Mengungkap Mitos Bahaya Mandi Malam Lewat Fakta Medisnya

Bahaya mandi malam hanyalah mitos belaka
Bahaya mandi malam tidak sepenuhnya benar

Pernahkah Anda diperingatkan akan bahaya mandi malam, misalnya rematik atau paru-paru basah? Ya, anggapan ini memang banyak beredar di masyarakat, dan tidak sedikit yang mengikuti anjuran tersebut meski mitosnya belum terbukti benar secara ilmiah.

Selain kedua penyakit di atas, mandi malam juga dipercaya dapat membuat Anda masuk angin dan kulit cepat kering. Benarkah demikian?

Benarkah mandi malam berhaya?

Berikut fakta medis dari mitos-mitos seputar efek mandi malam yang dapat Anda ketahui:

  • Salah satu bahaya mandi malam adalah rematik?

Sejauh ini, belum ada bukti medis yang membenarkan anggapan bahwa salah satu bahaya mandi malam adalah munculnya penyakit rematik. Bukti medis yang ada justru menyatakan mandi di malam hari dengan air hangat dapat meringankan gejala rematik ini.

Ketika Anda menderita rematik, persendian akan terasa ngilu hingga mengganggu kuantitas hingga kualitas tidur. Untuk mengurangi nyeri sendi ini, Anda dapat melakukan terapi panas sendiri di rumah, misalnya dengan mandi air panas. Dengan persendian yang tidak lagi nyeri, Anda dapat tidur dengan lebih nyenyak.

  • Efek mandi malam lainnya adalah membuat kulit cepat kering?

Bila mandi malam berlama-lama, kulit Anda memang bisa menjadi kering dan cepat keriput. Meski demikian, Anda dapat menghindari efek mandi malam yang satu ini dengan mempersingkat waktu mandi menjadi hanya 5-10 menit saja, mengingat kulit yang terlalu lama terkena air bisa menjadi kering dan iritasi. Hindari juga mandi dengan air yang terlalu panas.

  • Mandi malam dapat menyebabkan paru-paru basah?

Lagi-lagi, klaim ini tidak dapat dipertanggungjawabkan. Paru-paru basah, atau dikenal dalam dunia medis sebagai pneumonia, merupakan penyakit yang disebabkan adanya peradangan pada kantung udara di paru-paru sehingga kantung tersebut terisi oleh cairan atau nanah sehingga penderitanya akan kesulitan bernapas.

Peradangan ini bukan disebabkan oleh masuknya air saat Anda mandi malam, melainkan karena infeksi bakteri, virus, maupun jamur. Justru, efek mandi malam dengan air hangat bagi penderita pneumonia adalah dapat melegakan jalan napas sehingga dapat tidur lebih nyenyak.

  • Mandi malam bikin masuk angin?

Ketika Anda mandi malam dengan air dingin, suhu tubuh memang akan naik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga Anda terasa seperti mengalami demam. Namun, efek ini akan menghilang beberapa saat kemudian.

Jika Anda tidak ingin merasakan efek mandi malam yang satu ini, mandilah dengan air hangat atau setidaknya suam-suam kuku agar peningkatan suhu tubuh tidak terlalu drastis.

Mengetahui efek mandi malam yang sebenarnya

Tahukah Anda bahwa mandi malam justru memiliki manfaat untuk kesehatan? Berikut beberapa efek mandi malam yang dapat Anda rasakan:

  • Mempercepat Anda tertidur

Penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Texas, Austin, Amerika Serikat, mengungkapkan efek mandi malam dengan temperatur dan waktu yang tepat justru dapat membuat Anda lebih cepat terlelap 10 menit dari biasanya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dianjurkan mandi malam 1-2 jam sebelum tidur.

Hanya saja, jangan mandi malam dengan jarak terlalu dekat dengan waktu tidur. Jika Anda melakukannya, mandi malam justru akan membuat Anda merasa segar dan terlalu berenergi sehingga sulit untuk memejamkan mata.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Bukan hanya kuantitas tidur, kualitas tidur Anda juga bisa meningkat jika didahului dengan mandi malam menggunakan air hangat.

Guyuran air hangat akan membuat otot tubuh menjadi rileks setelah seharian beraktivitas sehingga Anda akan bangun pagi dengan kondisi yang lebih segar dan siap kembali beraktivitas.

  • Mengurangi gejala insomnia

Bagi penderita insomnia atau susah tidur akut, cobalah mandi di malam hari 90 menit sebelum Anda mencoba memejamkan mata. Efek mandi malam juga dapat meningkatkan suhu tubuh, kemudian suhu anjlok lagi beberapa saat setelah mandi.

Perbedaan suhu tubuh yang mencolok akan membuat tubuh mempercepat proses pendinginan dari dalam sehingga Anda akan cepat merasa mengantuk.

Setelah mengetahui efek mandi malam sebenarnya, ada baiknya Anda mencoba kebiasaan ini. Namun ingat, jangan mandi terlalu dekat dengan waktu tidur karena malah akan membuat Anda segar dan kesulitan untuk tidur.

WebMD. https://www.webmd.com/osteoarthritis/features/arthritis-pain-sleep
Diakses pada 21 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/lung/what-helps-you-feel-better-with-pneumonia
Diakses pada 21 November 2019

NY Times. https://www.nytimes.com/2017/12/22/well/showering-morning-night.html
Diakses pada 21 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health-news/having-trouble-sleeping-try-a-hot-bath-before-bed
Diakses pada 21 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/pneumonia
Diakses pada 21 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed