Gel rambut punya manfaat dan efek samping yang perlu dipertimbangkan
Seorang pria sedang menggunakan gel rambut

Gel rambut merupakan salah satu produk penata rambut yang populer bagi pria. Produk ini berfungsi untuk mempertahankan bentuk rambut sesuai selera dan menjaga gaya rambut agar tetapi rapi saat menjalani rutinitas harian.

Karena manfaat tersebut, tidak sedikit kaum pria yang menggunakan gel ini untuk menata rambut mereka. Di samping menambah estetika, ternyata ada manfaat gel rambut lainnya yang bisa Anda dapat..

Manfaat gel rambut

Sebagian besar gel rambut mengandung zat plastik bernama Polyvinylpyrrolidone (PVP), yang berfungsi merekatkan rambut Anda dan menghubungkan helaian rambut dengan yang lainnya.

Saat gel digunakan pada rambut yang basah, PVP atau bahan serupa akan menyerap air dengan cepat. Ketika gel tersebut kering, tekstur rambut akan cenderung kaku karena helaian rambut yang menyatu. Oleh karena itu, sebelum gel kering, sebaiknya Anda menata gaya rambut terlebih dahulu.

Selain itu, gel rambut juga bermanfaat untuk:

1. Memberikan nutrisi esensial

Gel rambut tertentu, terutama gel yang terbuat dari bahan organik, dapat memberikan nutrisi penting yang mampu meresap ke kulit kepala dan folikel rambut Anda. Nutrisi seperti vitamin dan mineral dalam gel rambut organik akan membuat rambut Anda menjadi lebih kuat.

2. Rambut tampak berkilau dan tebal

Gel rambut pria pada umumnya memiliki tingkat kekakuan dan kilauan. Jika Anda memilih gel rambut dengan tingkat kilauan yang tinggi, rambut Anda akan tampak lebih berkilau dan indah. Di samping itu, beberapa jenis gel rambut juga bisa membuat rambut tampak seakan lebih tebal.

3. Menjaga bentuk rambut sepanjang hari

Manfaat utama dari gel rambut adalah menjaga gaya rambut Anda sepanjang hari. Gel rambut dapat membantu menjaga penampilan dengan mempertahankan bentuk rambut sesuai selera Anda. Rambut pun terlihat lebih segar.

Meski demikian, pastikan rambut Anda tidak terkena hujan atau air karena gel rambut dapat luntur seketika saat terkena air. Gel rambut yang luntur cenderung lengket dan menyebabkan kulit kepala serta wajah tidak nyaman. Selain itu, gel yang terkena air pun kehilangan fungsinya dalam merekatkan rambut sehingga rambut kembali layu.

Apabila Anda ingin menghilangkan gel dari rambut, pastikan Anda membilas rambut secara bersih dan menyeluruh menggunakan sampo agar tidak ada sisa gel di kulit kepala yang bisa menyebabkan rasa gatal.

Efek samping gel rambut

Meski dapat menunjang penampilan Anda, gel rambut juga memiliki beberapa efek samping yang harus Anda waspadai. Beberapa efek samping gel rambut tersebut antara lain:

1. Rambut kering dan rontok

Beberapa jenis gel rambut tertentu terdiri dari berbagai produk kimia termasuk alkohol yang dapat membuat rambut kering dan rusak apabila digunakan terlalu sering. Hal ini dikarenakan alkohol dan bahan kimia tersebut menyerap semua kelembapan dari rambut dan kulit kepala.

Jika terus memaksakan penggunaan gel jenis ini, Anda berpotensi mengalami dampak yang lebih buruk, yaitu kerontokan rambut sementara.

2. Rambut berminyak

Penggunaan gel rambut secara sering dapat membuat rambut berminyak dan sulit untuk halus akibat produksi sebum yang tidak seimbang.

3. Dermatitis

Pada orang yang memiliki gejala alergi terhadap gel rambut, penggunaan produk ini dapat menyebabkan dermatitis, yang ditandai dengan ruam gatal hingga iritasi akibat peradangan kulit kepala.

Berdasarkan manfaat dan efek samping di atas, sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu penggunaan gel rambut. Apabila Anda ingin menggunakannya, pilihlah gel rambut organik yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi rambut.

Leaf TV.
https://www.leaf.tv/articles/what-are-the-benefits-of-hair-gel/
Diakses pada 21 April 2020

Leaf TV.
https://www.leaf.tv/articles/how-does-hair-gel-work/
Diakses pada 21 April 2020

Leaf TV.
https://www.leaf.tv/articles/how-to-keep-your-hair-laid-down-without-using-gel/
Diakses pada 21 April 2020

Leaf TV.
https://www.leaf.tv/articles/alternatives-to-hair-gel/
Diakses pada 21 April 2020

Petal Fresh.
https://petalfresh.com/top-benefits-of-using-hair-gel/
Diakses pada 21 April 2020

Poison.org
https://www.poison.org/articles/hair-styling-products-eye-skin-scalp-irritation-173
Diakses pada 21 April 2020
https://soundhealthsolution.com/hair-gels-are-they-really-bad-for-your-hair/

Artikel Terkait