diimbangi dengan latihan yang cukup intens dalam waktu singkat.

Hindari Crash Diet

Crash diet dikenal bisa mengurangi kalori hingga 1.200 pada seorang wanita. Sedangkan, bagi pria, bisa berkurang hingga 1.800 kalori. Terdengar hebat untuk mereka yang ingin meningkatkan metabolisme dengan cepat, bukan? Sayangnya, diet ini memiliki efek samping.

Selain membantu menurunkan berat badan, diet cepat ini dapat mengurangi asupan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Tentunya, hal ini akan menjadi bumerang bagi tubuh, karena Anda bisa kehilangan massa otot dan memperlambat metabolisme tubuh. Alhasil, crash diet justru akan menambah berat badan lebih cepat daripada sebelum diet, karena tubuh hanya membakar lebih sedikit kalori.

Selamat mencoba beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh agar berat badan ideal dan selalu sehat.

WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-boost-your-metabolism
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-ways-to-boost-metabolism
Women's Health. https://www.womenshealthmag.com/weight-loss/a20052514/boost-your-metabolism-0/

Diakses pada September 2018

 

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed