Menilik Lebih Jauh Anatomi Jantung dan Fungsinya


Jantung manusia adalah organ utama yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga organ-organ mendapatkan oksigen yang cukup. Anatomi jantung tergolong cukup kompleks karena terdiri dari beberapa bagian.

0,0
08 Aug 2019|Atifa Adlina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Anatomi jantung manusia tersusun dengan kompleksMengenali anatomi jantung sebagai organ utama
Fungsi jantung yang utama adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga organ lainnya dalam tubuh manusia bisa mendapatkan oksigen yang cukup.
Untuk itu, agar fungsi ini bisa berjalan dengan baik, perlu kerjasama dari berbagai bagian anatomi jantung. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang struktur, fungsi, serta gangguannya.

Apa itu jantung?

Jantung adalah organ seukuran kepalan tangan yang berfungsi untuk memompa darah. Ini adalah organ utama dari sistem peredaran darah.Mengutip dari Cleveland Clinic, ada empat bagian utama (ruang) pada jantung yang terbuat dari otot serta tenaga yang berasal dari impuls listrik. Otak dan sistem saraf berperan untuk mengarahkan fungsi jantung.Rata-rata kecepatan detak jantung adalah 80 kali per menit. Itu sekitar 115.000 kali detak dalam satu hari atau sekitar 42 juta kali dalam setahun.Perlu Anda ketahui bahwa otot jantung bekerja keras bahkan ketika Anda beristirahat atau tidur.

Fungsi dan struktur anatomi jantung dalam tubuh

Gambar anatomi jantung manusia
Gambar anatomi jantung manusia
Fungsi utama jantung adalah untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Selain itu, berikut adalah peran lainnya, yaitu:
  • Mengontrol ritme dan kecepatan detak jantung.
  • Menjaga tekanan darah.
Letak jantung berada di depan area dada, serta sedikit di belakang dan sebelah kiri tulang dada. Sedangkan tulang rusuk adalah pelindung anatomi jantung.Lalu, jantung berada sedikit di sisi kiri tubuh. Letaknya berada di antara paru-paru kanan dan kiri.Berikut adalah bagian atau struktur anatomi jantung dalam tubuh manusia, yaitu:

1. Dinding jantung

Dinding jantung (walls) adalah otot yang berkontraksi dan juga rileks, fungsinya untuk mengirim darah ke seluruh tubuh.Lapisan jaringan otot yang disebut septum membagi dinding jantung menjadi sisi kiri dan kanan. Ada tiga lapisan dinding jantung, yaitu:
  • Endokardium, lapisan dalam.
  • Miokardium, lapisan tengah berotot.
  • Epikardium, lapisan luar pelindung.
Perlu Anda ketahui bahwa epikardium adalah salah satu lapisan perikardium. Yaitu, kantung pelindung yang meutupi seluruh anatomi jantung.Perikardium juga menghasilkan cairan untuk melumasi jantung sehingga mencegah bergesekan dengan organ lainnya.

2. Ruang jantung

Bagian anatomi jantung lainnya adalah ruang atau chamber, yang terbagi menjadi empat kamar.Ada dua ruang di bagian atas berupa atrium (serambi jantung). Serta dua ruang di bagian bawah berupa ventrikel (bilik jantung).Berikut adalah penjelasan fungsi serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan juga bilik kiri jantung, yaitu:

Serambi kanan

Dua pembuluh darah besar mengirimkan darah yang kurang oksigen ke serambi kanan. Lalu, pembuluh darah utama (vena cava) membawa darah dari tubuh bagian bawah. Fungsi serambi kanan pada jantung adalah untuk memompa darah ke bilik kanan jantung.

Bilik kanan

Ruang bilik kanan pada anatomi jantung berfungsi untuk memompa darah yang kekurangan oksigen ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Kemudian, paru-paru mengisi kembali darah dengan oksigen.

Serambi kiri

Bagian jantung yang berfungsi menerima darah dari seluruh tubuh adalah serambi kiri.Ini terjadi setelah paru-paru mengisi darah dengan oksigen, lalu pembuluh darah pulmonalis membawa darah ke serambi kiri. Ruang kiri atas ini juga dapat memompa darah ke ruang bawah bilik kiri.

Bilik kiri

Bagian jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah ruang bawah bilik atau ventrikel kiri. Anatomi jantung yang satu ini bentuknya sedikit lebih besar dari bilik kanan.

3. Katup jantung

Katup jantung (valve) bentuknya seperti pintu di antara ruang jantung. Fungsi katup jantung adalah untuk membuka dan menutup pintu agar darah bisa mengalir.Katup atrioventricular (AV) terbuka berada di antara ruang jantung atas dan bawah. Ada beberapa jenis katup dalam anatomi jantung, di antaranya adalah:
  • Katup trikuspid, membantu mengatur aliran darah antara bilik kiri dan serambi kiri.
  • Katup mitral, merupakan pintu masuk untuk darah kaya oksigen. Darah ini akan masuk ke serambi kiri lalu menuju ke bilik kiri jantung.
Selain itu, ada juga katup semilunar (SL) yang terbuka saat darah mengalir keluar dari bilik jantung, di antaranya adalah:
  • Katup pulmonalis, membantu mengontrol aliran darah dari bilik kanan ke pembuluh darah arteri pulmonal, yang bertugas membawa darah ke paru-paru untuk mengambil oksigen.
  • Katup aorta, membuka jalan agar darah mengandung oksigen bisa masuk dari bilik kiri ke aorta, yaitu pembuluh darah terbesar di tubuh.

4. Pembuluh darah

Pembuluh darah juga menjadi bagian dari anatomi jantung karena berfungsi sebagai jalut transportasi keluar masuknya darah, dari dan menuju jantung.Selain pembuluh darah arteri dan vena, ada pula pembuluh darah kapiler. Berikut penjelasannya.

Pembuluh darah ateri

Pembuluh darah arteri berfungsi untuk membawa darah mengandung oksigen, keluar dari jantung menuju ke seluruh tubuh.Diawali dengan pembuluh darah besar yang disebut aorta, pembuluh darah arteri kemudian bercabang, untuk membawa darah ke seluruh bagian terkecil tubuh.Berbeda dengan pembuluh darah arteri pulmonalis yang membawa darah ke paru-paru.

Pembuluh darah kapiler

Ini adalah pembuluh darah berukuran kecil dan tipis, yang menghubungkan pembuluh darah arteri danvena. Fungsinya adalah sebagai tempat menukar darah mengandung oksigen dan tidak mempunyai oksigen.

Pembuluh darah vena

Pembuluh darah vena berfungsi untuk membawa darah kembali ke jantung. Darah yang dibawa, sudah tidak lagi mengandung oksigen.Darah ini justru mengandung banyak zat sisa metabolisme, yang siap untuk dikeluarkan dari tubuh. Semakin dekat dengan jantung, pembuluh darah vena akan semakin membesar.

5. Sitem konduksi listrik

Dalam anatomi jantung, ini adalah seperti kabel listrik. Fungsinya adalah untuk mengontrol ritme dan kecepatan detak jantung, di antaranya adalah:
  • Sinoatrial (SA) node, mengirimkan sinyal agar jantung berdetak.
  • Nodus atrioventricular (AV), membawa listrik dari bilik atas ke bilik bawah.

Cara kerja anatomi jantung

Meskipun anatomi jantung mempunyai banyak struktur dan bagian, semuanya dapat bekerja sama secara apik dan tertata dalam menjalankan fungsinya, termasuk membuat jantung tetap berdetak.Untuk membuat jantung tetap berdetak, bagian kiri dan kanan bekerja secara beriringan. Bagian kanan jantung bertugas menerima darah yang sudah tidak mengandung oksigen.Sementara itu, bagian kiri jantung bertugas menerima darah mengandung oksigen dari paru-paru, untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Bagian bilik dan serambi jantung, secara bergantian akan berkontraksi dan membuat jantung berdetak berirama.Agar bisa memompa darah ke seluruh tubuh, otot jantung harus memiliki koordinasi yang baik.Jantung harus bisa mengalirkan darah ke arah dan waktu yang tepat serta dengan tekanan yang sesuai. Aktivitas jantung tersebut diatur oleh suatu impuls listrik.

Gangguan pada anatomi jantung

Anda perlu berhati-hati arena ada kelainan atau penyakit yang bisa memengaruhi cara kerja jantung. Berikut adalah beberapa kondisinya, seperti:
  • Fibrilasi atrium, impuls listrik tidak beraturan pada serambi jantung.
  • Aritmia, detak jantung terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan.
  • Kardiomiopati, penebalan, pembesaran, atau pengerasan otot jantung.
  • Gagal jantung, saat jantung terlalu kaku atau lemah untuk memompa darah.
  • Penyakit jantung koroner, penumpukan plak yang mengakibatkan penyempitan arteri.
  • Serangan jantung, penyumbatan arteri koroner yang menghalangi oksigen.
  • Perikarditis, peradangan pada lapisan jantung (perikardium).
Jika Anda mengalami kondisi yang bisa memngaruhi fungsi anatomi jantung, segera berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perubahan gaya hidup sebagai cara menjaga kesehatan jantung.Ingin berdiskusi lebih lanjut seputar fungsi dan anatomi jantung? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit jantungkatup jantungjantung berdebarfungsi organperedaran darahanatomi manusia
My Dr. https://www.mydr.com.au/heart-stroke/heart-anatomy
Diakses pada 8 Agustus 2019
Texas Heart Institute. https://www.texasheart.org/heart-health/heart-information-center/topics/heart-anatomy/
Diakses pada 8 Agustus 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320565.php
Diakses pada 8 Agustus 2019
WebMD. https://www.webmd.com/heart-disease/high-cholesterol-healthy-heart#1
Diakses pada 8 Agustus 2019
Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/left-ventricle#1
Diakses pada 8 Agustus 2019
Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/right-atrium#1
Diakses pada 21 Oktober 2019
Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/left-atrium#1
Diakses pada 21 Oktober 2019
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/body/21704-heart. Diakses pada 27 Oktober 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320565#how-it-works. Diakses pada 27 Oktober 2021University of Rochester Medical Center. https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=85&contentid=P0019. Diakses pada 27 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait