Mengurai Bahaya Buah Delima yang Jarang Diketahui

(0)
22 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu bahaya buah delima adalah alergiBahaya delima memiliki sejumlah potensi bahaya bagi kesehatan
Buah delima dikenal sebagai buah yang tinggi antioksidan dan kaya akan berbagai nutrisi bermanfaat, seperti serat, protein, vitamin C, vitamin K, dan lain-lain. Meski terlihat menjanjikan, kemungkinan bahaya buah delima sebaiknya jangan Anda abaikan.Dalam artikel ini akan dipaparkan beberapa efek samping buah delima yang perlu Anda ketahui, termasuk bahaya buah delima untuk ibu hamil.

Bahaya buah delima

Berikut adalah berbagai bahaya buah delima bagi kesehatan yang perlu Anda waspadai.

1. Reaksi alergi dan sensitivitas kulit

Secara umum, tidak ada bahaya buah delima jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Namun, lain halnya jika Anda memiliki alergi khusus yang dapat memicu efek samping buah delima.Alergi buah delima sama halnya dengan alergi makanan lainnya. Anda mungkin akan merasakan berbagai gejala yang bisa mengganggu, seperti:
  • Gatal-gatal (bahkan sampai mata)
  • Bentol
  • Terjadi pembengkakan
  • Hidung berair
  • Iritasi di tenggorokan
  • Sakit perut
  • Napas pendek atau sesak napas
  • Pembengkakan pada tenggorokan
  • Syok anafilaksis (reaksi alergi berat).
Bahaya buah delima ini dapat dialami oeh sebagian yang memiliki kulit sensitif terhadap buah atau ekstrak delima. Jika Anda termasuk salah satunya, sebaiknya Anda perlu menghindari buah ini.

2. Ekstrak buah delima bisa berbahaya bagi ibu hamil

Salah satu olahan buah delima yang banyak dipasarkan adalah ekstrak delima. Ekstrak delima umumnya aman dikonsumsi, kecuali jika Anda memiliki alergi khusus terhadap buah ini.Buah delima pada sadarnya aman untuk ibu hamil dan menyusui jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Akan tetapi, ada kemungkinan bahaya saat mengonsumsi bentuk lain dari buah ini, misalnya ekstrak buah delima, bagi ibu hamil dan menyusui karena keamanannya yang belum terjamin.Karena kondisi ibu hamil yang cenderung sensitif, sebaiknya Anda berhati-hatilah dengan ekstrak delima. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi jus atau perasan buah delima dalam bentuk alami.

3. Dapat menyebabkan keracunan

Bahaya buah delima juga bisa berasal dari konsumsi akar, batang, dan cangkangnya. Sebab, berbagai bagian buah delima ini mengandung zat beracun sehingga bisa saja menyebabkan keracunan saat termakan dalam jumlah tertentu.

4. Berpotensi menyebabkan penyumbatan usus pada penderita sembelit kronis

Biji delima sepenuhnya aman untuk dikonsumsi. Namun, biji ini berpotensi menyumbat saluran pencernaan Anda jika dikonsumsi secara berlebihan, khususnya jika Anda memiliki gangguan pencernaan berupa konstipasi kronis.Masalah ini juga berpotensi jadi bahaya buah delima untuk ibu hamil karena golongan ini lebih rentan mengalami konstipasi di masa kehamilan.

5. Menurunkan tekanan darah

Kemampuan buah delima dalam menurunkan tekanan darah memang dapat memberikan keuntungan bagi penderita tekanan darah tinggi.Namun, efek samping buah delima ini bisa berbahaya bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah atau sedang mengonsumsi obat penurun tekanan darah.Oleh sebab itu, Anda tidak disarankan mengonsumsi buah delima secara berlebihan jika memiliki tekanan darah rendah. Efek samping buah delima ini juga perlu diwaspadai jika Anda mengonsumsinya bersama obat penurun tekanan darah atau ingin menjalani pembedahan atau operasi.

Cara mengonsumsi buah delima dengan aman

Untuk mencegah bahaya buah delima, pastikan bahwa Anda tidak memilki alergi sebelum menikmatinya. Sebaiknya hancurkan biji buah delima dengan blender sebelum dikonsumsi jika Anda memiliki riwayat konstipasi kronis.Jika hendak mengonsumsi produk ekstrak delima dalam bentuk apa pun, pastikan keamanannya telah terjamin. Khusus ibu hamil, sebaiknya Anda mengonsumsi perasan atau jus buah delima asli dalam porsi yang wajar, guna menghindari bahaya buah delima untuk ibu hamil.Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah delima, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan penurun tekanan darah tinggi atau memiliki tekanan darah rendah.Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi buah delima sekitar dua minggu sebelum menjalani bedah atau operasi medis untuk menjaga tekanan darah Anda.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatbuah dan sayuran
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-392/pomegranate
Diakses 8 April 2021
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/532914-known-allergic-reactions-to-pomegranates/
Diakses 8 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/can-you-eat-pomegranate-seeds#bottom-line
Diakses 8 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait