Menilik Kandungan Protein Telur, Seberapa Banyak?

(0)
11 Jun 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kandungan protein telur berbeda-beda bergantung pada ukurannyaKandungan protein telur sangat melimpah dan menyehatkan
Apakah Anda suka mengonsumsi telur? Selain harganya yang terjangkau, telur juga dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan yang lezat. Bahkan kebanyakan orang tahu jika telur merupakan asupan yang sehat karena kandungan protein telur bermanfaat untuk tubuh.Mendapat protein yang cukup dapat membantu membangun tulang dan otot, serta menjaga kesehatan secara keseluruhan. Akan tetapi, berapa tepatnya kandungan protein telur?

Mengulik jumlah kandungan protein telur

Rata-rata sebutir telur mengandung sekitar 6-7 gram protein. Akan tetapi, kandungan protein tersebut bergantung pada ukuran telur. Berdasarkan ukurannya, berikut jumlah protein yang terkandung dalam telur:
  • Telur kecil (38 gram): 4,9 gram protein
  • Telur sedang (44 gram): 5,7 gram protein
  • Telur besar (50 gram): 6,5 gram protein
  • Telur ekstra besar (56 gram): 7,3 gram protein
  • Telur jumbo (63 gram): 8,2 gram protein
Sementara, kandungan protein dari putih dan kuning telur juga berbeda. Orang-orang sering menganggap jika protein hanya ditemukan dalam putih telur. Padahal kuning telur juga mengandung setengah dari kandungan protein telur secara keseluruhan. Misalnya, dalam telur besar terkandung 7 gram protein, yang mana 3 gram protein berasal dari kuning telur dan 4 gram protein berasal dari putih telur. Sedangkan pada telur berukuran sedang, putih telur mengandung 3,15 gram protein dan kuning telur mengandung 2,38 gram protein. Jadi, mengonsumsi seluruh telur, bukan hanya putihnya saja, menjadi cara terbaik dalam mendapat banyak protein dan nutrisi lain. Protein berkualitas tinggi yang berlimpah dalam telur juga mengandung sembilan asam amino esensial yang baik bagi tubuh.

Bagaimana protein telur yang dimasak?

Perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi telur mentah nampaknya hanya memberi jumlah protein yang paling sedikit. Satu studi menemukan bahwa partisipan menyerap 90% protein dari telur yang dimasak dan hanya menyerap 50% protein dari telur mentahStudi lain juga menunjukkan bahwa 94% protein telur yang dimasak dapat diserap oleh tubuh, sementara hanya 74% protein yang bisa diserap dari telur mentah. Ini membuktikan bahwa memasak telur membantu protein menjadi lebih mudah dicerna dan digunakan oleh tubuh. Di samping itu, mengonsumsi telur mentah juga berisiko terkontaminasi oleh bakteri dan menyebabkan keracunan makanan.Telur memang sumber protein yang kaya, bahkan mengalahkan daging. Namun tak hanya kaya akan protein, telur juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kalium, selenium, folat, retinol, beta karoten, vitamin D, asam lemak omega-3, vitamin B, dan kolin. Penelitian pun menunjukkan bahwa makan 2-3 butir telur per hari mungkin memiliki manfaat terhadap kesehatan kardiovaskular. Sebaiknya, masak telur hingga matang agar bakteri Salmonella mati dan tidak menyebabkan penyakit diare, demam, dan kram perut. 

Manfaat mengonsumsi telur

Telur menjadi salah satu makanan yang paling sehat dan bergizi. Selain rendah kalori, telur juga merupakan sumber seimbang dari hampir setiap nutrisi yang dibutuhkan. Telur telah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan karena meningkatkan perasaan kenyang sehingga memungkinkan Anda tidak terlalu banyak makan di sepanjang hari. Selain itu, kolin yang terkandung dalam telur juga sangat penting untuk berbagai proses dalam tubuh. Hal ini tentu saja membuat telur sangat baik untuk dimasukkan ke dalam diet Anda. Akan tetapi, pastikan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 6 butir telur dalam seminggu.Sebagian orang juga bisa mengalami alergi telur. Alergi telur terjadi ketika imun bereaksi terhadap protein dalam putih atau kuning telur. Gejala alergi telur yang dapat terjadi, yaitu ruam, gatal-gatal, batuk, mual, muntah, pusing bahkan pingsan. Jika Anda memiliki alergi terhadap telur, maka Anda harus menghindari produk makanan apa pun yang mengandung telur.
makanan sehattelurhidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/protein-in-egg#section4
Diakses pada 28 Mei 2020
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/these-top-4-protein-sources-may-surprise-you/
Diakses pada 28 Mei 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/452820-what-proteins-are-found-in-eggs/
Diakses pada 28 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait