Menilik Manfaat Minyak Tawon yang Lebih Dari Sekadar Atasi Bentol


Manfaat minyak tawon untuk kesehatan adalah membantu meredakan gatal di kulit, meredakan bisul, memudarkan bekas luka, meredakan nyeri otot, hingga menghangatkan tubuh.

(0)
12 Nov 2020|Nina Hertiwi Putri
Manfaat minyak tawon antara lain untuk meredakan gatal dan mengatasi bisulManfaat minyak tawon untuk kesehatan ada beragam
Manfaat minyak tawon untuk tubuh yang paling banyak diketahui orang adalah sebagai minyak pijat dan untuk menghilangkan bentol akibat gigitan nyamuk. Namun sebenarnya, kegunaan dari minyak yang satu ini lebih berlimpah.Perlu diketahui, minyak tawon bukan terbuat dari tawon. Namun, logo tawon pada suatu produk minyak ini, menjadikannya populer sebagai ‘minyak tawon.Minyak ini dibuat dari campuran rempah-rempah dan bahan alami seperti minyak kelapa, minyak kayu putih, minyak sereh, jahe, kunyit, dan bawang merah. Bahan-bahan tersebutlah yang membuat minyak ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat minyak tawon untuk tubuh

Untuk Anda yang sudah sering menyimpan persediaan minyak ini di rumah, maka jangan lupa memanfaatkannya untuk hal-hal berikut ini.
Manfaat minyak tawon bisa untuk menghilangkan bisul di kulit
Manfaat minyak tawon untuk kulit adalah mengobati bisul

1. Mengobati bisul

Manfaat minyak tawon ini didapatkan dari kandungan minyak sereh yang ada di dalamnya. Minyak sereh dipercaya bisa mengatasi infeksi akibat bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri adalah penyebab berbagai infeksi kulit, salah satunya bisul.

2. Menghilangkan bekas luka

Minyak kelapa yang ada di dalam minyak tawon, dinilai bisa membantu memudarkan bekas luka. Pasalnya, minyak ini terbukti bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit, sehingga proses penyembuhan luka maupun bekas luka, bisa berlangsung baik.Minyak kelapa juga bisa membantu meratakan warna kulit yang bisa terlihat belang akibat hiperpigmentasi.
Selain minyak kelapa, campuran bawang merah yang ada pada minyak tawon juga kaya akan vitamin C, sehingga bisa memicu produksi kolagen di kulit, yang penting untuk proses penyembuhan luka.

3. Menghangatkan tubuh

Minyak tawon juga bisa membantu menghangatkan tubuh, terutama karena kandungan minyak kayu putihnya. Minyak ini, ketika dioleskan ke permukaan kulit akan menimbulkan sensasi hangat sekaligus melancarkan sirkulasi dan membuat kita berkeringat.Keringat-keringat tersebut, dipercaya sebagai baik untuk kesehatan sebab dengan berkeringat, maka sebagian racun sudah keluar dari tubuh.Baca Juga: 8 Manfaat Minyak Kayu Putih. Salah Satunya Bisa Cegah Corona?
Manfaat minyak tawon salah satunya untuk hilangkan gigitan nyamuk
Manfaat minyak tawon salah satunya untuk kurangi gatal akibat digigit nyamuk

4. Mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk

Tidak salah jika sejak dulu minyak tawon dijadikan sebagai solusi untuk gigitan nyamuk yang terasa gatal dan mengganggu.Secara medis, minyak sereh yang terkandung dalam minyak tawon dianggap memiliki sifat antiperadangan. Sementara itu, rasa gatal dan nyeri yang mungkin timbul setelah digigit nyamuk bisa muncul karena permukaan kulit itu sedang meradang.

5. Meredakan nyeri sendi dan otot

Kandungan minyak kayu putih yang ada pada minyak tawon, memiliki sifat analgetik. Artinya, minyak ini bisa membantu mengurangi rasa sakit.Jadi, saat Anda mengalami nyeri sendi dan otot, mengoleskan minyak tawon di area tubuh yang terdampak, bisa membantu meredakannya.

6. Mengatasi masuk angin dan perut kembung

Mengoleskan minyak tawon permukaan perut bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi masuk angin dan perut kembung. Manfaat yang satu ini didapatkan dari kandungan minyak kayu putih dan jahe yang ada di dalamnya.
Minyak ini akan mencegah menumpuknya gas dan mengeluarkan gas-gas yang sudah menggunung di perut.

7. Melancarkan peredaran darah

Minyak tawon sering dijadikan sebagai pelumas ketika pijat. Oleh karena itu, selain bisa mendapatkan manfaat minyak tawon seperti yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa mendapatkan manfaat pijat untuk kesehatan.Salah satu manfaat pijat yang sangat baik untuk kesehatan adalah memperlancar peredaran darah. Dengan sirkulasi darah yang lancar, maka berbagai penyakit berbahaya pun bisa dihindari.Apabila Anda ingin menggunakan minyak tawon, pastikan untuk menggunakannya sesuai petunjuk pemakaian di kemasan. Minyak ini secara umum aman digunakan, tapi tidak menutup kemungkinan juga memicu alergi pada beberapa orang.Jadi, sebelum menggunakannya sebaiknya Anda melakukan tes alergi. Caranya pun mudah, yaitu oleskan sedikit minyak tawon di tangan atau belakang telinga. Tunggu selama 15-20 menit. Apabila tidak ada reaksi yang berarti, maka minyak ini aman digunakan.

Catatan dari SehatQ

Manfaat minyak tawon untuk kesehatan sangatlah beragam. Anda bisa menggunakannya untuk mengobati berbagai gangguan di kulit, mengurangi gatal, meredakan nyeri sendi, hingga mengatasi perut kembung.Apabila setelah menggunakan minyak tawon keluhan yang dirasakan belum mereda, tidak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.Anda juga dapat menanyakan langsung pada dokter soal pengobatan kondisi-kondisi di atas, di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
minyak atsiriherbaltanaman obat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319775
Diakses pada 2 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/coconut-oil-for-scars
Diakses pada 2 November 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/benefits-of-cajuput-essential-oil.html
Diakses pada 2 November 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/health-benefits-of-lemongrass.html
Diakses pada 2 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/265990
Diakses pada 2 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/276714
Diakses pada 2 November 2020
Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2014/04/140416125434.htm
Diakses pada 2 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait