Mengulik Manfaat Minyak Biji Rami alias Flaxseed Oil untuk Kesehatan

Minyak biji remi (flaxseed oil) baik untuk kesehatan
Minyak biji remi (flaxseed oil) mengandung banyak manfaat untuk kesehatan

Popularitas minyak biji rami atau flaxseed oil di Indonesia memang belum terlalu terlihat. Namun sebenarnya, minyak ini sudah dimanfaatkan sebagai obat hingga bahan masakan, sejak ribuan tahun yang lalu.

Ada banyak manfaat yang dinilai bisa didapatkan dari penggunaan minyak biji rami, termasuk dari segi kesehatan. Contoh manfaat minyak ini antara lain untuk membantu menurunkan risiko kanker dan menyehatkan jantung.

Tidak hanya itu, minyak biji rami juga mengandung berbagai komponen yang sehat untuk tubuh, seperti asam lemak omega-3, protein, dan serat. Minyak ini pun disebut mengandung komponen fenolat dan mineral seperti kalsium dan magnesium.

Manfaat minyak biji rami

Bagi Anda yang belum familiar dengan flaxseed oil, minyak ini biasanya digunakan sebagai pelengkap salad, membuat cocolan, hingga dicampurkan ke smoothies agar lebih sehat. Minyak biji rami bukanlah minyak untuk memasak. Sebab jika diolah dalam suhu tinggi, minyak ini malah bisa membentuk komponen yang berbahaya bagi tubuh.

Sementara itu bagi Anda yang sudah mulai melirik minyak biji rami untuk dimasukkan dalam asupan harian, berikut ini manfaat kesehatan yang bisa didapatkan.

Flaxseed oil dipercaya turunkan risiko kanker payudara
Minyak biji rami dipercaya bisa turunkan risiko kanker payudara

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, flaxseed oil dianggap efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pada paru-paru. Selain itu, asam lemak yang ada di minyak ini juga dinilai berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Namun karena hasil menggembirakan tersebut baru terjadi pada hewan uji, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat dampaknya secara langsung pada manusia.

2. Menyehatkan jantung

Minyak biji rami dinilai baik untuk kesehatan jantung karena kandungan asam omega-3 di dalamnya terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebab, komponen tersebut akan membuat pembuluh darah lebih elastis, sehingga alirannya pun lebih lancar dan tekanannya tetap terjaga.

3. Menyehatkan pencernaan

Manfaat minyak biji rami selanjutnya adalah sebagai bahan alami untuk meredakan diare dan konstipasi. Minyak ini bisa bertindak sebagai bahan laksatif yang memicu keluarnya kotoran di saluran pencernaan, sekaligus berperan sebagai komponen antidiare.

Minyak biji rami baik untuk kulit
Flaxseed oil dinilai baik untuk kulit

4. Membuat kulit jadi lebih sehat

Flaxseed oil juga disebut baik untuk kulit. Minyak yang satu ini, dinilai bisa menghaluskan kulit dan membuatnya terlihat tetap lembap. Selain itu, minyak biji rami juga akan mengurangi sensitivitas kulit dan membuatnya terasa lebih halus.

5. Meredakan peradangan atau inflamasi

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada pada minyak biji rami disebut berpotensi untuk bantu kurangi peradangan atau inflamasi di tubuh. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikannya.

6. Mendukung diet

Minyak biji rami juga disebut baik untuk untuk membantu penurunan berat badan. Sebab, minyak ini dapat melancarkan perjalanan makanan maupun minuman yang masuk ke saluran pencernaan, agar dapat dicerna dengan baik. Flaxseed oil juga dipercaya dapat menekan nafsu makan sehingga mengurangi asupan yang masuk ke tubuh.

7. Meringankan gejala menopause

Terakhir, minyak yang satu ini juga dipercaya dapat meredakan gejala menopause seperti hot flashes (sensasi rasa panas berlebihan dari dalam tubuh). Dengan begitu, kualitas hidup para wanita tersebut pun bisa meningkat.

Risiko menggunakan minyak biji rami

Jika terlalu banyak, flaxseed oil bisa sebabkan diare
Minyak biji rami bisa sebabkan diare jika dikonsumsi berlebihan

Minyak biji rami secara umum aman untuk dikonsumsi orang dewasa. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, flaxseed oil bisa menyebabkan diare dan mencret. Pada beberapa orang, reaksi alergi juga mungkin muncul.

Beberapa penelitian menyebutkan kandungan asam alpha-linoleat (ALA) dalam minyak ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat. Namun, penelitian tersebut masih menuai banyak kontroversi. Sehingga, kepastian akan risiko ini masih belum bisa terjawab.

Selain itu, minyak biji rami juga sebaiknya tidak digunakan oleh:

  • Ibu hamil
  • Anak-anak
  • Ibu menyusui
  • Orang yang punya riwayat kelainan darah
  • Orang yang baru selesai dan akan menjalani operasi
  • Orang yang sedang mengonsumsi obat pembekuan darah

Agar manfaatnya maksimal, campurkanlah minyak biji rami ini untuk membuat makanan yang sehat. Selain itu, sertai juga dengan olahraga secara teratur agar manfaat kesehatan yang didapatkan bisa terasa dalam jangka panjang.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/flaxseed-oil-benefits
Diakses pada 9 April 2020

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/flaxseed-oil-health-benefits-how-to-use-and-cautions-4178046
Diakses pada 9 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323745
Diakses pada 9 April 2020

Artikel Terkait