Mengupas Ragam Kandungan Ubi Jalar yang Menyehatkan


Ada beragam kandungan ubi jalar yang membuatnya disukai banyak orang. Kandungan gizi ubi jalar, yaitu serat, pati, vitamin, mineral, bahkan zat antioksidan.

(0)
05 Jan 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kandungan ubi jalar amat menyehatkan karena tinggi serat, beberapa vitamin, mineral, serta zat-zat antioksidanUbi jalar memiliki rasa yang enak dan mengenyangkan perut
Entah dikonsumsi sebagai pengganti nasi atau diolah menjadi kudapan manis, ubi jalar memiliki tempat spesial bagi masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, ubi jalar juga bernutrisi tinggi dan mengenyangkan perut. Kandungan ubi jalar yang beragam pun membuatnya dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Mari kupas apa saja kandungan ubi jalar.

Ragam kandungan ubi jalar yang menyehatkan

Kaya nutrisi dan gizi, ini dia beragam kandungan ubi jalar:

1. Karbohidrat 

Ubi jalar berukuran sedang yang direbus tanpa kulit mengandung 27 gram karbohidrat. Karbohidrat tersebut utamanya adalah pati, yang menyusun 53% dari kandungan karbohidrat totalnya.Ubi jalar juga mengandung gula sederhana, termasuk  glukosa, fruktosa, sukrosa, dan maltosa. Gula tersebut mengambil porsi sekitar 32% kandungan karbohidrat total ubi jalar. 

2. Pati

Karbohidrat dalam ubi jalar utamanya tersusun atas pati. Pati biasanya dibagi atas tiga jenis berdasarkan bagaimana tubuh mencernanya. Tiga jenis pati yang menjadi kandungan ubi jalar termasuk:
  • Pati yang dicerna cepat (80%)
  • Pati yang dicerna lambat (9%)
  • Pati resisten yang tidak bisa dicerna tubuh (11%) 

3. Serat

Serat menjadi kandungan penting ubi jalar dengan kadar yang cukup mengesankan. Untuk satu ubi jalar yang berukuran sedang, terkandung serat sekitar 3,8 gram. Ubi jalar mengandung serat larut air dalam bentuk pektin, maupun serat tak larut air dalam bentuk selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

4. Protein

Satu ubi jalar berukuran sedang hanya mengandung sekitar 2 gram protein. Jika dibandingkan sumber protein nabati lainnya, protein ubi jalar hanya sedikit. Namun, ubi ini mengandung sporamin, protein unik yang dilaporkan memiliki efek antioksidan. Masyarakat di negara berkembang juga masih mengandalkan ubi jalar untuk mendapatkan asupan protein.

5. Provitamin A

Layaknya makanan nabati yang berwarna-warni, ubi jalar juga kaya dengan beta-karoten. Beta-karoten sebagai kandungan ubi jalar dapat diubah tubuh menjadi vitamin A. Bahkan, setiap 100 gram ubi jalar sudah bisa memenuhi angka kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin A.

6. Vitamin B

Ubi jalar mengantongi beberapa jenis vitamin B. Beberapa contoh vitamin B yang menjadi kandungan ubi jalar, yaitu:

7. Vitamin C

Kandungan gizi ubi jalar lainnya yakni vitamin C.  Vitamin C penting untuk tubuh karena berperan untuk kesehatan sistem imun bahkan menjaga kesehatan kulit. Setiap 200 gram ubi jalar memberikan vitamin C sekitar 65% dari angka kecukupan gizi harian.

8. Mangan

Mineral juga menjadi kandungan ubi jalar. Salah satu mineral yang dimiliki oleh umbi-umbian ini yaitu mangan, mineral yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan metabolisme tubuh. Untuk setiap 200 gram ubi jalar, terkandung mangan yang bisa memenuhi 50% dari rekomendasi asupan harian.

9. Kalium

Selain mangan, kalium pun menjadi mineral yang terkandung dalam ubi jalar. Setiap 200 gram ubi jalar memberikan kalium sekitar 27% dari angka kecukupan gizi harian. Kalium menjadi mineral yang populer karena dikaitkan dengan kesehatan jantung dan mengendalikan tekanan darah.

10. Zat antioksidan

Seperti makanan nabati lain, ubi jalar juga mengandung sejumlah senyawa khas tumbuhan yang memiliki efek antioksidan. Antioksidan yang menjadi kandungan gizi ubi jalar, termasuk:
  • Beta karoten, jenis karotenoid antioksidan yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A
  • Asam klorogenat, yang merupakan antioksidan polifenol paling melimpah dalam ubi jalar
  • Antosianin, zat dengan efek antioksidan kuat yang paling banyak dalam ubi jalar ungu

Kandungan ubi jalar menawarkan beragam manfaat kesehatan

Dengan kandungan gizi ubi jalar yang melimpah di atas, panganan ini pun menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Manfaat ubi jalar termasuk:
  • Menjaga kesehatan usus
  • Menurunkan risiko kanker
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Mendukung kinerja sistem imun
  • Mencegah defisiensi vitamin A

Catatan dari SehatQ

Kandungan ubi jalar amat menyehatkan dan mengesankan karena tinggi serat, beberapa vitamin, mineral, serta zat-zat antioksidan. Kandungan gizi ubi jalar yang beragam tersebut membuatnya bermanfaat untuk tubuh sehat. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait kandungan ubi jalar, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi makanan sehat terpercaya.
makanan sehatmakanan dietseratkarbohidrat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/sweet-potatoes
Diakses pada 23 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sweet-potato-benefits
Diakses pada 23 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-benefits
Diakses pada 23 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait